Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Imajinasi Kehidupan Bawah Laut di Koleksi Burberry SS21

Ketika Riccardo Tisci menyampaikan pandangannya tentang pandemi lewat sebuah koleksi dan metafora percintaan antara ikan hiu dan putri laut.

Imajinasi Kehidupan Bawah Laut di Koleksi Burberry SS21

Apa yang terjadi ketika seorang Riccardo Tisci berkontemplasi selama periode karantina semenjak pandemi berlangsung? Lewat koleksi pertamanya sejak masa karantina akibat Covid-19, Riccardo mengusung koleksi dengan pendekatan antalogi kehidupan di bawah laut seperti romansa antara putri duyung dan ikan hiu yang terbilang jenaka dan tak terduga.

Mengusung tema "In Bloom", Riccardo mengunjungi kembali DNA rumah mode Burberry yang selama ini menganut inspirasi dari alam dan lingkungan hidup, kali ini Riccardo berkonsetrasi dengan laut, yang kerap memancarkan keindahan, romantis, namun tak segan berbuat kejam di sebagian waktu, sebagai inspirasi utamanya.

Fokus utama koleksi untuk menyampaikan narasi imajinatif dirinya kemudian ia terjemahkan dengan mengambil trench coat yang selama ini telah menjadi signature sang rumah mode untuk ia alihkan menjadi medium untuk mengkomunikasikan apa yang ada di dalam pikirannya.

"Hal ini bermula dari musim panas di Inggris yang menganut busana musim panas seperti padanan trench coat yang dikenakan di pantai, bercampur dengan pasir dan air. Saya kemudian melihat fenomena tersebut layaknya hubungan percintaan antara putri duyung dan ikan hiu, yang berlangsung di bawah laut, dan kemudian dibawa ke daratan," ungkap Riccardo melalui sebuah pernyataan.


Representasi unsur air di koleksi ini, Riccardo tuangkan lewat pemilihan rentang warna yang didominasi biru untuk kemudian dituangkan di atas material gabardine yang merupakan material utama trench coat rancangan Burberry sejak dahulu. Setiap trench coat tersebut kemudian dibalutkan oleh unsur-unsur dekoratif yang berbeda-beda sebagai cara Riccardo menyalurkan ide kreatifnya yang sejalan dengan metafora yang ingin ia sampaikan. Setiap trench coat terlihat merefleksikan aspek kontras antar satu sama lain seperti percampuran bahan yang berlawanan, tambahan potongan cut out, yang menyuarakan evolusi terhadap trench coat klasik milik sang rumah mode.

Kemudian, selain spektrum warna biru, warna oranye juga tampak menjadi bagian warna dasar dari koleksi ini yang hadir dalam bentuk mantel, jaket hoodie, trench coat, blazer, hingga overall. Seluruhnya ditata dalam ansambel dinamis dan muda yang revolusioner sebagai bentuk terjemahan dari keinginan Riccardo untuk mengartikan tema In Bloom sebagai simbol regenerasi, pembaruan, energi muda yang dinamis, dan roda kehidupan.

Mengambil latar belakang hutan, presentasi Burberry musim panas 2021 kali ini mengajak seniman Anne Imhof untuk berkolaborasi, dan seniman Eliza Douglas.

Berikut beberapa look dari presentasi digital yang dibuat oleh Burberry tanpa mengundang tamu dan disiarkan melalui live stream di akun Twitch sang label, dengan host yang terdiri dari model Bella Hadid, Erykah Badu, Steve Lacy, dan Rosalía.


(FOTO: Courtesy of Burberry)