• 7 Manfaat Masala Chai, Teh Khas India untuk Kesehatan Anda

    Culture / Tips


    7 Manfaat Masala Chai, Teh Khas India untuk Kesehatan Anda

    Mari mengenal masala chai khas India yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh Anda!


    Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan rempah-rempah sehingga tidak asing mendengar berbagai macam khasiat di dalamnya. Mulai dari jahe yang memberikan kehangatan untuk tubuh, hingga khasiat kapulaga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik tetapi juga memberi kandungan terapeutik yang menenangkan. Anda dapat merasakan khasiat jahe, kapulaga, dan beberapa rempah lain yang menyatu dalam satu minuman khas negeri di Asia Selatan.

    Perpaduan teh hitam dan rempah-rempah ini dikenal dengan nama masala chai atau teh rempah. Teh rempah ini diperkenalkan oleh masyarakat India pada tahun 1960-an, ketika daun teh hitam menjadi komoditas yang sangat mahal. Banyak penjual teh jalanan yang menggabungkan susu, gula, dan rempah-rempah dalam membuat minuman yang kaya rasa dengan modal yang rendah.

    Ketika masyarakat India mulai mendapatkan daun teh hitam dengan harga yang lebih terjangkau dan menyeduh daun teh hitam secara tradisional. Namun, daun teh hitam yang terasa pahit dan tidak banyak disukai masyarakat India kemudian digabungkan dengan racikan susu rempah karya penjual teh jalanan. Perpaduan minuman ini menjadi populer dan banyak dinikmati masyarakat yang lebih luas.




    Dengan memadukan lima rempah sebagai bahan utama seperti jahe, kayu manis, kapulaga, cengkeh, dan lada hitam yang dicampurkan dengan teh hitam, masala chai menjadi salah satu minuman kaya akan khasiat dan bermanfaat bagi kesehatan fisik serta mental. Sebelum Anda menikmati secangkir masala chai atau lebih populer dengan sebutan chai tea, mari simak 7 manfaat dari minuman ini:

    1. Membantu sistem pencernaan tubuh

    Minuman ini menggunakan jahe yang dikenal dapat mengurangi bahkan menghilangkan rasa mual. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi 1 hingga 1.5 gram jahe setiap hari dapat mengurangi gejala mual pada wanita yang sedang mengandung. Ketika meminum satu cangkir teh ini, Anda sudah mengonsumsi kebutuhan jahe dalam satu hari. Selain itu, beberapa riset juga menemukan bahwa rempah lain seperti kayu manis, kapulaga, lada hitam, dan cengkeh memilih kandungan antioksidan yang tinggi sehingga Anda dapat melindungi tubuh Anda dari radikal bebas dengan mengonsumsi secangkir chai setiap hari.


    2. Menjaga kesehatan gigi

    Makanan yang tersimpan di sela-sela gigi akan menjadi plak gigi dan menjadi salah satu penyebab kerusakan. Namun, kandungan salah satu rempah dalam masala chai, cengkeh, memiliki kandungan yang berguna untuk meredakan peradangan pada gigi serta mengurangi tingkat sensitivitas pada gigi. Konsumsi chai juga dapat mengurangi bakteri yang ada di mulut serta plak gigi. Meski tidak menyembuhkan, Anda dapat mencegah kerusakan gigi dengan mengonsumsi minuman ini, ditambah berkurangnya bakteri di dalam mulutnya.


    3. Menjaga kerusakan sel akibat radikal bebas

    Zat-zat anti-bakteri, anti-inflamasi, dan antioksidan menjadi beberapa kandungan yang terdapat dalam bahan-bahan masala chai ini. Pada awal ditemukan, minuman ini sempat menjadi salah satu minuman herbal yang banyak diminum oleh anggota kerajaan. Dengan demikian, meminum satu cangkir di pagi hari atau di malam hari dapat membantu menjaga imunitas tubuh Anda.


    4. Membantu menjaga atau menurunkan berat badan

    Teh rempah satu ini populer dengan mencampurkan susu, baik susu sapi maupun susu alternatif yang terbuat dari protein nabati serta menambahkan pemanis. Dengan rasa manis dan kandungan susu di dalamnya, minuman dapat membantu Anda untuk mengurangi rasa lapar dan membantu Anda menjaga pola makan sehari-hari. Selain itu, chai dapat menjadi pengganti camilan Anda di sore hari.




    5. Membantu penyerapan nutrisi

    Lada hitam tidak hanya menambah sensasi pedas di dalam teh ini, tetapi lada hitam memiliki kandungan zat bioaktif yaitu piperine yang berfungsi untuk menstimulasi saluran pencernaan untuk menyerap nutrisi lebih cepat.

    6. Menjaga kekuatan tulang

    Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Cambridge yang meneliti hubungan antara kekuatan tulang dengan kebiasaan mengkonsumsi teh pada perempuan lanjut usia dan menemukan bahwa partisipan yang meminum teh memiliki tulang yang lebih kuat dibandingkan yang tidak meminum teh. Susu yang ditambahkan kepada setiap sajian chai juga menjaga kekuatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis dengan kandungan kalsium di dalamnya.

    7. Memiliki aroma yang menenangkan

    Rempah-rempah ini memiliki aroma yang kuat, khususnya jahe, dan kapulaga. Dalam ilmu pengobatan alternatif di India yang dikenal dengan nama Ayurveda, kapulaga digunakan sebagai aromaterapi karena kandungan kapulaga yang dapat menenangkan pikiran sehingga dengan meminum chai, Anda merasakan manfaat untuk fisik dan juga pikiran Anda.


    Selamat menikmati.


    (Penulis: Vanessa Masli; Foto: Vitalii Shastun ©123RF.com, courtesy of Unsplash Klara Avsenik & Salar Arif)









- RELATED ARTICLE -