• Pesan Andien Aisyah Bagi Perempuan Indonesia: Asuh Diri Dulu

    People / News


    Pesan Andien Aisyah Bagi Perempuan Indonesia: Asuh Diri Dulu

    “Aku selalu encourage orang saat itu kalau mereka mau mengasuh diri sendiri bahkan sebelum mereka menikah,” ungkap sang penyanyi.


    Dalam seri Brunch with Dave kali ini, Dave Hendrik berbincang bersama dengan seorang penyanyi, ibu, dan juga penulis buku Belahan Jantungku tentang pentingnya menjalin hubungan tidak hanya dengan janin tetapi juga dengan diri sendiri, termasuk pengalaman-pengalaman buruk yang ingin selama ini terkubur. Dave, kemudian bertanya tentang pesan Andien bagi perempuan Indonesia.

    “Din, aku ingin tanya, kalau dikasih kesempatan buat Andien, saat ini apa yang ingin Andien ucapkan kepada perempuan-perempuan di luar yang juga di titik hidup yang sama dengan Andien, membina keluarga, punya anak, atau sedang menjadi parent. Apa yang ingin Andien sampaikan?” tanya Dave.

    “Pertama, mungkin sebuah keluarga memerlukan ayah dan ibu yang empowered atau berdaya, jadi kita enggak ada batasan usia karena memang kita belajar setiap hari. Aku bisa bilang apa pun yang terjadi dalam proses parenting itu nge-lead enggak lain dan enggak bukan adalah proses ke kita sendiri, bahkan kadang-kadang apa yang terjadi pada anak kita, yang kita lihat itu, adalah bagian dari dalam diri kita yang belum selesai gitu. Karena, basically anak ini, apalagi anaknya masi di area dari lahir sampai kira-kira tujuh tahun gitu, itu bener-bener projection orang tuanya.”





    Andien kemudian menyebutkan satu pesan penting yang juga ia tuliskan dalam bukunya Belahan Jantungku, “Ada salah satu bab yang menulis tentang mengasuh diri sendiri sebelum mengasuh anak. Makanya, aku selalu encourage orang saat itu kalau mereka mau mengasuh diri sendiri bahkan sebelum mereka menikah, itu akan menjadi sesuatu yang baik sekali. Jadi mengasuh diri sendiri itu enggak ada habisnya gitu sebenarnya.” Ia pun juga mengungkapkan harapannya bagi perempuan untuk saling mendukung satu sama lain, “Alangkah baiknya ya, ketika perempuan saling bergandengan akan tercipta masyarakat yang benar-benar tough dan ,” ungkapnya.

    Andien membagikan kisah perjalanan kehamilannya serta prosesnya menjadi pribadi yang belajar untuk lebih mengenal diri sendiri bersama dengan Dave Hendrik dalam seri Brunch With Dave Hendrik yang dapat Anda saksikan segera di kanal YouTube Harper’s Bazaar Indonesia.


    Baca Juga: Andien Mengaku Mual Melihat Handphone Saat Hamil Anak Kedua

    Baca Juga: Andien Berkomunikasi dengan Tabi Melalui Meditasi

    Baca Juga: Perjalanan Menyembuhkan Diri dari Andien Aisyah dari Perundungan

    (Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram @bazaarindonesia; @andienaisyah)










- RELATED ARTICLE -