Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

Prince Harry Membayar Lunas Renovasi Frogmore Cottage

Perwakilan dari Keluarga Sussex mengonfirmasi kepada BAZAAR bahwa Pangeran Harry baru saja melunasi biaya renovasi sebesar 45 miliar rupiah.

Prince Harry Membayar Lunas Renovasi Frogmore Cottage

Ketika keluarga Sussex mengumumkan pengunduran diri mereka sebagai anggota keluarga aktif di kerajaan pada awal tahun ini, keduanya menegaskan bahwa mereka juga ingin memenuhi kebutuhan finansial secara mandiri tanpa bantuan dari Kerajaan.

Kini, setelah kepergian mereka pada tanggal 31 Maret, Pangeran Harry dan Meghan Markle berhasil mencapai keinginan tersebut dengan membayar lunas biaya renovasi Frogmore Cottage menjadi rumah bagi keluarganya sebesar 3,1 juta dolar Amerika Serikat atau setara dengan 45 miliar rupiah.

Seorang perwakilan dari pasangan tersebut berbagi kepada BAZAAR.com, “Kontribusi yang diberikan, seperti yang ditawarkan oleh Pangeran Harry, telah memenuhi keseluruhan biaya renovasi dari Frogmore Cottage, sebuah properti milik Ratu Elizabeth II dan akan tetap menjadi kediaman Pangeran Harry dan keluarganya.

Istana Buckingham juga mengonfirmasi bahwa biaya renovasi telah dilunasi kepada Sovereign Grant, lembaga keuangan dan pajak milik pemerintah Inggris yang mendanai keluarga kerajaan dan keperluan pekerjaannya.

“Tidak pernah ada keharusan atau permintaan dari kerajaan untuk mengembalikan biaya tersebut tetapi, penting bagi mereka untuk melakukan hal tersebut dan alasan kuat mereka untuk bersikap proaktif mengembalikan biaya renovasi setelah kepindahan mereka,” ungkap sumber yang dekat dengan pasangan Sussex tersebut. Meski pelunasan dapat dicicil, Pangeran Harry memilih untuk membayarnya dengan lunas.

Biaya 45 miliar rupiah ini digunakan pada tahun 2018 untuk melakukan renovasi Frogmore Cottage menjadi rumah yang layak untuk ditempati keluarga, setelah sebelumnya telah diubah menjadi apartemen untuk para karyawan beberapa dekade lalu. Seluruh perubahaan interior, termasuk dekorasi rumah telah dibiayai sendiri oleh keduanya.

Dengan pembayaran yang dilakukan Pangeran Harry, hal itu menjadi tanda bahwa keluarga Sussex resmi memenuhi kebutuhan finansial secara mandiri. Meski Pangeran Charles sempat menawarkan bantuan kepada putranya, sumber berbeda mengatakan kepada BAZAAR.com bahwa pasangan tersebut tidak akan menerima apapun dari Pangeran Charles. “Mereka ingin benar-benar hidup mandiri.”



Minggu lalu, pasangan Sussex – yang baru menempati rumah seharga 216 miliar rupiah di Santa Barbara, California musim panas ini – telah menandatangani kontrak kerjasam dengan Netflix. Produksi Harry dan Meghan yang hingga kini belum memiliki nama akan menghadirkan berbagai karya termasuk film dokumenter, film panjang, acara televisi, dan program khusus anak-anak.

“Hidup kami, baik independen satu sama lain dan sebagai pasangan telah membuat paham akan kekuatan manusia: keberanian, daya juang, dan kebutuhan untuk menjalin relasi,” ungkap pasangan ini. “Melalui pekerjaan kami dengan berbagai komunitas dan lingkungan, menunjukkan jalan untuk banyak orang dan berbagai isu di seluruh dunia. Fokus kami dalam berkarya tidak hanya menjadi sumber informasi, namun juga secercah harapan.”

(Penulis: Omid Scobie; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: Courtesy of BAZAAR US)