Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Mengenal 10 Hidangan Khas Korea yang Sering ada di K-Drama

Siapkan perut Anda untuk sederet hidangan khas Korea yang tentunya menggugah selera!

Mengenal 10 Hidangan Khas Korea yang Sering ada di K-Drama
(Foto Courtesy of MBC)

Tidak lengkap rasanya jika kita menonton drama Korea dan kita tidak melihat karakter utama menyantap satu atau dua hidangan khas asal negeri gingseng. Ada banyak hidangan pokok yang telah dianggap klasik dan ikonis dari sederet menu Korea yang tentunya harus dicoba oleh setiap penggemar K-drama atau penggemar makanan Korea seumur hidup mereka. Berikut ini telah kami kumpulkan 10 hidangan yang paling sering ditampilkan di drama-drama Korea yang patut dicoba!

1. Samgyeopsal

K-Drama paling berkesan dengan menu samgyeopsal: Weightlifting Fairy Kim Bok Joo 



Menu yang satu ini sepertinya sudah menjadi menu wajib yang setidaknya satu kali ada dalam drama Korea. Untuk nama hidangannya, "sam" secara harfiah berarti "tiga", lalu "gyeop" berarti "lapisan" dan "sal" berarti "daging". Jadi jika disimpulkan, samgyeopsal merupakan hidangan yang menyajikan daging perut babi berlemak tiga lapis sebagai bahan utama.

Cara penyajian untuk samgyeopsal ini juga tergolong sederhana dan tidak membutuhkan persiapan yang berarti. Anda cukup memanggangnya dengan menaburkan sedikit garam, tunggu hingga daging benar-benar matang dan nikmati dengan nasi, kimchi, bawang putih yang juga turut dipanggang, saus ssamjang dan bungkus semua isian dengan daun selada atau daun perilla dan jadilah "ssam" (secara harafiah berarti membungkus).

Konon dari sejarah yang ditelusuri, nama samgyeopsal sendiri berasal dari kebiasaan penambang Korea (yang menghirup debu tidak sehat di terowongan penambangan) yang memakan samgyeopsal setelah bekerja karena diyakini dapat membantu mendetoksifikasi tubuh mereka. Bahkan saking populernya hidangan ini, orang Korea menetapkan tanggal 3 Maret sebagai "Hari Samgyeopsal". 

*Untuk alternatif, daging babi juga dapat diganti dengan daging sapi 

2. Ramyeon

K-Drama paling berkesan dengan menu ramyeon: What's Wrong with Secretary Kim



Sebagai penonton sejati drakor, Anda tentu sudah tidak asing lagi bukan dengan kalimat "Ramyeon meokko ghale ?" yang berarti "Mari makan ramen terlebih dahulu sebelum Anda pulang". Ya, sering digunakan sebagai ajakan bagi seseorang jika ingin lawan bicaranya untuk mampir ke rumahnya, ramyeon menjadi salah satu hidangan yang paling banyak di konsumsi oleh orang Korea.

Berbeda dengan ramyeon yang mungkin Anda bayangkan (apakah yang terlihat di benak Anda adalah hidangan mie Jepang yang dibuat secara profesional?), ramyeon versi Korea sebenarnya cukup sederhana dan mudah untuk dibuat. Hanya berbekal mie instan yang dapat dengan mudah Anda beli di supermarket, setelah Anda menyantap ramyeon ini dijamin akan membuat Anda ketagihan! Sajikan bersama kimchi, ini akan mengelevasi kreasi ramyeon Anda! 


3. Kimbap

K-Drama paling berkesan dengan menu kimbap: Goblin



Mirip seperti sushi Jepang, kimbap merupakan nasi yang dipadukan dengan sayuran (biasanya berisi bayam, wortel, dan timun), telur gulung dan daging sapi yang dibungkus dengan nori atau rumput laut. Makanan ini termasuk makanan yang favorit para warga Korea karena mudah untuk dibuat dan cepat jika Anda tidak memiliki waktu banyak. 


4. Mandu

K-Drama paling berkesan dengan menu mandu: When the Camellia Blooms



Mandu atau jika Indonesia lebih dikenal dengan nama pangsit juga merupakan salah satu hidangan yang paling dinikmati oleh orang Korea. Terdiri dari berbagai isian seperti daging atau kimchi, mandu bisa disantap secara individu atau disajikan bersama mie kuah. Ada tiga cara paling populer dalam menyajikan mandu yaitu bisa dikukus, digoreng, atau dicampur sup. Namun, metode yang paling favorit adalah dengan dikukus.


5. Bibimbap

K-Drama paling berkesan dengan menu bibimbap: Full House



Walau visual yang ditampilkan dari bibimbap tampak tak meyakinkan, namun rasanya boleh diadu dengan menu makanan yang memerlukan tingkat pembuatan yang rumit. Tidak ada bahan pasti ketika membuat bibimbap, karena bibimbap biasanya terdiri dari bahan-bahan (berupa lauk dan nasi) sisa. Jadi prinsipnya, Anda bisa memasukkan apa saja ke dalam sebuah panci besar dan mencampurnya dengan nasi, pasta cabai, dan sedikit minyak wijen untuk membuatnya menjadi sebuah ramuan yang sempurna. Dan rasanya? Tidak perlu diragukan lagi!


6. Jjajangmyeon

K-Drama paling berkesan dengan menu jjajangmyeon: Coffee Prince



Hidangan hasil leburan budaya China-Korea ini memang telah berhasil memenangkan hati banyak anak (bahkan orang dewasa) di Korea Selatan. Dengan bahan utama mie yang dicampur dengan saus kacang hitam, biasanya hidangan ini juga turut menyertakan potongan bawang bombay dan daging sapi atau babi di dalamnya juga untuk membuatnya lebih beraroma.

Selain itu, jjajangmyeon juga tak lengkap jika tidak disajikan bersama acar lobak kuning. Ini menjadi hidangan yang sangat cocok bagi Anda yang tidak suka makanan pedas.


7. Gamjatang

K-Drama paling berkesan dengan menu gamjatang: Descendants of the Sun



Gamjatang atau yang dikenal juga sebagai "sup tulang babi" adalah sup yang berisi kentang, kubis, babi, dan berbagai sayuran. Sangat cocok disantang dengan nasi yang dicampur dalam sup tulang, ini akan menjadi makanan yang sangat lezat ketika disantap pada musim dingin. 


8. Sup rumput laut


K-Drama paling berkesan dengan menu sup rumput laut :Reply 1988

Ketika berulang tahun, satu hidangan yang wajib selalu ada adalah sup rumput laut. Walaupun tergolong cukup sederhana ini adalah sup sederhana namun lezat yang paling cocok disantap dengan nasi, daging panggang, dan banchan lainnya.

Bukan tanpa alasan seseorang yang berulang tahun selalu menyantap menu ini. Dulu, setelah melahirkan, setiap ibu pasti selalu mengonsumsi rumput laut kurang lebih 1 bulan karena dianggap rumput laut mengandung yodium dan kalsium baik untuk kontraksi rahim dan produksi ASI. Oleh sebab itu menyantap sup rumput laut di hari ulang tahun dilakukan sebagai pengingat akan rasa sakit ibu saat melahirkan dan penghargaan atas perhatian yang diberikan oleh para ibu. 

9. Japchae

K-Drama paling berkesan dengan menu japchae: Reply 1994


Japchae merupakan salah satu hidangan favorit yang sering kita jumpai di drama Korea. Bahan utama dari japchae sendiri adalah mie bertekstur kenyal dan bening yang dimasak dengan sempurna dan dibumbui dengan minyak wijen yang harum. Berbagai macam sayuran, jamur, dan daging juga menjadi pelengkap sempurna untuk hidangan ini.


10. Pojangmacha

K-Drama paling berkesan dengan pojangmacha: Mystic Pop-Up Bar


Berbeda dari yang telah kita bahas di atas, pojangmacha (yang secara harfiah berarti "gerobak tertutup" dalam bahasa Korea) bukanlah sebuah nama hidangan melainkan tempat yang menjual hidangan-hidangan street food khas Korea Selatan.

Jika Anda sering melihat para aktor drama menikmati hidangan di sebuah tenda di malam hari sambil menyesap soju, maka mereka sebenarnya sedang berada di pojangmacha. Di pojangmacha Anda dapat menemukan sederet hidangan lezat seperti odeng (fish cake), tteokbokki, sundae (jeroan atau isi perut), mandu, dan segala hidangan yang cocok untuk menemani Anda minum-minum. 


Dari 10 hidangan di atas, hidangan apa yang menjadi favorit Anda? 

(Foto: Courtesy of TvN, KBS, Netflix, MBC, VIU, Kocowa, cosmo.ph, soompi)