• 10 Momen Karier Mengesankan Jadi Model Bagi Claudia Schiffer

    People / News


    10 Momen Karier Mengesankan Jadi Model Bagi Claudia Schiffer

    Lihat kembali perjalanan kariernya mulai dari menjadi "Guess girl" hingga model paling berjaya di era tahun '90-an.


    Meskipun ada banyak orang yang cukup berbakat secara estetika untuk mencari nafkah sebagai model, namun hanya ada sedikit wanita di dunia yang bisa digolongkan dan diakui sebagai seorang "supermodel". Dan sosok Claudia Schiffer adalah salah satunya.


    Pertama kali memulai kariernya pada akhir tahun 1980-an, wanita kelahiran Jerman ini mulai meraih ketenaran di awal tahun sembilan puluhan setelah ditemukan oleh Ellen von Unwerth dan Karl Lagerfeld.





    "Saya telah membuat banyak kesalahan dalam karier saya," katanya kepada kami. "Misalnya, menolak rumah mode Hermès yang ingin menamai salah satu tasnya menggunakan nama saya, atau hal-hal konyol lainnya, seperti lupa memotong petunjuk mencuci gaun semi-transparan lansiran Versace  yang saya kenakan saat menghadiri acara Festival Film Venesia, dan banyak masih lainnya... Tapi satu hal yang sama sekali tidak saya sesali adalah: setiap keputusan, benar atau salah, yang saya buat telah membawa saya ke tempat saya sekarang. "


    Saat Claudia merayakan ulang tahunnya yang ke-50, supermodel tersebut berbicara kepada kami dengan mengingat kembali 10 sorotan momen sepanjang kariernya - mulai dari kampanye yang melesatkan kariernya, hingga tampil dalam kampanye ikonis tahun '90-an, pertunjukan catwalk debutnya, dan pekerjaannya saat ini sebagai desainer, model, dan pengusaha.


    1. 1989

    "Ellen von Unwerth adalah fotografer pertama yang bekerja dengan saya dan foto-fotonya berhasil mengantarkan kami berdua para puncak karier kami. Pada tahun-tahun awal ketika kami berdua pertama kali dikontrak oleh label Guess, rasanya kami hanya seperti dua teman yang sedang bersenang-senang dan itulah sebenarnya hasil jepretan yang sempurna, di mana chemistry terjadi antara fotografer dan model. Anda bisa menjadi konyol dan nakal seperti yang Anda inginkan, karena adanya kepercayaan antara kita berdua. Ketika ia mulai, saya pun mulai. Kami bersenang-senang bersama, melakukan hal konyol bersama, berpelesiri di jalanan Paris dengan pakaian saya sendiri. Paul Marciano, yang melihat hasil foto pemotretan kami sontak langsung menginginkan kami untuk bekerja pada kampanye iklan Guess Jeans.

    Kemudian banyak perjalanan keliling Eropa dan Amerika Serikat, dimulai dari Nashville, Tennessee ke Mykonos, hingga Yunani untuk syuting kampanye Guess. Foto hitam putih ini menjadi hasil karya yang paling terkenal, karena tak lama kemudian, perusahaan kecantikan Revlon menghubungi dan ingin ini saya membintangi kampanye parfum pertama hasil kolaborasi dengan Guess, yang mereka buat. Saya ingat saya terbang ke setiap kota besar di Amerika Serikat untuk melakukan acara jumpa fans di department store dengan kerumunan besar orang. Lalu tidak berakhir di situ saja, kemudian tur dilanjutkan ke semua acara TV besar dari Jay Leno hingga David Letterman. Ketika saya pulang setelah itu, saya ingat bangun keesokan paginya dengan mata mengantuk dan masuk ke sebuah lift di salah satu gedung tinggi di pusat kota New York dekat Central Park dan seseorang yang kebetulan juga masuk ke dalam lift tersebut bertanya untuk pertama kalinya pada saya 'Apakah Anda adalah gadis Guess itu? '"

     

    2. 1990

    "Pertunjukan pertama saya adalah untuk Karl dan Chanel dan itu adalah momen sangat istimewa. Itu adalah masa penting dalam karier saya yang mengubah saya dari remaja pemalu menjadi seorang supermodel. Setelah membintangi beberapa kampanye Chanel yang diarahkan sendiri oleh Karl, ia mulai mencoba meyakinkan saya untuk berada di peragaan busananya meskipun saya telah mengatakan bahwa itu bukan hal yang cocok untuk saya karena saya masih sangat muda dan pemalu. Saya pikir ia hanya menganggapnya sebagai tantangan yang menyenangkan, tetapi ia menjelaskan bahwa ia tidak mencari sosok model catwalk yang elegan saat itu, tetapi ia menginginkan sesuatu yang baru. Jadi ia berkata untuk hanya membayangkan saya sedang berjalan menuju ke sekolah dan itulah yang saya lakukan! "


    3. 1992

    "Tahun '80-an adalah saat saya jatuh cinta dengan dunia mode dan tahun '90-an adalah saat saya mempelajari apa itu mode sebenarnya. Itu adalah saat yang intens dan menakjubkan dalam dunia mode yang belum pernah terlihat sebelumnya. Ada gerakan perubahan seperti musik, mode dan seni yang mulai menyatu lebih dari sebelumnya. Ini adalah era sebelum digital, ketika berita mode bisa bertahan berminggu-minggu di halaman depan. Pertunjukan Gianni seperti konser rock; ia adalah desainer yang menjadikan mode sebagai fenomena budaya pop. Kami biasanya akan berjalan saat lagu Prince dimainkan dengan ratusan fotografer berjejer di pinggir catwalk, hanya untuk melihatnya duduk di sana di barisan depan. Ia membuat runway-nya menjadi pertunjukan live dengan koreografi, efek pencahayaan yang bagus, dan pengaturan waktu yang mirip dengan pertunjukkan teater."


    4. 1992

    "Di sini saya mengenakan jaket kulit double-breasted dengan tas bahu oversized yang senada dan celana panjang kulit hitam untuk pertunjukan catwalk Chanel A/W 1992. Saya mengenakan pakaian yang sama untuk kampanye A/W yang dibidik langsung oleh Karl dan sekali lagi di akhir tahun untuk tampilan yang sama untuk edisi Januari 2020 Vogue Russia. Jadi, ini adalah pakaian yang sangat spesial dari arsip Chanel yang sangat dekat di hati saya. Saya pertama kali bertemu Karl, empat tahun sebelumnya, ketika saya berusia 18 tahun di studionya di Paris di Rue Cambon. Ia telah melihat sampul UK Vogue saya oleh Herb Ritts dan meminta saya untuk bergabung dengannya. Sebelum saya menyadarinya, saya sudah didapuk untuk koleksi barunya dan kemudian keesokan harinya saya menemukan diri saya mengemudi ke Deauville untuk syuting kampanye Chanel pertama saya yang juga difoto sendiri oleh Karl. Saya ingat kami sadar bahwa kami adalah satu-satunya dari dua orang yang penuh energi pada pukul 3 pagi. Dalam kasusnya, ia selalu penuh energi; saya hanya selalu penuh adrenalin, mencintai setiap detik waktu dapat bekerja dengannya. "


    5. 1992

    "Jika orang lain menyukai waktu liburan, maka Karl menyukai pekerjaannya - dan tidak pernah pergi berlibur. Ia adalah sosok jenius yang kreatif seperti Mozart, kemampuan luar biasanya datang secara alami. Sebagai seorang fotografer, ia juga memiliki begitu banyak ide dan akan dengan mudah melanjutkan sesi pemotretan hingga matahari terbit. Ia sangat murah hati saat mengambil foto dan antusiasmenya dapat dengan mudah menular kepada orang-orang yang ada disekitarnya. Bekerja berjam-jam dengannya adalah sesuatu yang gampang, ia sering bercanda bahwa kami adalah satu-satunya orang yang memiliki disiplin untuk tidak minum-minuman beralkohol dan hidup sehat, karena kami memiliki energi untuk melanjutkan pekerjaan, sementara anggota tim lainnya mulai lelah! Ia selalu terbuka dengan masukan saya dan suka mengobrol dan tertawa. "



    6. 1993

    "Lingkup pekerjaan Karl tidak hanya berkembang, namun ia juga terus berinovasi dan berkespansi, muncul musim demi musim dalam fashion zeitgeist; inilah mengapa visinya begitu luar biasa. Saya sering menggambarkannya sebagai sosok Andy Warhol di dunia mode, karena layaknya Andy, karyanya tersebar di berbagai media dan ia memahami hubungan antara fotografi, ekspresi artistik, budaya selebriti dan periklanan. Namun pada dasarnya, ia selalu memiliki hati yang baik dan kemurahan hati kepada orang-orang yang jujur kepadanya dan tidak merusak kepercayaannya."


    7. 1994

    "Ini merupakan salah satu kampanye Versace yang paling ikonis yang diarahkan oleh Richard Avedon. Kita dapat melihat bahwa Gianni dan Richard adalah benar-benar dua sosok yang jenius! Di lokasi syuting, Richard biasanya akan menghadirkan koreografer yang akan menunjukkan kepada kami secara tepat apa yang diinginkan Richard dalam detail yang terperinci. Semuanya sempurna, dari setiap sudut dan di setiap level. Dan saya masih memiliki pakaian yang sangat disayanginya di lemari arsip pribadi saya. "


    8. 1995


     "Saat itu musim semi 1995 di New York pada pembukaan Fashion Café di Rockerfeller Center. Pers menggambarkannya sebagai 'Versi Couture dari The Hard Rock Café!' Sebanyak 28.000 kaos terjual di toko suvenir dalam empat bulan pertama! Saya dan para model lain ada di sampul setiap majalah dan di setiap kampanye. Kami benar-benar menikmati masa ini, beradaptasi pada ketenaran dan kesuksessan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam sepanjang karier kami. Selain itu, meskipun kami kadang-kadang  bisa menjadi kompetitif, namun ada banyak persahabatan di antara kami juga. Kami saling menjaga dan kami tidak takut untuk berbicara. "


    9. 2020


    "Saya sangat beruntung untuk mencintai apa yang saya lakukan dan dapat memilih proyek saya dengan mitra yang saya kagumi. Saya juga menikmati berbagai jalan yang saya tempuh di sepanjang karier saya, terutama masa di mana saya merancang atau mengatur koleksi saya sendiri, yang terasa seperti langkah alami berikutnya bagi saya. Foto ini adalah kolaborasi label fashion saya saat ini dengan Être Cécile. Saya suka estetika pakaian wanita Prancis yang edgy setiap hari, jadi ini adalah kolaborasi yang sangat menyenangkan bagi saya. “Pakaian seragam” saya di siang hari biasanya terdiri dari celana denim ditambah dengan aksesori yang bagus dan atasan rajutan skinny dari Être Cécile "Coucou" atau juga salah satu kaus berbahan katun unggulan di musim panas. 


    Claudia memakai koleksi kapsul Être Cécile x Claudia Schiffer.


    10. 2020

    "Pertama kali saya bertemu dengan Olivier Rousteing adalah pada hari Minggu yang hujan di pusat kota New York untuk kampanye Balmain SS16 yang dibidik oleh Steven Klein. Itu adalah pemotretan yang menyenangkan dan saya senang bekerja dengannya, jadi saya sangat senang memiliki gaun favorit saya dari koleksi itu, yang saya kenakan di foto ini, diterbitkan ulang dan dibuat dengan keahlian tangan dalam kristal biru elektrik untuk merayakan ulang tahun saya yang ke-50. Saya memiliki kenangan indah tentang pemotretan itu dan saya senang dapat bekerja dengan Olivier. Saya suka kombinasi unik dari pesona kekanak-kanakan dan bakatnya yang luar biasa. Ia mampu memadukan profesionalisme dan ketenangan, kepercayaan diri dengan kerja keras, ambisi dan ketulusan. Ia juga merupakan sosok yang sangat lucu dan memancarkan energi positif dan antusiasme kepada orang-orang disekitarnya.

    Merek lain seperti Dolce & Gabbana, Isabel Marant dan Versace, serta Bamford, Barbie, Frame dan Lucie Kaas juga telah merilis edisi terbatas untuk merayakan ulang tahun saya, yang diluncurkan pada bulan September dan Oktober ini. Dari perspektif rasa dan gaya hingga etos bersama tentang merangkul usia, kesehatan, dan kesejahteraan, semua merek ini sangat spesial bagi saya, jadi saya sangat senang atas apa yang mereka lakukan bagi saya. Berberapa koleksi tertentu dan hasil penjualan akan disumbangkan ke sejumlah badan amal, dari Unicef​​ (yang kebetulan saya adalah Duta Besar bagi Unicef Inggris) hingga Heads Together dan Humanitas Ricercas. "


    Claudia mengenakan gaun rancangan Balmain, yang diterbitkan ulang khusus untuk ulang tahunnya yang ke-50.


    (Penulis:Sarah Karmali; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar UK)









- RELATED ARTICLE -