• Fakta-Fakta Menarik Seputar Road Trip di Masa Sekarang

    Culture / Tips


    Fakta-Fakta Menarik Seputar Road Trip di Masa Sekarang

    Selalu ada alasan dan jalan untuk berkelana.


    Mungkin Anda sudah kehabisan ide untuk menikmati akhir pekan. Pusat perbelanjaan bukan lagi menjadi pilihan utama, tetapi hiburan menjadi kebutuhan setiap waktu. Namun, ketika ingin berpergian ke tempat yang lebih jauh, Anda perlu memikirkan matang-matang sebelum duduk di kursi pesawat dan berangkat. Mulai dari protokol kesehatan yang wajib dipatuhi hingga rasa panik yang menjalar hati ketika berada di dekat orang banyak, mungkin berwisata belum benar-benar terasa menyenangkan saat ini.

    Namun, apakah Anda tertarik untuk berkelana tanpa terbang? Mungkin mobil pribadi yang kerap Anda simpan di garasi rumah ketika berlibur, kini Anda jadikan kawan untuk berwisata. Kali ini, Bazaar akan bagikan fakta-fakta menarik seputar road trip, cara pelesir yang mungkin dapat membuat Anda lebih bahagia.

    1. Anda dapat tentukan waktu sendiri

    Dengan berkendara, Anda dapat bebas memilih waktu berangkat ke tempat tujuan maupun ketika Anda memutuskan untuk menyudahi waktu liburan Anda. Ketika berangkat dengan pesawat atau kereta, seolah-olah berpacu dengan waktu ketika Anda ingin menikmati hari dengan lebih santai.




    2. Solusi bagi Anda yang mudah panik ketika naik pesawat 

    Mobil dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda. Meski durasi perjalanan menjadi lebih singkat, menaiki pesawat selalu menjadi pengalaman yang cukup menegangkan bagi beberapa orang. Sedangkan, ketika Anda mengendarai mobil, Anda memegang kendali sehingga terasa lebih aman dan tentunya, Anda boleh membawa barang-barang Anda tanpa memikirkan batas berat bagasi mobil Anda.

    3. Waktu untuk relaksasi dan refleksi diri 

    Jika Anda memutuskan untuk melepas penat sendiri, solo roadtrip dapat menjadi pilihan yang cocok. Perjalanan dua jam ke Bandung atau petualangan 16 jam ke Pulau Dewata, waktu perjalanan dapat menjadi saat yang tepat untuk menenangkan diri, lepas dari kepenatan dan menempatkan fokus pada diri sendiri.

    4. Mengunjungi tempat-tempat yang ‘tersembunyi’ 

    Ketika Anda terbang, dunia seolah mengecil dan lama-lama tertutup awan. Namun, ketika Anda memegang setir, dunia seakan-akan membuka diri dengan berbagai tempat yang mungkin hanya Anda temukan bila Anda mengendarai boleh. Mulai dari tempat peristirahatan dengan pematang sawah menghiasi mata hingga kota-kota kecil yang memberi makna, perjalanan darat Anda berhasil menunjukkan tempat-tempat yang tidak terlihat di atas langit.

    5. Mendengarkan musik tanpa perlu diam-diam 

    Mungkin sepasang earphone atau headphone menjadi keperluan traveling yang tidak pernah tertinggal, kawan setia yang tidak berhenti mendendangkan lantunan favorit Anda. Namun, tidak ada rasa yang lebih melegakan daripada mendengarkan lagu favorit Anda di mobil dengan volume paling kencang tanpa ada puluhan pasang mata yang menatap.

    6. Banyak mempelajari hal-hal baru 

    Perbincangan dengan penjual kopi yang Anda beli di tengah perjalanan atau bertemu dengan teman baru ketika mengunjungi sebuah toko kerajinan tangan, perjalanan Anda akan menghadirkan beragam hal baru yang Anda pelajari. Mulai dari orang baru hingga keahlian baru, road trip dapat memberikan pengalaman itu bagi Anda. Namun untuk masa pandemi seperti sekarang baiknya Anda batasi untuk berada pada tempat yang berkerumun.


    7. Memudahkan Anda dalam memutuskan sesuatu

    Dengan perjalanan darat, Anda akan lebih fokus pada hal-hal yang Anda butuhkan dan inginkan sehingga lebih mudah untuk memutuskan sesuatu ketika Anda kembali menjalani rutinitas. Road trip membuat Anda tidak terlalu terpaku pada kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, tetapi mendorong Anda untuk memilih, menjalani pilihan tersebut, dan belajar dari pilihan tersebut.

    8. Anda lebih mengenal teman perjalanan Anda 

    Traveling menjadi salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengenal kepribadian seseorang, baik pasangan, rekan ataupun anggota keluarga. Namun, perjalanan darat dengan jarak yang lebih jauh dan waktu lebih lama, Anda mendapatkan waktu untuk menjalin hubungan lebih dekat dengan teman perjalanan Anda. Selain itu, perjalanan jauh seperti ini dapat membuka sisi baru dari teman perjalanan Anda yang tidak pernah Anda ketahui, begitu juga sebaliknya.

    Pelesir di masa pandemi ini dapat menjadi kesempatan bagi Anda untuk kembali mendekatkan diri dengan keluarga. Dengan berbagai kesibukan yang dilakukan di luar rumah, akhir pekan menjadi satu-satunya waktu untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan kini, waktu seolah-olah memberi kesempatan bagi Anda dan keluarga untuk menghabiskan waktu dan mengenal lebih dalam satu sama lain, terutama dengan berbagai kehidupan yang dijalani satu sama lain dan belum sempat saling berbagi.

    9. Anda juga lebih mengenal diri Anda 

    Ketika Anda pertama kali melakukan road trip, banyak hal yang perlu dilakukan dari masa persiapan hingga Anda kembali pulang dan banyak kemungkinan selama perjalanan ada kendala atau masalah yang harus Anda atasi. Saat itu, Anda tidak hanya menambah keahlian dalam menyelesaikan masalah, tetapi juga mengenal sisi lain diri yang tidak pernah Anda kenali selama menjalani rutinitas belajar maupun bekerja.

    10. Gudang inspirasi

    Hiburan dan liburan menjadi dua hal yang esensial bagi kehidupan semua orang karena menjalani keduanya adalah cara Anda kembali memenuhi hal-hal yang tidak dapat Anda penuhi dalam keseharian. Anda mengerahkan seluruh perhatian pada keinginan Anda untuk bereksplorasi, belajar, berkenalan, dan kemudian menemukan inspirasi yang dapat diaplikasikan dalam karya-karya maupun keseharian Anda.


    11. Meningkatkan rasa percaya diri

    Setelah Anda berkelana dan berlibur dengan berbagai pengalaman yang Anda rasakan selama perjalanan, dapat meningkatkan rasa percaya diri Anda dalam melakukan sesuatu. Dengan fisik yang lebih rileks dan pikiran yang lebih tenang, Anda kembali dengan semangat dan cara pandang yang baru sehingga realitas yang biasa Anda jalani menjadi tantangan yang memotivasi Anda untuk lebih berani dan percaya diri.

    12. Ratusan memori yang terbingkai

    Berapa kali Anda menyempatkan diri untuk berfoto di dalam kabin pesawat? Mungkin dapat dihitung dengan jari karena kabin pesawat menjadi salah satu tempat bagi Anda untuk mengisi tenaga sebelum berwisata di tempat tujuan. Namun dengan perjalanan yang Anda tempuh di darat, membawa Anda ke berbagai tempat belum pernah dikunjungi sebelumnya, dan menghiasi mata Anda dengan beragam pemandangan menjadi alasan kuat untuk berhenti sejenak dan berfoto. Pastinya, galeri Anda akan lebih ramai daripada sebelum-sebelumnya.

    Selain fakta di atas, jika Anda merencanakan untuk melakukan road trip di masa pandemi seperti sekarang, ada baiknya untuk menyimak tip berikut:

    1. Riset dan reservasi 

    Namun, di masa pandemi seperti ini, perjalanan tanpa persiapan bukanlah pilihan yang tepat sehingga sebelum memulai perjalanan, Anda lakukan riset terkait peraturan dan protokol kesehatan yang diterapkan pada lokasi-lokasi wisata yang akan Anda kunjungi, lalu melakukan pengecekkan dan reservasi ke tempat penginapan Anda, karena beberapa hotel membatasi jumlah tamu yang menginap sebagai salah satu penerapan protokol kesehatan.

    2. Menjaga kebersihan diri 

    Kebersihan menjadi elemen penting dalam keseharian dan prioritas yang wajib Anda utamakan. Mulai dari melengkapi barang bawaan Anda dengan pembersih tangan, memakai masker wajah ketika berada di tempat umum, mencuci tangan setiap waktu, dan menjalani protokol kesehatan yang sudah diterapkan di setiap tempat wisata.

    Sedikit tip, Anda dapat membawa krim tangan sebagai salah satu esensial yang Anda gunakan setelah membersihkan tangan dengan pembersih atau setelah mencuci tangan sehingga terjaga kelembabannya.

    3. Pastikan kondisi tubuh selalu prima

    Ketika Anda memutuskan untuk memulai perjalanan darat, baik sendiri maupun dengan keluarga, pastikan Anda dalam kondisi tubuh yang sehat — mulai dari mengonsumsi makanan yang sehat hingga istirahat yang cukup – serta membawa berbagai vitamin, obat-obatan, maupun minuman herbal yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga daya tahan tubuh selama perjalanan. Dengan demikian, road trip akan dapat Anda jalani dengan aman dan sehat.


    Sekarang saatnya Anda yang mengukir cerita dengan kendaraan Anda.

    (Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Michael Pondaag for Harper's Bazaar Indonesia; UNSPLASH Dino Reichmuth











- RELATED ARTICLE -