Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Kontrasnya Koleksi Spring 2021 Max Mara dan Sportmax

Untuk koleksi musim semi 2021, Max Mara dan Sportmax melontarkan dua pendekatan yang saling bertolak belakang.

Kontrasnya Koleksi Spring 2021 Max Mara dan Sportmax

Beberapa waktu silam, label Max Mara menghelat presentasi koleksi musim semi 2021 di courtyard Pinacoteca di Brera dengan mengundang beberapa tamu yang seluruhnya tampak mengenakan masker.

Keputusan sang label untuk tetap berjalan sesuai dengan kalender musiman resmi pekan mode Milan, disalurkan dengan tetap menghelat presentasi fisik sekaligus presentasi virtual dibandingkan hanya mengupayakan presentasi digital seperti pilihan beberapa rumah mode lainnya.

Di koleksi ini, sang direktur kreatif Ian Griffiths menjadikan filosofi rebirth, renewal, dan reconstruction sebagai landasan desainnya sekaligus cara pandangnya terhadap apa yang sedang berlangsung saat ini.


Visualisasi desain yang melibatkan siluet volume dan serba panjang, diikuti oleh potongan busana pendek dengan definisi tajam di setiap sudut menjadi narasi utama sang direktur kreatif dalam menyambut musim panas 2021 nanti.

Pemilihan warna membumi yang teduh dan memberikan simbol ketenangan terpampang di setiap ansambel yang dikenakan para model. Rentang warna lainnya turut diekspresikan oleh Ian lewat penggunaan warna putih, hitam, dan warna pastel yang lembut dan sejuk.

Keseluruhan ansambel sekana mengekspresikan unsur ketegasan, ketangguhan, sekaligus relaksasi dengan efek jatuh yang diterjemahkan dengan proporsi panjang dan lemas mengikuti setiap gerakan tubuh.

Tetap sejalan dengan identitas Max Mara sebagai rumah mode, meski berlatar belakang gedung berkonsep renaissance dan menginfusikan dekorasi motif di atas sweater berlengan gembung, tak menghilangkan semangat Ian untuk terus melestarikan DNA modern dan kontemporer Max Mara yang subtil.

Sementara itu, lini dengan nuansa yang lebih dinamis dan ekletik milik Max Mara yaitu Sportmax mengambil pendekatan desain yang justru berbanding terbalik.

Di bawah arahan direktur kreatif Grazia Malagoli, Sportsmax menyajikan sebuah koleksi musim panas yang tetap merayakan nuansa sensual yang diekspresikan oleh beragam busana bernapas surealisme yang tentunya merengkuh setiap lekuk tubuh dengan pas.

Proporsi fluid juga menjadi fokus utama di koleksi musim semi 2021 Sportmax dengan estetika yang bersumber dari potongan siluet asimetris, potongan tegas, untuk kemudian melebur bersama efek sensual yang ingin disampaikan sang direktur kreatif melalui penggunaan material transparan.



(FOTO: Courtesy of Max Mara & Sportmax)