• Kini Nominasi Best Picture di Oscar Harus Berisi Keberagaman

    Culture / Advertorial


    Kini Nominasi Best Picture di Oscar Harus Berisi Keberagaman

    Pihak Academy Awards telah mengumumkan cara baru sebagai solusi berkaitan dengan isu keberagaman.


    Academy of Motion Pictures and Science telah memberikan aturan dalam lembaga tersebut dengan harapan dapat menjadi solusi untuk mengatasi kurangnya unsur keberagaman dalam industri perfilman Hollywood. Dimulai pada 2024, sebuah film dapat menjadi nominasi dalam kategori Best Picture Piala Oscar, film tersebut harus memenuhi kriteria keberagaman yang baru diberlakukan.

    Sebuah film harus memenuhi dua kategori dari empat kategori untuk dapat masuk menjadi nominasi. Kategori tersebut meliputi keberagaman di dalam layar, di antara kru yang bertugas, di dalam studio, serta berbagai pelatihan yang dilakukan selama proses produksi dan penayangan. Aturan dibuat dan akan dijalankan dengan sangat ketat dalam setiap kategori sehingga aturan ini menjadi cara pihak Academy untuk merayakan keberagaman berbasis gender, orientasi seksual, ras, etnisitas, dan disabilitas.

    Hollywood, secara khusus Piala Oscar telah menerima berbagai kritik akibat kurangnya keberagaman dalam kategori-kategori penghargaan mereka sehingga pihak Academy berharap aturan ini dapat menjadi solusi.




    “Kesempatan ini harus diperluas untuk menggambarkan keberagaman masyarakat di dunia baik dalam kreasi film maupun audiens yang menikmati film tersebut,” David Rubin, Presiden Academy, serta CEO Dawn Hudson menyatakan melalui pernyataan resmi. “Kami percaya standar inklusivitas dapat menjadi perubahan yang besar dan penting dalam industri kami.”

    Langkah ini bukan kali pertama bagi pihak Academy untuk meningkatkan keberagaman. Pada bulan Juli, organisasi tersebut mengumumkan bahwa pihaknya akan mengundang 819 anggota baru untuk menjadi juri. Nama-nama tersebut meliputi Zendaya, Eva Longoria, Awkwafina, Cynthia Erivo, John David Washington, dan Constance Wu.

    Undangan meliputi 36 persen orang berkulit hitam dan cokelat serta 45 persen adalah perempuan. Anggota ini memiliki hak suara untuk acara penghargaan Academy Awards yang direncanakan tayang pada April 2021, tetapi peraturan baru terkait nominasi Best Pictures tidak akan berlaku sampai tahun 2024.


    Penulis: BAZAAR UK; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK).










- RELATED ARTICLE -