• Apakah Mungkin Mengecilkan Pori-Pori Besar Di Wajah?

    Beauty / Tips


    Apakah Mungkin Mengecilkan Pori-Pori Besar Di Wajah?
    (Foto Courtesy of Roman Samborskyi©123RF.com)

    Simak cara yang dapat dilakukan untuk mengecilkan pori-pori besar.


    Pori-pori besar memang menjadi masalah yang telah umum terjadi kepada hampir seluruh orang (terutama bagi Anda dengan tipe kulit berminyak). Namun jika Anda berpikir memiliki pori-pori besar sangat mengganggu dan merugikan, sebenarnya pori-pori ini memainkan peran penting dalam kesehatan kulit Anda. Mereka memiliki peranan untuk memberikan akses bagi sebum (yang merupakan minyak untuk membuat kulit Anda tetap terlumasi) untuk berpindah dari kelenjar minyak ke permukaan kulit Anda.


    Ukuran pori-pori sendiri ditentukan oleh faktor genetika. Ada sebagian orang yang terlahir memiliki pori-pori kecil sedangkan ada juga yang sebaliknya, pori-pori yang besar. Selain itu, tidak ada cara untuk mengubah ukuran pori Anda secara permanen. Namun jangan bersedih dahulu, meski Anda tidak dapat mengecilkan pori-pori yang besar, Anda bisa menyiasatinya agar tampak lebih kecil. 





    Berikut telah Bazaar ringkas cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan pori-pori:

    1. Memilih produk yang berbahan dasar air

    Jika Anda adalah seseorang dengan tipe kulit berminyak, maka Anda harus memastikan bahwa produk kecantikan yang Anda gunakan berbahan dasar air. Menggunakan produk berbahan dasar air dapat mencegah minyak berlebih masuk ke pori-pori.


    2. Cuci wajah dua kali dalam sehari

    Pori-pori yang tersumbat dapat membuat pori-pori tampak lebih besar. Oleh sebab itu, membersihkan wajah dua kali sehari dapat membantu membuka dan mencega pori-pori yang tersumbat dan mengurangi tampilan kulit berminyak. 


    3. Rajin eksfoliasi

    Seseorang dengan tipe kulit berminyak harus rajin melakukan eksfoliasi, setidaknya satu hingga dua kali dalam satu minggu. Eksfoliasi dapat membantu menghilangkan kotoran dari pori-pori. Selain itu, dianjurkan juga untuk memilih produk eksfoliasi yang mengandung asam salisilat, yang merupakan asam alami yang dapat membantu mengeluarkan kotoran dari pori-pori.





    4. Gunakan toner secara rutin, setiap hari!

    Tahukan Anda jika salah satu kegunaan toner, selain membersihkan kembali sisa-sisa kotoran di wajah, khasiatnya juga mampu membantu mengecilkan pori-pori wajah. Sebab beberapa toner juga dirancang untuk menghaluskan tekstur wajah, sehingga secara otomatis juga turut memperkecil pori-pori.


    5. Selalu lindungi wajah dengan tabir surya setiap saat

    Semakin sering terpapar sinar matahari, maka ini akan membuka peluang kulit Anda untuk semakin rusak dan berkurang kekencangannya. Saat kulit mulai kehilangan kekencangannya, maka pori-pori juga akan terlihat lebih besar. 

    Mengaplikasikan tabir surya dengan minimal SPF 30 atau lebih tinggi terbukti mampu membantu mencegah kulit rusak akibat paparan sinar matahari. Untuk melindungi kulit, biasakan untuk selalu gunakan tabir surya setiap hari, walaupun saat cuaca hujan atau mendung di luar. 


    Baca juga Simak Penyebab Anda Memiliki Pori-Pori Wajah yang Besar 

    Baca juga Rekomendasi Skincare yang Dapat Kecilkan Pori-Pori Besar

    Baca juga Samarkan Pori-Pori Besar dengan Sederet Produk Makeup Ini! 


    (Foto: Courtesy of Roman Samborskyi©123RF.com, Instagram @thebestofbeauty101)









- RELATED ARTICLE -