Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Film Anthropoid: Kisah Tentang Catatan Sejarah Republik Ceko

Makna keberanian dan kebebasan di Kota Praha.

Film Anthropoid: Kisah Tentang Catatan Sejarah Republik Ceko

Perang Dunia II identik dengan sosok Adolf Hitler, pendiri Nazi dan pemimpin diktator Jerman yang menjadi pusat terjadinya genosida Holocaust pada tahun 1941-1945. Kekerasan dan pembunuhan masyarakat Yahudi di kamp konsentrasi di Nazi menjadi catatan sejarah penting sebagai bukti ekstrim pelanggaran kemanusiaan. Namun, ada seorang tokoh yang justru memegang peran penting dalam pemerintahan Hitler, tepatnya penggagas ide pembuatan kamp konsentrasi ini, Reinhard Heydrich.

Reinhard Heydrich adalah deputi militer Jerman pimpinan Hitler dan Kepala Keamanan Reich Main. Perannya tidak hanya besar sebagai penggagas dan konseptor dari Gestapo (Holocaust), tetapi juga menjadi pemimpin Nazi di Republik Ceko pada masanya. Kisah Reinhard Heydrich dan Operasi Anthropoid yang kemudian menarik sutradara ternama, Sean Ellis untuk membuat sebuah film berjudul Anthropoid pada 2016.


Film ini menghadirkan dua agen Republik Ceko yang diasingkan, Jozef Gabčik (Cillian Murphy) dan Jan Kubiš (Jamie Dornan), kini dikirim oleh Pemerintah Inggris, dalam misi yang tidak hanya mengubah hidup mereka, tetapi juga kehidupan masyarakat Republik Ceko. Inilah kisah Operasi Anthropoid yang terjadi di langit Kota Praha tahun 1942.

Ketika mendarat kembali di tanah Ceko, Jozef dan Jan bertujuan untuk menuntaskan satu misi penting yang diberikan kepada mereka: membunuh Reinhard Heydrich. Dalam menjalankan misinya, kedua agen dibantu oleh aktivis-aktivis yang melakukan perlawanan bawah tanah terhadap rezim Hitler di Ceko. Dengan tekad menjalankan tugas tetapi tanpa pengalaman, Sean membagikan proses pembunuhan Reinhard yang mengukir sejarah baru dalam kehidupan rakyat Ceko.

Film yang rilis pada 2016 ini berangkat dari pengalaman Sean menyaksikan film dokumenter tentang peristiwa Anthropoid tersebut pada 2001. Ketika itu ia kemudian tertarik untuk menilik lebih dalam dan membawa pecahan sejarah ini ke layar lebar. Kisah pembunuhan Reinhard Heydrich ini menjadi satu bagian dari susunan teka-teki yang kompleks dalam Perang Dunia II yang tidak banyak diketahui orang di luar Republik Ceko dan sang sutradara merasa tertantang untuk mengisahkan catatan sejarah yang satu ini.

Film yang rilis pada 2016 ini berhasil mengungkap sejarah baru yang tidak banyak diketahui masyarakat dunia, tetapi seberapa dekat jalan cerita film yang diperankan oleh aktor film Fifty Shades of Grey, Jamie Dornan dan pemeran tokoh Thomas Shelby dalam serial Peaky Blinders, Cillian Murphy dengan kisah sebenarnya? Berikut fakta-fakta historis di balik film Anthropoid.

1. Apakah Operasi Anthropoid benar-benar terjadi?


Operasi pembunuhan Reinhard ini terjadi pada 27 Mei 1942 ketika Jan dan Jozef menjalankan operasi yang telah mereka rencanakan dengan kelompok pemberontak di Republik Ceko, sebelumnya dikenal dengan nama Cekoslowakia, sejak Desember 1941. Namun, operasi pembunuhan tersebut gagal membuat kedua mantan prajurit tersebut menjadi buronan Nazi.

2. Apakah Reinhard Heydrich benar-benar terluka akibat percobaan pembunuhan yang dilakukan?

Sean menangkap setiap detik ketika pembunuhan tersebut dilakukan sesuai dengan apa yang terjadi pada Mei 1942, termasuk kegagalan mereka membunuh pimpinan Nazi di Cekoslowakia tersebut. Namun, Reinhard diketahui mengalami luka parah dan dalam kondisi kritis akibat tembakan yang dilayangkan kepadanya.

3. Bagaimana reaksi Nazi setelah Operasi Anthropoid terjadi?

Jika Anda mengira reaksi militer Nazi dalam mencari pelaku terlalu berlebihan di dalam film, adegan tersebut tidak sebanding dengan realitanya pada masa itu. Reinhard Heydrich memiliki tempat istimewa dalam dinasti Adolf Hitler sehingga insiden tersebut memicu kemarahan Hitler untuk mencari pelaku di baliknya.

Untuk mendapatkan jawabannya, Nazi mengerahkan prajuritnya untuk menghancurkan dua desa di Cekoslowakia, Lidice dan Ležáky. Kemarahan Nazi untuk mencari pelaku dari tanggal 28 Mei hingga 24 Juni 1942 telah menewaskan 695 pejuang kemerdekaan Republik Ceko, dan menangkap 13.000 orang serta menewaskan 5.000 tahanan yang melawan.


4. Katedral Santo Sirilus dan Metodius, Praha

Gereja yang berada di pusat kota Praha saat itu menjadi tempat persembunyian para penyusup, termasuk dua pelaku utama, Jan Kubiš dan Josef Gabčik, bersama dengan lima orang penyusup lain yang terlebih dulu mengisi tempat persembunyian.

Ketujuh penyusup bersembunyi di bawah gereja selama tiga minggu sebelum akhirnya keberadaan mereka diketahui militer Nazi. Dalam proses produksi film ini, Sean Ellis mengunjungi katedral bersejarah tersebut untuk kembali menghidupkan momen bersejarah yang terjadi di tempat ini.

Mulai dari struktur bangunan hingga titik bom granat yang meledak ketika baku tembak terjadi antara penyusup dan militer Nazi, Sean memastikan set yang mereka bangun persis sama dengan bangunan aslinya.

5. Lalu, bagaimana cara Nazi mengeluarkan para penyusup dari dalam katedral?

Dalam film yang berdurasi 120 menit ini menunjukkan para prajurit Nazi yang berusaha mengeluarkan penyusup dari dalam gereja. Selain baku tembak yang terjadi dan menewaskan Jan Kubiš dan beberapa bom yang diledakkan untuk masuk ke dalam ruang bawah tanah, prajurit Nazi pun menggunakan gas air mata dan mengisi ruang bawah dengan air sehingga penyusup dapat keluar. Hal ini yang benar-benar dilakukan para prajurit di tahun 1942 ketika berusaha mengeluarkan para penyusup.

6. Seberapa dekat setiap adegan film dengan kenyataan yang terjadi di Praha 1942?

Sutradara, Sean Ellis ingin menghadirkan film dengan sentuhan dokumenter seperti yang ia lakukan ketika menyutradarai film Metro Manila yang rilis pada 2013. Sean ingin membagikan catatan sejarah kelam tetapi penting bagi kehidupan masyarakat Ceko dan bagaimana Operasi Anthropoid menjadi bagian penting dalam rezim Nazi saat itu.


(Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of YouTube Bleecker Street)