• 30 Fakta Aktor Lee Min Ho dan Alasan Dijuluki King of Hallyu

    People / News


    30 Fakta Aktor Lee Min Ho dan Alasan Dijuluki King of Hallyu

    Disebut sebagai salah satu raja baru Hallyu, inilah fakta-fakta menarik yang perlu Anda ketahui.


    Siapa yang tidak kenal sosok Lee Min Ho? Aktor dan penyanyi berbakat asal Korea Selatan ini telah berhasil memikat hati pecinta drama korea sejak kemunculannya di drama Boys Before Flowers. Tidak sampai di situ saja, aktor tampan yang sekarang berumur 32 tahun ini juga pernah menghiasi sampul depan majalah Harper’s Bazaar Korea edisi Desember 2016.

    Keterlibatan dirinya di dunia fashion juga semakin maksimal, buktinya pada bulan Juni lalu ia diundang ke Men's Paris Fashion Week untuk melihat koleksi terbaru dari label Berluti. Ia datang ke acara show mengenakan busana trench coat panjang berwarna abu-abu.



    Berikut adalah 30 fakta yang perlu Anda ketahui dari aktor yang disebut-sebut sebagai “Four new Hallyu Kings” bersama aktor Kim Soo Hyun, Kim Woo Bin, dan Lee Jong Suk.


    1. Lahir di kota Huekseok-dong, Dongjak-gu, Seoul pada 22 Juni 1987, Lee Min Ho adalah anak bungsu dari dua bersaudara.

    2. Lee Min Ho memiliki hubungan yang sangat dekat dengan kakak perempuannya yang bernama Lee Yoon Jung. Saat ini Lee Min Ho juga diketahui bernaung di bawah agensi MYM Entertainment yang dipimpin oleh kakak kandungnya sendiri.

    3. Walaupun Lee Min Ho lahir dengan berat badan 3,2 kg, rupanya Min Ho tumbuh dengan badan yang kurus karena ia menderita penyakit bronkitis.

    4. Saat kecil, Lee Min Ho bercita-cita untuk menjadi seorang pemain sepak bola. Bahkan ia sempat terpilih masuk kedalam tim sepak bola yang dilatih oleh pemain Korea Selatan, Cha Bum Kum.

    5. Namun ketika Min Ho duduk di bangku kelas lima SD, ia mengalami cedera yang akhirnya membuat ia harus mengubur mimpinya itu.

    6. Di awal kariernya, Lee Min Ho menggunakan nama panggung Lee Mi karena agensinya menganggap nama aslinya terlalu sederhana. Namun tidak berapa lama, akhirnya Min Ho memutuskan untuk kembali menggunakan nama aslinya karena dalam bahasa Korea arti kata imin adalah “imigrasi”. Sehingga jika Anda mencoba untuk mencari namanya di internet, Anda tidak akan banyak menemukan hasil yang relevan dengan dirinya.

    7. Lee Min Ho memulai karirnya di dunia akting lewat penampilannya di drama Sharp yang tayang pada tahun 2003. Di sana ia berperan sebagai seorang mahasiswa dari jurusan institut seni. 


    8. Lee Min Ho bersahabat dekat dengan rekan sesama artisnya yaitu Jung Il Woo. Diketahui mereka berdua lahir di tahun yang sama (1987) dan tinggal di lingkungan yang sama selama mereka duduk di bangku SMP dan SMA.

    9. Dalam penuturannya di acara My Ugly Ducking, Jung Il Woo mengatakan bahwa Lee Min Ho bukanlah pria yang suka minum-minum. Jadi jika mereka berdua ingin hangout, mereka hanya akan minum kopi di kafe.


    10. Pada tahun 2006, Lee Min Ho dan Jung Il Woo sempat mengalami kecelakaan maut yang nyaris mengancam nyawa mereka. Lee Min Ho harus vakum dari dunia hiburan selama setahun. Karena kecelakaan ini, Lee Min Ho mengalami patah tulang di bagian paha dan pergelangan kaki. Diketahui tulang rawan di lututnya juga robek karena kejadian ini.

    11. Di tahun 2011, Lee Min Ho diketahui mengalami kecelakaan kembali saat ia syuting drama City Hunter. Min Ho mengalami kecelakaan saat mobil yang ia tumpangi menabrak sesuatu sampai bagian depan mobil tersebut terlihat rusak parah.


    12. Karena dua kecelakan ini, akhirnya membuat Lee Min Ho hanya menjalani wajib militernya sebagai pekerja layanan sosial di Distrik Gangnam. Lee Min Ho pun memulai wajib militernya pada 12 Mei 2017 dan resmi menuntaskan kewajibannya pada 25 April 2019.


    13. Kariernya mulai melejit ketika ia bermain dalam serial komedi romantis berjudul Boys Before Flowers yang tayang pada tahun 2009. Berperan sebagai Koo Jun-Pyo, ia berhasil mencuri banyak hati pencinta drama Korea.


    14. Lewat kesuksesan dari Boys Before Flowers (BBF), Lee Min Ho berhasil mengantongi berbagai macam penghargaan. Dimulai dari Aktor Pendatang Terbaik sampai Pasangan Terbaik bersama Goo-Hye Sun lawan mainnya di BBF versi KBS Drama Awards 2009.

    15. Pada 30 Januari 2014, Lee Min Ho berhasil menjadi aktor Korea pertama yang tampil di acara Lunar New Year’s Gala milik China CCTV. Acara ini ditonton oleh lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.


    16. Lee Min Ho terus menorehkan prestasi cemerlang di industri hiburan. Hampir semua serial drama yang ia bintangi sukses di pasaran.  

    Personal Taste (2010)

    Setelah sukses dengan drama Boys Before Flowers, Lee Min Ho kembali bermain drama romantis yang dirilis pada tahun 2010. Berpasangan dengan Son Ye Jin, drama ini semakin membuat dirinya dikenal dikalangan pecinta drakor.


    City Hunter (2011)

    Tidak ingin terlarut-larut pada karakter yang sama, Lee Min Ho mencoba sesuatu yang baru di drama City Hunter. Bermain dalam genre action, ia berperan sebagai Lee Yun Seong. Drama ini juga berhasil duduk di puncak rating selama berminggu-minggu.


     The Heirs (2013)

    Setelah lama tidak berperan sebagai anak sekolah, akhrinya di drama ini Lee Min Ho kembali hadir sebagai siswa SMA. Walaupun tergolong sudah cukup dewasa untuk perannya, namun Min Ho tetap berhasil memerankan Kim Tan dengan sempurna. Bukan hanya memiliki chemistry yang manis dengan lawan mainnya, Park Shin Hye. Lee Min Ho juga berhasil menampilkan chemistry brotherhood yang kuat dengan Kim Woo Bin dan Choi Jin Hyuk.


     The Legend of the Blue Sea (2016)

    Sebagai drama terakhir sebelum dirinya menjalani wajib militer, Lee Min Ho berhasil membuat para penonton "gagal move on" karena karakternya yang menawan. Ditambah lagi dengan chemistry-nya yang tidak perlu diragukan lagi. Tidak heran aktor tampan ini diberi julukan "Chemi-Shin" yang berarti "Chemistry God."


    17. Namun bukan hanya rajin membintangi serial drama saja, Lee Min Ho pun kerap kali membintangi film layar lebar dan sejumlah iklan-iklan dari beragam industri.

    Gangnam Blues (2015)

    Meskipun bukan pertama kali Lee Min Ho harus bermain karakter yang ber-genre action, tetapi film Gangnam Blues ini bisa dikatakan sebagai debut pertamanya sebagai pemeran utama di film layar lebar. Berlatar di tahun 1970, Lee Min Ho yang berperan sebagai Jong Dae adalah seorang anggota mafia bersama dengan saudaranya Yong Ki (diperankan oleh Kim Rae Won).

     Lewat film ini, Lee Min Ho berhasil memenangkan penghargaan  (51st) BaekSang Arts Awards 2015 dalam kategori Most Popular Actor dan (52nd) Daejong Film Awards 2015 untuk kategori Best New Actor.


    Bounty Hunters (2016)

    Tidak hanya puas dengan prestasinya di dalam Korea saja, Lee Min Ho pun mulai berkarya di tingkat internasional. Terbutki dari film Bounty Hunters yang ia bintangi pada tahun 2016. Film buatan negara China ini juga turut dibintangi oleh sederet artis-artis ternama Cina seperti Wallace Chung, Yan Tang, dan Jeremy Xu Zheng Xi. 


    OPPO

    Didapuk menjadi bintang untuk iklan OPPO, Lee Min Ho pun tidak tampil sendiri, ia tampil bersama dengan artis asal Malaysia, Lee Min Chen. Siap-siap untuk kembali jatuh hati dengan kharisma Lee Min Ho ya!


    Innisfree 

    Ditunjuk sebagai brand ambassador untuk produk kosmetik Innisfree bersama Yoona (SNSD), Min Ho bersama Yoona membintangi sebuah serial web berjudul "Summer Love" untuk mempromosikan cushion terbaru dari lini produk Innisfree. Anda bisa menyaksikan kemanisan pasangan ini dalam 2 episode.


    Luwak White Koffie

    Bukan hanya membintangi iklan untuk produk dari luar negeri saja, kali ini kita perlu patut berbangga karena Lee Min Ho memilih untuk membintangi produk dari dalam negeri Indonesia. Ya, sekarang Anda bisa melihat Lee Min Ho membintangi produk kopi Luwak White Koffie, bahkan Anda juga bisa mendengar dirinya berbicara dalam Bahasa Indonesia "Saya suka Luwak White Koffie, mashita"


    18. Tidak hanya puas berkarya di industri hiburan, Lee Min Ho juga berkecimpung di dunia tarik suara. Pada bulan Maret 2017, Lee Min Ho sempat merilis sebuah mini-album bertajuk Always. Lee Min Ho mengatakan bahwa album ini ia dedikasikan khusus untuk penggemarnya yang telah mendukungnya selama sepuluh tahun berkarya.  

    19. Lee Min Ho adalah seorang “ambidextrous.” Ia mampu menggunakan tangan kanan dan kirinya tanpa kesulitan, bahkan ia mampu menulis dengan tangan kiri.

    20. Ketika ditanya apa yang menjadi lagu favoritnya, Lee Min Ho mengungkapkan bahwa ia sangat menyukai lagu That I Once Lived by Your Side dari Toy (Kim Yeon Woo).

    21. Tidak hanya giat mengumpulkan uang, rupanya Lee Min Ho adalah Duta UNICEF untuk kampanye penyakit Malaria tahun 2009-2010 dan donatur aktif dari UNICEF sejak tahun 2014.


    22. Selain menjadi Duta UNICEF, pada tahun 2012 ia juga dinobatkan sebagai “Duta Jaksa Korea” dan “The Star of Korean Tourism” pada tahun 2015.

    23. Rupanya Lee Min Ho adalah seorang pencinta anjing, terbukti Min Ho memiliki seekor Mini Pinscher bernama Choco. Ia pun mengatakan pada salah satu wawancara bahwa Choco memiliki lebih banyak pakaian dari dirinya.



    24. Pada salah satu wawancara dengan MBC TV, Lee Min Ho mengaku sangat ingin pergi berlibur ke Bali.

    25. Bukan hanya terkenal di Korea saja, aktor yang memiliki tinggi 187 cm ini telah dikenal hingga mancanegara. Terbukti Lee Min Ho mendapat kehormatan menjadi salah satu aktor yang dibuatkan patung lilin oleh Madame Tussauds. Anda pun bisa bertemu dengan “kembaran” Lee Min Ho di Madame Tussauds Shanghai.


    26. Memiliki fan yang tidak sedikit, penggemar dari aktor ini pun menyebut diri mereka sebagai seorang Minoz.

    27. Lee Min Ho tergolong cukup aktif dalam dunia media sosial. Terbukti dari akun Instagramnya @actorleeminho. Ia pun cukup rajin menyapa 10,8 juta pengikutnya lewat unggahan foto dan video tentang aktivitas yang ia jalani.



    28. Layaknya pasangan artis Korea lainnya, kehidupan percintaan Lee Min Ho juga sering terekspos oleh pihak media. Diketahui pada tahun 2011 Lee Min Ho dan Park Min Young dikabarkan terlibat cinta lokasi saat syuting drama City Hunter. Namun sayangnya hubungan asmara mereka hanya bertahan selama 5 bulan.

    29. Kemudian di awal tahun 2015, Lee Min Ho kembali dikabarkan menjalin hubungan dengan salah satu artis tercantik Korea yang juga mantan personel Miss A, Bae Suzy. Kisah asmara mereka pun tergolong cukup awet. Namun setelah 3 tahun membina hubungan, akhirnya pada tahun 2017 pasangan ini memutuskan untuk berpisah lantaran Lee Min Ho akan menjalani wajib militer.

    30. Saat ini Lee Min Ho tengah sibuk mempersiapkan drama terbarunya yang berjudul The King: The Eternal Monarch. Beradu akting dengan Kim Go Eun (sebelumnya telah dikenal lewat drama Cheese in The Trap dan Goblin), drama ini dijadwalkan akan rilis di paruh pertama tahun 2020. 


    (Foto: Courtesy of IMDb, Harper’s Bazaar Korea, Madame Tussauds Shanghai, Twitter, Instagram @actorleeminho )








- RELATED ARTICLE -