Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Cerita BTS Tentang Kesan, Pesan, dan Penggemarnya

Segala waktu, energi, dan dedikasi BTS untuk para ARMY.

Cerita BTS Tentang Kesan, Pesan, dan Penggemarnya

Tak henti menggemparkan seisi dunia segala aktivitas yang mereka kerjakan, BTS kembali membawa kabar impresif dari industri musik. Setelah merilis single dengan judul Dynamite bulan lalu, BTS terus hadir menghibur para penggemarnya di tengah masa pandemi. Pasti Anda sudah menonton video klip musik dan juga penampilan mereka di panggung virtual ajang bergengsi 2020 MTV Video Music Awards 2020, kan?


Dengan data dari Spotify yang menunjukkan bahwa dalam 24 jam sejak dirilis, lagu ini didengarkan sebanyak 12.6 juta kali, tidak heran banyak yang ingin tahu apa arti di baliknya.


Sebagai salah satu platfrom musik digital yang banyak digunakan, tidak heran Spotify mengundang grup musik asal Korea Selatan ini untuk menjadi bintang tamu di serial podcast bertajuk For The Record. 

Podcast For The Record adalah tempat di mana para pakar industri musik bertemu dan berdiskusi tentang banyak hal. Seperti yang diceritakan BTS di episode 6 BTS: The Band, The Brand & The ARMY.


BACA JUGA: Lihat Penampilan BTS Dalam Balutan Busana Louis Vuitton Men

BACA JUGA: BTS Donasikan 1 Juta Dolar Untuk Gerakan Black Lives Matter


Banyak hal yang diulas di episode ke-6 yang berlangsung selama 23 menit ini. Di antaranya adalah, cerita tentang proses kreatif di balik layar, apresiasi mereka kepada para ARMY, hingga diskusi tentang image mereka di mata para generasi penerus.


“Proses sangat beragam terkadang kami mulai dengan melodi, terkadang hanya dengan satu kata atau tema. Tapi pada dasarnya, saat membuat album, kami punya satu kata kunci yang mewakili seisi album,” ucap RM.


J-Hope pun menambahkan bahwa seluruh anggota BTS mencurahkan energi dan waktu mereka saat berkarya, “Butuh fokus dan perhatian yang tinggi, juga waktu yang panjang karena kami benar-benar mencurahkan segala yang kami miliki. Saat kami memiliki hasil yang baik, kami merasa bangga dan merasakan pencapaian yang nyata.”


Tak lupa pada para penggemar yang memiliki peranan besar dalam perjalanan karier BTS, V menyebut ARMY adalah hal yang terbaik, “Saya pikir hal terbaik adalah ARMY. Mereka adalah alasan kami berkarya. Energi dan dukungan merekalah yang mendorong kami untuk terus maju.”


Dengarkan perbincangan seru antara BTS dan Spotify di sini.


(Foto: Courtesy of Spotify)