• Tidur Ternyata Bisa Membuat Wanita Lebih Cerdas

    Culture / Tips


    Tidur Ternyata Bisa Membuat Wanita Lebih Cerdas

    Sayangnya hal ini tidak berlaku untuk pria.


    Adalah pengetahuan umum jika tidur malam yang nyenyak bermanfaat jika Anda ingin hari Anda produktif, akan tetapi, menambah fakta tersebut hasi riset terbaru menunjukan bahwa tidur yang nyenyak juga bisa membuat Anda semakin cerdas.

    Tim peneliti dari Max Planck Institute melakukan analisa dari pola tidur 160 orang dewasa sembari mengukur kapasitas inteligensia mereka. Temuan dari penelitian ini ternyata cukup menarik, yakni tidur malam yang baik bisa meningkatkan kekuatan otak perempuan, sementara otak kaum pria mendapatkan manfaat besar dari tidur siang singkat.

    Baca juga: 10 Cara Mendapatkan Tidur Malam Berkualitas

    Hasil ini ditemukan dari analisa dan perbandingan dari aktivitas otak yang dihasilkan saat Anda tertidur, biasanya aktivitas ini berkaitan dengan tingkat IQ yang tinggi, lalu dicocokan dengan gender dari subyek penelitian.

    Terlihat ada banyak aktivitas otak yang tinggi dari subyek wanita yang mengalami fase dreamless sleep. Hasil ini menyerupai dengan kondisi otak saat subyek pria tengah tidur siang.

    Hasil penelitian ini juga sejalan dengan riset yang dilakukan oleh Sleep Research Centre di Loughborough University yang menyatakan bahwa kaum wanita membutuhkan lebih banyak waktu tidur ketimbang pria, yang disebabkan otak yang lebih kompleks.

    Baca juga: Tampil Tidak Menarik Karena Kurang Tidur

    Profesor Jim Horne, Direktur Sleep Research Centre menyatakan, "Otak wanita sangat berbeda (dengan otak pria) ... karena itu kebutuhan tidur mereka lebih banyak. Wanita juga lebih mungkin melakukan multi-tasking, di mana mereka melakukan banyak hal sekaligus serta mampu bertindak fleksibel, sehingga wanita menggunakan lebih banyak otaknya ketimbang kaum pria."

    Jadi, mungkin tidak ada salahnya untuk sesekali mengabaikan alarm dan mendapatkan tidur malam yang berkualitas.

    Baca juga:

    5 Tanaman Untuk Tidur Lebih Nyenyak

    Tidur Sebagai Investasi

    (Artikel ini disadur dari Harper's Bazaar UK. Alih bahasa: Daniar Cikita. Foto: Dok. Paramount Pictures)




- RELATED ARTICLE -