• Berbagai Kejanggalan Plot Film yang Sulit Dipahami

    Culture / Tips


    Berbagai Kejanggalan Plot Film yang Sulit Dipahami

    Kami sangat menyukai film ini, tapi kami memiliki banyak pertanyaan.


    Apakah Anda pernah menyaksikan film dengan jalan ceritanya yang terkesan tidak masuk akal? Mungkin ada beberapa pertanyaan yang tidak terjawab atau jalan ceritanya memang sulit Anda pahami. Hal ini terjadi, bahkan dalam beberapa film terbaik memiliki lubang-lubang yang membuat penonton terus bertanya selama berhari-hari hingga bertahun-tahun kemudian.

    Meski pengecualian terhadap film yang baik, lubang-lubang di dalam sebuah film dapat menghancurkan pengalaman menonton atau reaksi penonton selama beberapa dekade ke depan. Titanic dapat menjadi contoh. Karya James Cameron satu ini sempat menjadi pertanyaan banyak orang – tentang plot yang hilang: Ada ruang yang cukup bagi Jack dan Rose untuk bertahan di atas pintu yang mengapung. Mengapa ia tidak berusaha naik ke atas pintu tersebut?




    Namun kami tinggalkan kebingungan tersebut. Berikut adalah beberapa film yang meninggalkan jejak pertanyaan dalam ceirtanya. Beberapa lebih membingungkan dari yang lain dan tetap belum dapat kami pahami. Peringatan ringan: banyak bocoran film yang akan Anda temui.

    1. The Hangover 


    Bagaimana caranya Doug tetap hidup di atas apa di Las Vegas selama dua hari?

    Jalan cerita seorang calon memperai pria, Doug (Justin Bartha) yang hilang pada malam bujangnya di Las Vegan. Ketika film ini berakhir, rupanya Doug menghabiskan waktu dua hari di atap hotel Caesars Palace ketika teman-temannya (Bradley Cooper, Zach Galifianakis, Ed Helms) menghadapi berbagai masalah, termasuk dengan harimau.

    Namun, tidak mungkin Doug dapat bertahan hidup di atap dengan cuaca panas, tanpa makanan, tanpa air. Lalu, dengan hotel ikonis seperti Caesars, seseorang tentu dapat mendengar suara laki-laki yang berteriak dari atap.

    2. Mean Girls


    Mengapa semua orang percaya bahwa Cady, anak baru, menulis seluruh burn book ?

    Sebelum Cady Heron (Lindsay Lohan), seorang anak baru di Sekolah North Shore, Regina (Rachel McAdams) membuat sebuah buku yang ia simpan di kamarnya. Buku tersebut berisi berbagai rumor tentang sekolah tersebut selama bertahun-tahun serta komentar negatif tentang setiap perempuan di sekolah tersebut.

    Regina, agar terlihat sebagai korban, menempelkan fotokopi dari halaman buku tersebut sepanjang koridor sekolah, bahkan menulis dirinya dengan sebutannya yang buruk. Namun ketika Cady mengaku bahwa dirinya yang menulis buku tersebut, mengapa semua orang mudah percaya kepadanya? Hal ini tampak tidak realistis bagi Cady yang belum satu tahun menjadi bagian dari sekolah tersebut untuk tahu berbagai macam rumor yang beredar.

    3. Harry Potter and the Prisoner of Azkaban 


    Mengapa Harry tidak menggunakan mesin pemutar waktu untuk menolong orang tuanya dan membunuh Voldemort? 

    Dalam kisah dunia sihir Harry Potter, Harry (Daniel Radcliffe) dan Hermione (Emma Watson) menjelajah kembali ke masa lalu, tepatnya beberapa jam untuk menolong Sirius Black dan Buckbeak. Harry juga menolong dirinya dengan sihir pada dirinya di masa depan, melindungi dirinya dari para dementor. Mengapa, selama tujuh film, kami hanya melihat mesin pemutar waktu dalam film ini? Dan mengapa tidak Harry gunakan untuk menolong kedua orang tuanya dan membunuh Voldemort? Beberapa mengatakan bahwa mesin pemutar waktu sangat berbahaya dan dapat mengubah masa lalu, tetapi kami masih bertanya-tanya.

    4. Titanic


    Mengapa keluarga Rose tidak ada yang mencarinya?

    Kami tahu bahwa isu terbesar dari Titanic adalah ruang bagi Jack (Leonardo DiCaprio) di atas pintu yang mengapung. Namun, kami akan tinggalkan sejenak karena setelah Titanic tenggelam dan Rose (Kate Winslet) berhasil hidup, ia mengambil nama belakang Jack, Dawson dan memulai kehidupan baru. Lalu, mengapa ibunya atau Cal tidak ada yang mencarinya? Ia kemudian menjadi seorang aktris ternama yang berarti popularitasnya tidak mungkin menutup kehidupan masa lalunya.

    5. Toy Story


    Jika Buzz mengira dirinya adalah seorang astronot, mengapa ia ikut membeku seperti mainan lainnya?

    Plot dari film Toy Story berkisah tentang Buzz Ligthyear (Tim Allen) yang percaya bahwa ia adalah seorang astronot, prajurit luar angkasa, dan bukan sebuah mainan. Setiap ada manusia seperti Andy masuk, tiba-tiba semua mainan berhenti bergerak, termasuk Buzz. Mengapa demikian? Apakah mungkin ia sudah menerima bahwa ia adalah sebuah mainan atau ia bertindak sesuai intuisinya ketika teman-temannya langsung terdiam?

    6. Edward Scissorhands


    Darimana datangnya es yang ada di ruang atas rumah Edward?

    Edward Scissorhands (Johnny Depp) tinggal sendiri di sebuah rumah besar di atas bukit dengan gunting sebagai tangan-tangannya, serta tanpa bantuan dari orang lain. Hal ini hampir tidak mungkin terjadi untuk hidup dengan tangan gunting setiap hari, ditambah lagi memahat patung es di ruang tertinggi di dalam rumah tersebut.

    Ketika Kim (Winona Ryder) bercerita kepada cucu perempuannya tentang Edward, adegan Edward memahat es tersebut ditunjukkan. Ahem, tetapi darimana asal es batu tersebut dan bagaimana caranya es tersebut tetap beku? Kami butuh jawaban Anda, Tim Burton.


    7. White Chicks

    Apakah kami seharusnya percaya bahwa sahabat dari Wilson bersaudara mengira bahwa agen FBI tersebut adalah perempuan?

    Penting untuk menerima kejanggalan dalam plot film seperti ini. Benar, agen FBI Kevin dan Marcus (Wayan bersaudara) menyamar menjadi sepasang saudara kaum sosialitas untuk menolong anak-anak perempuan yang diculik. Setelah menghabiskan akhir pekan di Hamptons menghadiri makan malam mewah dan mengenakan bikini di pantai, identitas kedua agen sebagai pria berkulit hitam bukanlah sebuah rahasia. Jawaban mereka ketika ditanya alasan mereka tampak lebih tinggi? Mereka menggunakan leg extensions.

    8. Palm Springs


    Ceritanya berakhir dengan buku fisika dan belajar ketika menghadiri sebuah pernikahan?

    Film produksi Hulu, Palm Springs semula tampak seperti penampilan terbaru dari konsep Groundhog Day: bangun setiap pagi untuk menjadi kehidupan yang sama lagi dan lagi. Dengan unsur fiksi ilmiah, berkat gua pemutar waktu ketika Nyles (Andy Samberg) berusaha menghentikan Sarah (Cristin Milioti) yang terus mengikuti Nyles. Tentunya, ia tidak mendengar Nyles dan terjebak di dalam bersama.

    Untuk keluar dari jebakan tesebut, Sarah mengambil beberapa buku pelajar fisika (ia tidak tinggal di Palm Springs tetapi menghadiri sebuah pernikahan), belajar setiap hari, dan seketika memahami bagaimana cara untuk bebas dari siklus tersebut. Meski rencananya berhasil, hal ini terkesan tidak realistis bahwa seseorang tanpa latar belakang sains dengan mudah mempelajari buku untuk memecahkan misteri penjelajahan waktu.

    9. The Shawshank Redemption


    Bagaimana Andy memasang kembali poster ke tembok dari dalam terowongan?

    Karyawan bank Andy Dufresne (Tim Robbins) menghabiskan waktu 19 tahun di penajar karena dituduh membunuh istri dan kekasih istrinya. Ia berteman dengan beberapa narapidana lainnya dan seorang musuh yaitu penjaga penjaranya. Dengan bermodalkan palu, ia menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk membuat sebuah terowongan, menutup lubang di sel penjaranya dengan poster Rita Hayworth. Namun, caranya memasang poster dari dalam terowongan masih menjadi tanda tanya.

    10. Inside Out


    Mengapa Joy tidak mengirimkan memori melalui tabung-tabung pengirim?

    Inside Out menggambarkan bagaimana cara kerja otak anak muda melalui emosi-emosi yang muncul dalam beberapa warna. Film ini mengisahkan perjalanan Joy (Amy Poehler) dan Sadness (Phyllis Smith) yang ingin mengembalikan memori utama gadis 11 tahun, Riley kembali ke pusat kontrol. Keduanya melihat pekerja yang mengirimkan memori melalui tabung memori di kepala Riley, tempat tujuan mereka. Joy memiliki ide untuk naik ke tabung tersebut, tetapi ia terlalu berat sehingga tabungnya tidak dapat bekerja. Pertanyaan kami: Mengapa Joy tidak mengirimkan memorinya saja melalui tabung tersebut?

    11. The Wizard of Oz


    Selama berpetualang, Dorothy benar-benar menggunakan sepatu hak tinggi?

    Meski ada manusia kaleng yang berbicara, orang-orangan sawah yang ingin memiliki otak, dan singa penakut yang berjalan dengan kaki belakangnya, kami tidak dapat berhenti bertanya-tanya tentang bagaiman Dorothy (Judy Garland) dapat berkelana dengan sepatu hak tinggi merah miliknya. Menyusuri hutan, berlari dari monyet terbang, berjalan di lading kota Emerald: kakinya pasti terasa sangat sakit. Untungnya, sandal tersebut memiliki kekuatan dan membantunya kembali ke Kansas dengan beberapa hentakan.

    12. Work It


    Quinn seketika menjadi penari hebat karena ia merasakan musiknya?

    Rilisan film orisinil Netflix terbaru, Work It mengisahkan sosok Quinn (Sabrina Carpenter), seorang perempuan yang tidak pernah menari seumur hidupnya tetapi ingin memenangkan kompetisi menari Work It. Ia tidak berhasil lolos menjadi anggota tim menari di sekolahnya sehingga ia membentuk timnya sendiri, Selama film berjalan, ia tampak sangat tidak menguasai kemampuan menari sebelum akhirnya ia merasakan musiknya ketika memberi label pada buku di rumah jompo tempatnya bekerja. Tentunya, timnya memenangkan kompetisi menari tersebut sebagai pendatang baru. Meski kami suka cerita seperti ini, Work It terkesan sedikit mengada-ada.

    (Penulis: James Barret; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US).










- RELATED ARTICLE -