• Rahasia Ginseng Sebagai Bahan Skincare Anti Aging Terbaik

    Beauty / Tips


    Rahasia Ginseng Sebagai Bahan Skincare Anti Aging Terbaik

    Tahukah Anda bahwa salah satu bahan skincare yang berperan penting dalam anti aging adalah ginseng?


    Bagi sebagian besar wanita, kata penuaan selalu terdengar menakutkan. Namun, ada beberapa bahan perawatan kulit, seperti kolagen dan retinol, yang cukup terkenal sebagai bahan anti penuaan. Selain kedua bahan tersebut, ada satu bahan lagi yang juga cukup baik sebagai bahan anti penuaan, yaitu ginseng. 


    Selama berabad-abad kebanyakan orang, khususnya di Asia, mengonsumsi ginseng dalam bentuk teh. Ginseng diketahui memiliki sejumlah manfaat kesehatan, mulai dari meningkatkan energi hingga membantu menurunkan berat badan. Namun ternyata, ginseng juga memiliki beberapa manfaat untuk kulit, seperti membantu detoksifikasi kulit dan melawan penuaan dini. Karena alasan itu, tidak sedikit produk-produk perawatan kulit yang memasukan ginseng sebagai salah satu bahan utamanyanya. Dalam artikel ini, Bazaar telah merangkum apa saja yang perlu Anda ketahui mengenai ginseng sebagai bahan anti penuaan. 





    Apa itu Ginseng?

    Ginseng, atau juga dikenal sebagai 'akar keabadian' adalah rempah yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional Asia untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan. 


    Ginseng merupakan salah satu rempah yang memiliki bentuk seperti akar bercabang dengan terang, batang yang relatif panjang, dan daun hijau dengan bentuk oval. Rempah ini diketahui memiliki sejarah panjang dalam pengobatan tradisional Korea dan kecantikan Korea. Melansir dari laman Allure, menurut Mark Choo, direktur penelitian di AmorePacific New York Research & Innovation Center, mengatakan bahwa ginseng diketahui dapat meningkatkan sirkulasi dan memperkuat sistem kekebalan tubuh, maka tak heran jika rempah ini sering dicampurkan ke dalam makanan, minuman, dan obat herbal. Namun saat ini, tidak sedikit produk-produk perawatan kulit yang sudah memasukan ginseng sebagai salah satu pemain utamanya. 


    Popularitas ginseng dalam perawatan kulit, khususnya perawatan kulit Korea, diketahui sudah ada sejak awal tahun 1500-an. Legenda mengatakan bahwa ginseng adalah rahasia perawatan kulit terbesar Hwang Jini, seorang tokoh sejarah yang dikenal sebagai wanita paling cantik dari Dinasti Joseon. Semenjak saat itu hingga beberapa generasi kemudian, banyak wanita Korea yang terinspirasi oleh rahasia kecantikannya. 


    Apa manfaat ginseng untuk kulit?

    Berdasarkan studi yang dilakukan oleh University of Maryland Medical Center, jika garis-garis halus dan kerutan adalah masalah kulit yang sedang Anda alami, maka ginseng dapat membantu meningkatkan sirkulasi pembuluh darah terkecil kulit, yang pada gilirannya dapat meningkatkan sintesis kolagen. Selain itu, menurut Annet King, direktur Global Education di the International Dermal Institute, ginseng juga memiliki sifat antioksidan yang dapat melindungi kulit Anda dari radikal bebas, pemicu pembentukan garis-garis halus, kerutan, dan bahkan kanker kulit. 


    Lebih lanjut, berdasarkan studi tahun 2017 yang dipublikasikan di US National Library of Medicine National Institutes of Health, menunjukan bahwa sifat antioksidan dalam ginseng dapat mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit. Dikutip dari The Klog, menurut Barbara Close, seorang ahli kecantikan yang berspesialisasi dalam terapi herbal dan naturopathica, ginseng mengandung banyak zat bioaktif, termasuk saponin, polisakarida, pektin, gula, vitamin B1, B2, B12, asam pantotenat dan mineral, yang dapat membantu meningkatkan oksigenasi dan sirkulasi ke sel-sel kulit, sehingga kulit menjadi lebih sehat, lebih kencang, dan dapat meminimalkan tampilan keriput, dan kerutan. 



    Jika Anda memiliki masalah kulit dullness, ginseng dapat membantu mencerahkan dan merevitalisasi kulit Anda. 


    Jika masalah kulit yang Anda hadapi adalah bintik-bintik hitam, antioksidan dalam ginseng mampu bertindak sebagai perisai terhadap polutan lingkungan dan radikal bebas yang dapat dengan mudah diserap melalui kulit, menumpuk di pori-pori, dan merangsang melanosit, sehingga menciptakan bintik-bintik hitam. Tak hanya itu saja, antioksidan yang sama ini juga dapat membantu menyeimbangkan produksi minyak.


    Dikutip dari Refinery29, ginseng diketahui dapat membantu mencerahkan lingkaran hitam (dark circles) di bawah mata. Selain itu, rempah ini juga dapat membantu mengurangi bengkak pada mata dan mencegah keriput. 


    Tak berhenti sampai di situ saja, sifat anti-inflamasi alami yang dimiliki oleh ginseng dapat membantu mengatasi kemerahan dan bengkak. Ini bahkan bisa menjadi obat penenang yang baik untuk kondisi kulit seperti jerawat dan psoriasis. 


    Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui rahasia di balik ginseng. Apakah Anda siap untuk mulai mengaplikasikan ginseng dalam rutinitas skincare Anda?


    (Foto Courtesy of lightfieldstudios©123RF.com)









- RELATED ARTICLE -