Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

11 Tips Foto Instagram dengan Handphone Saat Traveling

Anda gemar posting di social media? Ikuti saran berikut untuk membuat foto lebih menarik hanya melalui handphone.

11 Tips Foto Instagram dengan Handphone Saat Traveling
11 Tips Foto Instagram dengan Handphone Saat Traveling

Berbagi momen di media sosial kini sudah jadi kebiasaan sehari-hari, terutama bagi pengguna handphone. Konten harian tersebut banyak macamnya, mulai dari foto travel hingga makanan. Smartphone dengan perangkat kamera yang baik mampu menjadi alat yang paling ampuh untuk mendukung minat tersebut. Dengan hadirnya gadget ini pula, momen spesial dapat dengan mudah diedit dan disalurkan ke kanal media sosial secara langsung.



Dalam workshop bersama Putri Anindya (@puanindya) di event peluncuran Samsung Galaxy S9 dan S9+ di Lombok, tim Bazaar memperoleh sejumlah penjelasan tentang cara memperoleh hasil foto yang baik lewat poin-poin singkat. Tak masalah meski hanya berbekal handphone saat traveling, foto yang menarik tetap bisa Anda hasilkan dengan rangkuman tips berikut.


1. Pastikan kebersihan lensa.

Lensa punya peran yang penting dalam proses pengambilan gambar. Sehingga, kebersihan lensa harus diperhatikan. Lensa yang kotor karena noda dapat memengaruhi hasil akhir gambar menjadi kabur atau buram.


2. Perhatikan kondisi dan arah cahaya.

Cahaya juga merupakan faktor penting dalam menghasilkan kualitas foto yang baik. Kondisi cahaya berlebihan misalnya, dapat menimbulkan keadaan overexposure sehingga gambar menjadi buyar dan memutih. Di sisi lain, kondisi yang terlalu suram dapat memberikan kesulitan pengambilan gambar. Jika mungkin, Anda tidak disarankan memotret langsung ke arah sumber cahaya.


3. Gunakan perspektif yang beragam.

Dalam mengambil gambar, cobalah perspektif yang berbeda dari mata Anda saat berdiri. Coba posisi jongkok, atau foto dari posisi perut agar mendapatkan angle yang berbeda. 



4. Pegang handphone dengan stabil.

Hasil foto akan lebih baik dan jernih saat Anda memegang handphone dengan stabil. Jika perlu, Anda dapat bersandar dan memegang dengan dua tangan agar kondisi badan lebih konsisten.


5. Bingkai gambar dengan frame.

Dengan menempatkan objek ke dalam bingkai, perhatian mata Anda menjadi lebih fokus. Bingkai tersebut dapat berupa banyak hal, seperti jendela, pilar, maupun cabang pohon.



6. Gunakan caption yang bercerita.

Caption menarik dapat mendukung sebuah gambar menjadi lebih hidup. Informasi yang Anda tulis semestinya bisa memperkaya keingintahuan pembacanya.


7. Fokus pada objek yang unik.

Anda dapat mengisolasi objek menarik yang lebih kecil daripada buru-buru foto untuk menangkap semua area.



8. Kurangi penggunaan zoom yang berlebih.

Sebab zoom dapat mengurangi resolusi dan membuat gambar menjadi “pecah”.


9. Menghadirkan leading lines.

Leading lines dapat menghadirkan efek kedalaman atau kesan jauh lewat irama.



10. Edit foto Anda dengan aplikasi.

Saat ini telah banyak aplikasi yang dapat membantu Anda untuk mengedit foto dengan mudah. Aplikasi seperti VSCO dan Snapseed dapat membantu memperbaiki warna, mengatur exposure, hingga menambah sharpness


11. Pilih foto-foto yang menarik, jangan unggah semuanya.

Saatnya mengutamakan kualitas dibandingkan kuantitas.


Baca juga: 5 Karya yang Harus Anda Lihat di Pameran Yayoi Kusama

Baca juga: Berapa Lama Anda Menghabiskan Waktu Bermain instagram?

Baca juga: 5 Kelebihan Handphone Oppo F7 untuk Selfie


(Foto: Courtesy of maridavC123RF.com, Instagram, Kevineanda, Matthewdjoevan, Puanindya, Awie)