Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Rangkaian Skincare yang Diperlukan Perempuan Usia 20-an

Persiapkan kulit wajah Anda sedari dini untuk investasi masa depan.

Rangkaian Skincare yang Diperlukan Perempuan Usia 20-an
(Foto Courtesy of lightfieldstudios©123RF.com)

Menjaga dan merawat kesehatan kulit wajah adalah hal penting yang sejatinya harus dilakukan oleh semua kaum hawa. Walaupun biasanya perawatan kecantikan banyak dihubungkan untuk wanita yang berusia 30-an atau 40-an ke atas, namun sebenarnya perempuan yang sedang dalam fase usia 20-an juga dianjurkan untuk mulai memperhatikan perawatan kulit wajahnya sedari dini agar dapat menjadi bekal di kemudian hari. 

Untuk itu kami pun meminta rekomendasi dari dua ahli kecantikan, yaitu dr. Olivia Ong yang merupakan Medical Director di Jakarta Aesthetic Clinic dan dr.Ronald Yulianto, M.Biomed (AAM) selaku Medical Director dari Jakarta Derma Clinic agar dapat membagikan produk perawatan yang penting harus ada dan dimiliki dalam rangkaian perawatan kecantikan Anda terutama bagi Anda yang berusia 20-an:

1. Cleanser

Menurut dr. Ronald, sabun cuci muka merupakan salah satu produk perawatan yang wajib dimiliki dan digunakan oleh perempuan terkhususnya bagi para perempuan usia 20-an karena fungsinya yang dapat membersihkan sekaligus menjaga kelembapan kulit sehingga wajah akan selalu terjaga kebersihan serta kesegarannya. Namun perlu diperhatikan juga dalam memilih sabun cuci muka, kita juga harus menyesuaikannya dengan jenis kulit wajah, apakah kulit wajah Anda termasuk jenis kulit yang berminyak atau kering.

Produk cleanser rekomendasi Bazaar

Kiehl's Ultra Facial Cleanser

(395.000 rupiah)

Sebamed Antibacterial Cleansing Foam

(189.100 rupiah)

2. Toner

Memasukkan toner ke dalam rangkain perawatan kecantikan Anda juga menjadi salah satu saran yang diberikan oleh dr. Ronald. Tidak hanya berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit wajah, toner juga mampu membersihkan sisa kotoran, minyak, dan makeup yang mungkin tidak terangkat saat menggunakan sabun cuci muka.

Produk toner rekomendasi Bazaar

Cle De Peau Beaute Hydro-Clarifying Lotion

(1.725.000 rupiah)

SK-II Facial Treatment Essence 

(2.020.000 rupiah)

3. Tabir surya

Seperti yang telah kita ketahui, tabir surya adalah salah satu produk skincare terpenting yang selalu dianjurkan untuk digunakan. Tabir surya sendiri tidak hanya bekerja untuk melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari, tetapi tabir surya juga mampu mencegah skin aging (seperti keriput dan garis halus, mencegah timbulnya vlek hitam dan menjaga kulit tetap halus dan sehat) dan premature skin aging akibat sinar biru atau blue light dari perangkat elektronik.

Menurut dr. Olivia, penting untuk mengaplikasikan produk tabir surya dengan jumlah yang cukup untuk mendapatkan perlindungan maksimal. Cara mudah mengaplikasikan tabir surya adalah menggunakan satu ruas jari telunjuk untuk untuk satu sisi wajah. Selain itu hal lain yang tak kalah penting yang harus diperhatikan dalam menggunakan tabir surya adalah untuk mengaplikasikan ulang setiap 2 jam sekali atau jika sudah terkena keringat, air (sekalipun tertulis produk memiliki kemampuan water resistant) atau produk terasa sudah memudar. 

Produk tabir surya rekomendasi Bazaar

Shiseido Universal Defense Broad Spectrum SPF 50+ Sunscreen

(1.500.000)

L'Oreal Paris UV Perfect Matte & Fresh SPF50|PA++++

(99.000 rupiah)

4. Serum vitamin C

Serum vitamin C merupakan antioksidan kuat yang akan memerangi radikal bebas pada kulit sepanjang hari. Guna serum vitamin C sendiri adalah untuk memperbaiki tampilan warna dan kecerahan kulit serta menghilangkan kusam pada wajah. Selain itu, jika digunakan bersamaan dengan tabir surya, serum vitamin C akan memberikan perlindungan ekstra pada kulit dan mendukung kerja dari tabir surya itu sendiri. Seperti yang disampaikan oleh dr. Olivia "Jadi ibaratnya sunscreen itu sebagai tameng dari luar, sedangkan serum vitamin C melindungi dari dalam," papar dr. Olivia. 

Produk vitamin C serum rekomendasi Bazaar

Votre Peau Vit C Serum Maharis

(323.000 rupiah)

Clinique Fresh Pressedâ„¢ Daily Booster with Pure Vitamin C 10%

(1.185.000 rupiah)

5. Moisturizer

Intensitas penggunaan makeup pada perempuan usia 20-an memang tidak dapat dipungkiri memiliki tingkat yang cukup tinggi. Sebagai golongan dewasa muda, aktivitas keseharian yang padat seperti bekerja, kuliah, bertemu dengan kolega telah menjadi bagian dari kehidupan perempuan usia muda.

Selain itu, di zaman modern ini, menghabiskan banyak waktu di ruangan ber-AC juga telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat yang tinggal di kota metropolitan. Maka dari itu, penggunaan produk pelembap sangatlah penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi terutama juga jika Anda menggunakan produk pembersih makeup, karena makeup remover memiliki kecenderungan untuk dapat menipiskan lapisan pelindung alami kulit, ditambah juga dengan efek angin AC yang dapat mempercepat kulit terdehidrasi.

Untuk itu, dr. Olivia pun menyarankan agar memilih pelembap yang dapat cepat meresap dan tidak lengket di wajah. Namun, kita juga harus mengenali kondisi dan tipe kulit kita sendiri. Jika kondisi kulit masih bagus dan sehat, minyak alami yang diproduksi oleh perempuan usia 20 tahunan sudah dapat menjadi moisturizer alami bagi wajah, sehingga untuk saat ini tidak perlu ada tambahan produk moisturizer pada rangkaian produk skincare Anda.

Produk pelembap rekomendasi Bazaar:

Laneige Water Bank Moisture Cream EX

(630.500 rupiah)

Olay Micro-Sculpting Cream Moisturizer

(503.000 rupiah) 

6. Acne treatment 

Baik dalam bentuk serum ataupun krim, produk acne treatment sangat dianjurkan untuk digunakan pada pagi hari atau malam hari di atas kulit yang sudah dibersihkan. Untuk perempuan usia 20-an, ini adalah masa-masa di mana komedo dan jerawat masih sangat aktif muncul akibat kerja hormon yang tinggi.

Oleh sebab itu jerawat dan komedo harus terus dibersihkan dan diobati dengan tepat dan hingga tuntas agar masalah komedo dan jerawat tidak berlarut-larut sampai meninggalkan noda-noda bekas jerawat (atau yang dikenal dengan istilah awam "bopeng") di wajah dan akan memberikan efek panjang dikemudian hari.

Produk acne treatment rekomendasi Bazaar:

The Body Shop Tea Tree Oil 

(129.000 rupiah)



Sensatia Botanicals Tea Tree & Lemon Facial Mask

120.000 rupiah

7. Eye Cream

Walaupun sering dikategorikan sebagai produk yang hanya diperuntukan bagi perempuan berusia lanjut, penggunaan eye cream sebenarnya telah dianjurkan sejak usia belia. Seperti yang kita ketahui, manfaat dari eye cream sendiri adalah melawan tanda-tanda penuaan, seperti timbulnya garis-garis halus, keriput, dan lingkaran hitam pada area mata.

Produk eye cream rekomendasi Bazaar:  

L'Occitane Immortelle Divine Eyes

(1.190.000 rupiah)

Lancome Advanced Genifique Eye Cream Yeux

(980.000 rupiah)


(Foto: Courtesy of lightfieldstudios©123RF.com, Kiehl's, Sebamed, Cle De Peau Beaute, SK-II, Shiseido, L'Oreal Paris, Votre Peau, Clinique, Laneige, Olay, The Body Shop, Sensatia Botanicals, L'Occitane, Lancome)