• Chanel Kembali Bekerja Sama dengan Festival Film Deauville

    Culture / News


    Chanel Kembali Bekerja Sama dengan Festival Film Deauville

    Ini merupakan tahun kedua kemitraan antara Chanel dan Deauville.


    Rumah mode Chanel kembali memperkuat kemitraannya dengan Deauville American Film Festival. Digelar pada 4-13 September 2020, ini merupakan tahun kedua kerja sama antara Chanel dan Deauville American Film Festival. Ajang penghargaan yang telah berlangsung sejak tahun 1975 ini menampilkan film-film dari festival film Cannes dan Annecy.

    (Vanessa Paradis)




    Penyanyi dan aktris cantik asal Prancis, Vanessa Paradis didapuk sebagai ketua juri dari Festival Deauville ke-46, sementara sutradara Prancis, Rebecca Zlotowski dipilih untuk menjadi revelation jury. Beberapa dari mereka juga terlihat mengenakan Chanel di karpet merah.

    (Rebecca Zlotowski)


    Chanel sendiri memang telah dikenal memiliki sejarah panjang dengan Deauville, dengan Gabrielle Chanel yang membuka toko topi di resor pantai Belle-Epoque pada tahun 1912, lingkungan dan orang-orang yang berada di sana cukup mempengaruhinya sehingga ia mulai merancang blus jersey dan lebih banyak mengaplikasikan warna beige dalam desain-desainya. Gabrielle juga terlihat mengadopsi siluet modern yang bebas dan tegas, yang telah berhasil merevolusi daya pikat kaum wanita. Tidak hanya sampai di situ saja, satu abad kemudian, tepatnya pada tahun 2013, Karl Lagerfeld membuat film pendek tentang masa-masa awalnya (Gabrielle) di Deauville berjudul Once Upon a Time yang dibintangi oleh Keira Knightley.


    (Zita Hanro)

    Sementara Gabrielle Chanel dan Deauville tidak dapat dipisahkan, Chanel dan industri perfilman juga selalu terkait dalam sebuah jalinan kolaborasi yang indah. Bahkan jalinan hubungan unik antara rumah mode asal Prancis dengan dunia perfilman masih berlanjut hingga hari ini di bawah arahan Virginie Viard yang duduk sebagai Artistic Director untuk koleksi fashion Chanel. Memulai kariernya sebagai asisten untuk seorang desainer kostum terkenal, Dominique Borg, ini menjadi bukti nyata keterkaitan Virginie dengan dunia hiburan baik dalam kapasitasnya sebagai Artistic Director untuk Chanel maupun secara pribadi. 

    (Astrid Berges)

    Tak sampai di situ saja, untuk koleksi Métiers D'Art pertamanya pada Desember 2019, Virginie Viard juga mengundang sutradara, Sofia Coppola untuk merancang dekorasi untuk pertunjukan runway di Grand Palais, yang merupakan perwujudan kembali dari apartemen ikonis milik Gabrielle Chanel yaitu haute couture salons at number 31.


    (Layout: Tevia Andriani; Foto: Courtesy of Chanel)









- RELATED ARTICLE -