• Inovasi Arloji Richard Mille: Produksi Mesin Secara Internal

    Fashion / News


    Inovasi Arloji Richard Mille: Produksi Mesin Secara Internal
    Courtesy of Richard Mille

    Lansiran terbaru dari label Richard Mille yang mengubah sejarah.


    Kabar inovasi penyempurnaan lagi-lagi datang dari Richard Mille. Seperti yang Anda ketahuin, selama bertahun-tahun, Richard Mille mengandalkan pemasok eksternal untuk mesin jam choronograph miliknya. 


    Namun tidak pada lansiran terbarunya. Terukir pada namanya, RM 72-01 Lifestyle In-House Chronograph adalah koleksi pertama Richard Mille yang sepenuhnya dirancang dan dikembangkan secara in-house di Les Breuleux, Swiss. RM 72-01 juga gilengkapi dengan in-house caliber CMRC1 movement yang terbuat dari titanium grade 5.






    Dirancang dengan bentuk yang sudah menjadi ciri khas Richard Mille, arloji berbingkai bentuk tonneau ini memperlihatkan keahlian para watchmaker yang unggul sehingga meninggalkan kesan permanen. Inovasi berbuah prestasi dunia ini ditempuh oleh sejumlah tim dengan dedikasi tinggi dalam kurun waktu 30 bulan.



    RM 72-01 dapat dikatakan berukuran kecil untuk standar Richard Mille. Dengan case berukuran 38.40 mm x 47.34 mm, perpaduan antara bentuk tonneau dan ukuran tersebut memberikan kenyamanan pemakaian yang luar biasa. 



    Tanpa mempersulit pembacaan waktu, penempatan dial dipasangkan dengan subdial yang mudah dibaca dan juga menggunakan color-coded system. Warna biru untuk hitungan detik, oranye untuk menit, dan hijau untuk jam yang geraknya diatur oleh six-column wheel. Anda juga dapat melihat tanggal yang tersembunyi di angka tujuh.




    Tidak berhenti di sana, Richard Mille bekerja sama dengan dua orang dari industri seni dalam kampanye film bertajuk WITHIN. Kolaborasi artistik ini melibatkan seorang koreografer, Benjamin Millepied, dan Thomas Roussel sebagai seorang komposer.



    Pada kolaborasi artistik ini, kedua sosok kreatif tersebut menunjukkan keselarasan antara repetitive motions dari RM 72-01 Lifestyle In-House Chronograph, ritme alami sebuah tarian, dan alunan musik.


    Tidak sungkan berekspresi, baik dalam ranah balet maupun orkestra simfoni, Benjamin dan Thomas mengandalkan kekayaan warisan dan tradisi dalam membentuk visi modern dari seni masing-masing. Keduanya pun memilih lokasi yang menggambarkan keindahan dua jenis seni.



    Benjamin memilih Joshua Tree National Park yang berlokasi di California untuk menarik perhatian pada raw energy, seperti movement pada RM 72-01.



    Sedangkan Thomas Roussel memilih studio di gereja St. Luke, London Bersama 50 musisi dari London Symphony Orchestra, ia membangun tempo ia ambil dari sampel fungsi kronometik RM 72-01. 



    Ditawarkan dalam empat jenis berbeda, jam tangan unisex, RM 72-01 Lifestyle In-House Chronograph hadir dalam empat tampilan casing, yaitu 5N red gold, titanium, keramik hitam, dan juga keramik putih.




    Seluruh presisi ini dapat Anda lihat melalui openwork caseback yang juga menjadi ciri khas label Richard Mille.


    (Foto: Courtesy of Richard Mille)










- RELATED ARTICLE -