• Selebriti Wajib Taati 40 Aturan Bertemu Keluarga Kerajaan

    Culture / Tips


    Selebriti Wajib Taati 40 Aturan Bertemu Keluarga Kerajaan

    Aturan ini juga berlaku untuk Beyoncé.


    Ketika para selebriti bertemu dengan anggota keluarga Kerajaan Inggris, mereka wajib menaati protokol kerajaan yang sama dengan kita semua. Mulai dari cara merespons undangan dari Sang Ratu hingga pakaian yang wajib dikenakan ketika bertemu, kami membagikan hal-hal yang wajib dilakukan para selebriti ketika menghadiri acara kerajaan.

    1. Anda akan diberikan panduan sebelum bertemu dengan anggota kerajaan





    Aktor pemeran film The Lion King, Billy Eichner mengungkapkan bahwa ia mendapatkan email berisikan panduan yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika bertemu dengan keluarga kerajaan, termasuk cara memanggil mereka.

    2. Mengikuti protokol adalah kewajiban


    Setiap keluarga kerajaan memiliki tim yang membantu mereka dalam menyusun rangkaian acara dan jadwal yang padat. Tentu bukan hal yang mudah dilakukan sehingga protokol menjadi sesuatu yang wajib dilakukan.

    3. Dilarang melanggar dengan petugas keamanan


    Protokol diberlakukan untuk alasan keamanan. Petugas keamanan keluarga kerajaan memiliki tanggung jawab yang besar sehingga lebih baik Anda menghargai petugas keamanan ketika Anda sedang bertemu anggota keluarga kerajaan.

    4. Hadir lebih awal


    Dalam protokol disebutkan bahwa Ratu Elizabeth II harus menjadi orang terakhir yang hadir dalam acara kerajaan. Faktanya, pada pernikahan Meghan dan Harry, Sang Ratu tiba lima menit sebelum mempelai wanita masuk.

    5. Jangan pernah menyentuh anggota keluarga kerajaan

    Meski perbincangan Anda semakin hangat, Anda tetap melanggar protokol ketika menyentuh anggota keluarga kerajaan tanpa izin. Jennifer Lopez tampak tidak menyadari bahwa dirinya melanggar peraturan ketika bertemu dengan William dan Kate saat kunjungan mereka ke California pada 2011 lalu.

    6. Jika anggota keluarga yang memulai kontak, tidak masalah

    Pada penerapannya, protokol kerajaan bergantung pada apa yang dilakukan anggota kerajaan, termasuk kontak fisik. Jika anggota kerajaan yang memberi gestur, para tamu diperbolehkan untuk memberi respon yang sama.

    7. Jika Anda ragu, mulailah dengan menjabat tangan


    Jabatan tangan adalah bentuk sapaan standar yang dilakukan antara selebriti dan anggota kerajaan. Menurut laman resmi keluarga kerajaan, tidak ada cara khusus ketika bertemu dengan sang Ratu atau anggota dari keluarga kerajaan, tetapi banyak orang memilih untuk menjabat tangan.

    8. Lakukan sesuai dengan apa yang dilakukan anggota kerajaan


    Jika selebriti bertemu dengan anggota kerajaan beberapa kali menjadi kesempatan untuk melonggarkan protokol dan mereka akan memberikan pelukan atau kecupan di pipi. Namun, anggota keluarga kerajaan yang harus menginisiasi gestur tersebut.

    9. Jangan berbicara sebelum Anda diajak berbicara

    Menurut protokol kerajaan, Anda tidak diperkenankan untuk berbicara dengan anggota kerajaan hingga Anda berjabat tangan. Biasanya, mereka akan menyapa lebih dahulu.

    10. Jangan memanggil mereka dengan nama sebenarnya


    Keluarga kerajaan harus dipanggil dengan sebutan Yang Mulia di awal dan kemudian dengan sebutan formal di sela-sela percakapan.

    11. Nama panggilan sangat dilarang


    Betul, kita tahu bahwa seluruh anggota keluarga kerajaan memiliki nama panggilan satu sama lain, seperti Pangeran Philip memanggil sang Ratu, ‘Cabbage’, tetapi selebriti yang memanggil dengan nama panggilan adalah pelanggaran terhadap peraturan yang berlaku. Beyoncé dianggap melanggar protokol ketika memanggil Meghan Markle dengan sebutan, ‘My Daughter’ sangat menghadiri malam penayangan The Lion King, sedangkan Allison Janey sempat memanggil Kate Middleton dengan sebutan ‘sayang’ pada pesta BAFTA.

    12. Anda tidak perlu membungkukkan badan


    Meski banyak yang melakukan tradisi ini, protokol kerajaan tidak mengharuskan perempuan untuk membungkukkan badan ketika bertemu dengan anggota keluarga kerajaan.

    13. Namun, Anda wajib membungkukkan badan ketika bertemu Sang Ratu


    Untuk menunjukkan rasa hormat kepada posisi Sang Ratu sebagai pemimpin tertinggi, membungkukkan badan menjadi salah satu cara yang umum. Anggota keluarga kerajaan yang lain pun wajib membungkukkan badan ketika bertemu dengan Sang Ratu. Angelina Jolie tidak memiliki masalah mengikuti aturan ini ketika menghadiri undangan Ratu Elizabeth II ke Istana Buckingham pada tahun 2014.

    14. Tamu lain harus berdiri di belakang tamu undangan


    Undangan yang dipilih untuk bertemu dengan keluarga kerajaan sudah direncanakan dengan matang dan terkadang tidak ada kesempatan bagi tamu tambahan untuk bercengkrama dengan anggota kerajaan. Untuk itu, tamu tambahan harus berdiri di belakang selebriti yang diundang ke acara tersebut.

    15. Tamu lain dipersilakan untuk berbicara jika anggota kerajaan berbicara kepada mereka


    Namun, tamu tambahan tidak masuk dalam daftar prioritas ketika menghadiri acara kerajaan atau kunjungan kerajaan. Mereka hanya dipersilakan berbicara ketika anggota kerajaan menginisiasi perbincangan.

    16. Asisten keluarga kerajaan akan memulai perkenalan


    Seorang asisten kerajaan akan memberikan informasi tentang diri Anda, peran Anda, dan berbagai prestasi yang sudah Anda lakukan. Mungkin Anda dapat berharap, Anda tidak diminta memerankan anggota keluarga kerajaan seperti yang terjadi kepada aktor The Crown, Matt Smith ketika bertemu dengan Pangeran William.

    17. Rasa gugup bukanlah masalah

    Billy mengungkapkan bahwa aturan-aturan yang harus ditaati ketika bertemu dengan Harry dan Meghan sangat intens dan ia mengaku sulit untuk memahami protokol yang berlaku. “Saya sangat gugup, meski mereka sangat, sangat baik dan rendah hati,” ungkap sang komedian ketika menghadiri acara Jimmy Kimmel Live.

    18. Faktanya, rasa gugup seakan-akan menjadi sebuah peraturan

    Beyoncé pun dikabarkan merasa gugup ketika bertemu dengan Meghan. Keluarga kerajaan selalu bertemu dengan orang-orang yang berusaha mengikuti protokol dan mengontrol rasa gugup mereka sehingga mereka sangat terbiasa.

    19. Jaga postur tubuh Anda


    Menurut jurnalis kerajaan dari CNN, Victoria Arbiter, anggota kerajaan tidak akan mempermasalahkan kesalahan yang Anda lakukan. “Kesalahan Anda memberikan sesuatu untuk mereka nikmati dan ceritakan kepada anggota keluarga lainnya,” ungkap Victoria. Namun, ada batas antara mengontrol rasa gugup dan berperilaku tidak sopan. Anda harus berusaha menjaga sikap datar sehingga Anda tidak membuat anggota kerajaan mengira bahwa Anda mengejek mereka.

    20. Terdapat beberapa kata dan frasa untuk dihindari


    Keluarga kerajaan memiliki berbagai istilah yang tidak mereka gunakan seperti istilah bathroom dan toilet selalu disebut dengan lavatory. Namun hal ini bukanlah keharusan, tetapi lebih baik jika Anda menyebutkan dengan sebutan yang biasa digunakan oleh pihak kerajaan.

    21. Anda wajib berdiri ketika Sang Ratu berdiri


    Jika Anda berada dalam satu ruangan dengan Sang Ratu, Anda wajib mengikuti apa yang dilakukan Sang Ratu. Ketika ia berdiri, Anda juga harus berdiri.

    22. Dilarang membelakangi Sang Ratu

    Perilaku ini dianggap kasar dan protokol kerajaan melarang keras. Kami rasa peraturan ini menyebabkan beberapa hal yang menarik pada masanya.

    23. Anda dilarang pergi sebelum anggota keluarga kerajaan keluar


    Anda tidak diperkenankan menghadiri sebuah acara untuk bertemu dengan anggota keluarga kerajaan dan langsung meninggalkan acara. Tamu undangan diharuskan untuk mengikuti rangkaian acara, kecuali dipersilakan oleh Sang Ratu atau anggota keluarga.

    24. Jangan selfie dengan anggota keluarga kerajaan


    Untuk alasan keamanan, keluarga kerajaan tidak diperkenankan berfoto dengan penggemar – termasuk para selebriti.

    25. Dilarang meminta tanda tangan anggota kerajaan

    Anda tidak diperkenankan untuk meminta tanda tangan dari anggota kerajaan. Peraturan dibuat untuk menghindari pemalsuan tanda tangan.

    26. Hadir dengan penampilan yang cenderung konservatif


    Meski aturan tertulis dengan pakaian yang harus akan kenakan ketika menemui anggota kerajaan, tetapi Anda dianjurkan mengenakan busana yang cenderung konservatif – sesuatu yang tidak dilakukan oleh Marilyn Monroe ketika bertemu dengan Sang Ratu pada 1956. Namun, Beyoncé mengikuti peraturan tersebut dan tampil dengan gaya yang cerdas ketika bertemu Harry dan Meghan saat pemutaran perdana The Lion King.

    27. Aturan berpakaian juga berlaku untuk jurnalis 


    Keluarga kerajaan kerap bertemu dengan para jurnalis kerajaan dan mengetahui busana yang wajib merekan kenakan. Ketika William dan Kate berkunjung ke Los Angeles, mereka membagikan kode pakaian kepada jurnalis Amerika. Celana jins dan celana olahraga tidak diperkenankan.

    28. Dilarang mengenakan pakaian dengan warna cerah


    Warna-warna cerah hanya boleh dikenakan oleh Sang Ratu sehingga ia dapat tampil di tengah keramaian. Dalam hal ini, Sang Ratu lebih baik mengenakan busana yang mengalahkan apa yang dikenakan Lady Gaga (meski ia mengenakan kostum untuk penampilannya).

    29. Kenakan celana panjang


    Semua perempuan di keluarga kerajaan wajib mengenakan celana ketat sehingga menutupi kaki. Meski tidak wajib, para selebriti dihimbau untuk melakukan hal yang sama.

    30. Pernikahan anggota keluarga kerajaan juga memiliki aturan berpakaian 


    Jika Anda beruntung mendapatkan undangan untuk menghadiri pernikahan anggota kerajaan, tinggalkan busana yang ekstra untuk menghadiri Met Gala. Ketika menghadiri pesta pernikahan, Anda diharuskan mengenakan gaun tradisional dengan warna berani dan corak yang sederhana – dipadukan dengan topi atau hiasan kepala.

    31. Anda tidak diperkenankan menolak undangan kerajaan (kecuali Anda memiliki alasan tertentu)


    Jika Anda memiliki keperluan yang penting dan mendesak, alasan Anda dapat diterima, tetapi berhati-hati karena penolakan dapat dianggap sebagai hal yang tidak baik. Ketika aktris, Helen Mirren tidak menghadiri undangan ke Istana Buckingham akibat proses syuting yang harus ia jalani, penolakannya menjadi berita nasional.

    32. Anda harus mengonfirmasi kehadiran Anda ke Istana Buckingham sebanyak dua kali

    Undangan ke Istana Buckingham adalah salah satu kehormatan terbesar bagi seorang selebriti (dan semua orang). Menurut aktor, Kunal Nayyar, yang mengunjungi istana pada 2017, Anda akan menerima undangan melalui email dan kemudian dikirimkan undangan resmi yang keduanya wajib Anda balas.

    33. Protokol kerajaan tetap berlaku di dalam Istana.


    Jika Anda duduk di samping Ratu saat perjamuan malam, Anda wajib mengikuti arahannya dan menunggu hingga ia mulai berbincang dengan Anda. 

    34. Perhatikan tata cara makan Anda


    Tata cara makan yang baik menjadi hal yang esensial ketika bersantap bersama dengan keluarga kerajaan. Jenis garpu yang digunakan pada setiap hidangan? Apakah gelas tersebut milik Anda atau orang yang duduk di samping Anda? Hal-hal ini wajib Anda perhatikan sebelum menghadiri acara kerajaan.

    35. Tetap menjaga kontak mata setiap saat


    Menjaga kontak mata dengan anggota kerajaan ketika mereka berbicara adalah bentuk hormat dan para selebritas harus melakukan hal yang sama. Banyak orang kemudian diingatkan tentang peraturan ini setelah Anna Wintour tampak berbincang bersama Sang Ratu, mengenakan kacamata hitam – gestur yang dianggap pelanggaran besar terhadap protokol.

    36. Jangan terkejut bila Anda bertemu dengan asisten Ratu 

    Sang Ratu memiliki asisten perempuan yang menemaninya selama acara kerajaan sehingga ia akan bersama dengan para selebriti ketika mereka tengah berbincang dengan Yang Mulia.

    37. Beri jalan kepada keluarga kerajaan ketika menghadiri BAFTA


    Pangeran William dan Kate Middleton, sebagai pemimpin dari British Film Academy, akan menghadiri acara penghargaan tersebut setiap tahun yang menjadi kesempatan mereka untuk bercengkrama dengan para aktor dan aktris. Mereka adalah tamu penting dalam acara ini sehingga semua mata harus tertuju pada kedua anggota kerajaan ketika mereka berjalan di karpet merah.

    38. Anda tidak boleh terlambat ketika menghadiri BAFTA


    Pangeran William dan Kate Middleton adalah dua orang yang dapat membuat semua tamu undangan berdiri menyambutnya. Sesuai protokol yang berlaku, pasangan kerajaan ini harus menjadi dua orang yang terakhir datang dan semua undangan wajib berdiri ketika mereka memasuki ruangan.

    39. Anda tidak diperkenankan mengambil foto untuk pribadi


    Hal ini perlu diperhatikan ketika Anda mengunjungi Istana Buckingham atau menghadiri pesta pernikahan anggota keluarga kerajaan. Fotografer profesional pun memiliki larangan terkait foto yang mereka tangkap untuk menghindari foto-foto yang tidak diperkenankan.

    40. Anda tidak diperkenankan untuk memasuki beberapa ruangan di Istana


    Meski sudah banyak dipahami, tetapi mengelilingi Istana Buckingham ketika berkunjung adalah kesalahan besar. Walaupun menarik, tetapi Anda dapat ditegur karena hal tersebut.


    (Penulis: Charlotte Chilton; Alih Bahasa: Vanessa Masli; Artikel ini disadur dari BAZAAR UK; Foto: Courtesy of BAZAAR UK)










- RELATED ARTICLE -