• Konsumsi 11 Makanan Ini untuk Memperkuat Rambut Anda

    Beauty / News


    Konsumsi 11 Makanan Ini untuk Memperkuat Rambut Anda

    Seorang ahli diet merekomendasikan sederet makanan ini untuk ditambahkan ke dalam daftar belanja Anda.


    Entah Anda ingin mencegah rambut rontok atau mendukung rambut Anda agar lebih sehat dan berkilau, seringkali Anda mungkin merasa perlu mengeluarkan sedikit uang yang lebih banyak untuk produk dan perawatan rambut yang mahal.


    Namun, nutrisi yang baik itu sama pentingnya. Makan makanan seimbang yang tinggi vitamin dan nutrisi sangat penting untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut, kulit dan kuku.




     

    Kami berbicara dengan ahli diet Dr Carrie Ruxton tentang makanan terbaik untuk membuat rambut Anda lebih tebal, kuat dan berkilau, apa pun cuacanya, dan berikut adalah tips yang Dr Carrie bagikan:


    1. Untuk membantu menumbuhkan rambut: konsumsi produk olahan susu

    Keju jenis cottage dan yoghurt adalah dua produk yang bagus dan mudah untuk memasukkan protein penting seperti kasein dan whey ke dalam makanan Anda. Karena rambut sebagian besar terdiri dari protein, maka makronutrien ini sangat penting untuk pertumbuhan dan kekuatan.


    "Protein dari produk olahan susu jika dilihat dari nilai biologisnya mengandung semua asam amino (protein pembangun) yang baik dan dibutuhkan tubuh manusia," kata Dr Carrie.


    2. Untuk mengatasi masalah rambut rontoh: konsumsi minyak ikan

    Varietas berminyak (seperti salmon dan mackerel) mengandung asam lemak seperti omega-3, yang dapat membantu memperlambat kerontokan rambut. Ikan juga mengandung suplai zat besi dan vitamin B12 yang mengesankan, yang penting untuk kesehatan rambut (dan kulit juga): zat besi akan disimpan di folikel rambut Anda dan digunakan untuk berbagai proses penting dalam tubuh - mulai dari pembuatan hemoglobin, zat dalam sel darah merah yang mengangkut oksigen, serta untuk mendukung sistem kekebalan. Dan, jika tubuh kekurangan zat besi, simpanan ini juga akan digunakan oleh sel lain.


    "Wanita dan perempuan sering kekurangan zat besi. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan penyerapan Anda juga dapat minum segelas jus jeruk murni sebagai makanan utama di hari itu," kata Dr Carrie.

     

    3. Untuk mempertebal rambut: konsumsi biji-bijian

    Biji-bijian, dari roti hingga sereal, mengandung zat zinc, vitamin B, dan zat besi. Zinc adalah kunci kesehatan rambut karena dapat digunakan untuk mengatur hormon yang berdampak langsung pada ketebalan dan pertumbuhan rambut Anda.


    "Sebuah studi laboratorium menemukan bahwa konstituen millet (atau sereal gandum utuh) dapat merangsang pertumbuhan sel rambut meskipun hal ini perlu diuji dengan lebih lanjut pada subjek manusia," kata Dr Carrie.


    4. Untuk melawan ketombe: konsumsi kacang 

    Penuh dengan selenium, mineral penting ini juga dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala Anda, kacang-kacangan dapat membantu mengurangi kemungkinan kekeringan. "Zinc juga telah terbukti membantu mengatasi masalah ketombe, jadi ini dapat menjadi alasan bagus lainnya untuk membiasakan diri mengonsumsi ikan dua kali seminggu," kata Dr Carrie.


    5. Untuk membuat rambut tampak lebih berkilau: konsumsi wortel

    Terkenal karena perannya yang mampu menjaga kesehatan mata, rupanya wortel juga dapat membantu menciptakan rambut yang lebih berkilay. Berkat kandungan vitamin A-nya, sayuran ini dapat membantu Anda meraih tampilan rambut yang lebih berkilau, menjaga kadar minyak alami di rambut dan menjaga kulit kepala Anda tetap dalam kondisi prima.


    "Makanan yang kaya vitamin A, nutrisi, dan karotenoid juga dapat membantu melindungi rambut dan kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari," kata Dr Carrie. "Contoh lain makanan yang mengandung vitamin A adalah paprika merah dan kuning, jeruk, tomat, aprikot, dan bayam."



    6. Untuk mengatasi masalah kekeringan: konsumsi sayuran hijau berwarna gelap

    Sayuran hijau berwarna gelap seperti bayam dan brokoli mengandung vitamin A dan C. Dan ini adalah nutrisi penting untuk rambut Anda karena membantu memproduksi minyak alami seperti sebum, yang berfungsi sebagai kondisioner alami. "Minyak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, dan biji rami juga dapat membantu," saran Dr Carrie.


    7. Untuk mengobati penyakit brittle strands: konsumsi unggas 

    Kekurangan protein bisa menjadi masalah besar bagi rambut, hal ini dapat menyebabkan helai rambut Anda rapuh dan, dalam kasus kronis atau ekstrim, kehilangan warna. "Ayam, kalkun, dan telur mengandung banyak protein serta vitamin B yang dapat bekerja pemeliharaan folikel rambut Anda," kata Dr Carrie.


    8. Untuk kesehatan rambut secara keseluruhan: konsumsi daging sapi

    Daging sapi adalah salah satu jenis daging yang kaya akan zinc yang merupakan mineral penting karena sifat antioksidannya dan perannya dalam perawatan rambut yang sehat. Daging domba dan tiram juga merupakan jenis daging yang baik yang juga direkomendasikan.


    "Seiring berjalannya waktu, asupan daging merah menurun drastis terutama pada kaum wanita, karena klaim yang tidak berdasar tentang efek kesehatannya," kata Dr Carrie. "Tapi sebenarnya hal ini tidak ada hubungannya dan bahwa tidak apa-apa untuk makan hingga 500 gram daging merah tanpa lemak dalam seminggu."


    9. Untuk memelihara rambut: konsumsi pisang

    Kekurangan vitamin B6 terbukti berkaitan dengan penipisan dan kerontokan rambut, karena vitamin B penting untuk membantu tubuh menyerap nutrisi dari makanan. Ketersediaan vitamin ini juga berpengaruh pada produksi sel darah merah, yang dapat membantu memelihara folikel rambut Anda. "Daging babi, kacang kedelai, dan hati domba juga merupakan sumber vitamin B6 lain yang baik untuk tubuh," kata Dr Carrie.


    10. Untuk menciptakan rambut yang lebih lebat: konsumsi telur 

    Vitamin, biotin (yang juga disebut vitamin B7) telah ditemukan bermanfaat untuk menciptakan rambut yang lebih sehat dan lebih lebat, karena ini merupakan kandungan yang penting untuk struktur sel rambut.


    "Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2016 menemukan bahwa 4 dari 10 wanita yang mengeluhkan rambut rontok memiliki tingkat biotin yang rendah dalam tubuh mereka," kata Dr Carrie. "Sumber biotin yang baik termasuk kuning telur, hati, kacang-kacangan dan biji-bijian."


    11. Untuk meningkatkan sirkulasi: konsumsi kayu manis

    Bumbu super yang memiliki berbagai manfaat kesehatan ini telah terbukti dapat meningkatkan sirkulasi dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, kayu manis juga dapat memelihara kesehatan rambut karena membantu mengantarkan oksigen dan nutrisi ke folikel rambut Anda. Tamabahkan satu sendok teh kayu manis pada bubur, smoothie atau kopi Anda setiap hari.


    (Penulis:Rhalou Allerhand & Dr Roger Henderson; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)











- RELATED ARTICLE -