• #SkinSchool: Apa itu Eczema?

    Beauty / News


    #SkinSchool: Apa itu Eczema?

    Dan bagaimana cara mengobatinya.


    Seperti jerawat dan rosacea, eczema adalah kondisi kulit yang umum dan dapat memiliki dampak yang besar pada kehidupan seseorang. Untuk membantu penderita memahami dan mengobati eczema secara efektif, kami berbicara dengan dr. Anjali Mahto, seorang konsultan dermatologis dari Klinik Cadogan, tentang apa yang boleh dan tidak boleh untuk dapat hidup damai dengan eczema.


    Bagaimana Anda bisa tahu jika Anda benar-benar menderita eczema?

    "Eczema (juga dikenal sebagai dermatitis) adalah kondisi kulit kering yang sangat individual serta bervariasi dari orang ke orang dan datang dalam berbagai bentuk. Untungnya, eczema tidak menular. Dalam kasus eczema ringan, kulit akan menjadi kering, bersisik, merah dan gatal. Namun dalam kasus yang lebih parah, mungkin Anda akan sampai menangis, mengalami pengerasan kulit dan pendarahan. Di Inggris, satu dari lima anak dan satu dari dua belas orang dewasa menderita eczema. Sementara, eczema dan dermatitis menyumbang 84-90 persen penyakit kulit akibat kerja."


    Apakah eczema dapat disembuhkan?

    "Sampai saat ini tidak ada obat fisik untuk eczema, namun ada harapan bahwa perawatan eczema akhirnya dapat menargetkan ke akar penyebabnya. Penelitian baru yang dilakukan oleh Universitas Newcastle menemukan bahwa penderita kehilangan protein vital, filaggrin, di kulit mereka yang mendorong eczema untuk berkembang. Ini adalah penelitian yang disambut baik bagi mereka yang menderita eczema dan dokter yang mengobatinya, karena pemahaman yang lebih baik tentang patofisiologi eczema akan membantu pengembangan perawatan yang ditargetkan. "


    Produk perawatan kulit apa yang harus dihindari bagi penderita eczema?

    "Jauhi segala sesuatu yang mengandung astringent atau hal-hal yang kering, yang mengandung alkohol, asam alfa-hidroksi (AHA) dan apa pun dalam keluarga retinoid. AHA paling sering diberi label sebagai asam glikolat dan sebagian besar dapat ditemukan dalam produk anti-penuaan, bahan kimia kulit, atau scrub yang berasal dari buah. Pewarna sintetis (sering digunakan untuk menambah pewarna pada kosmetik), wewangian, minyak bumi dan sulfat juga harus dihindari, karena ini dapat menyebabkan iritasi dan flare up."


    Apakah ada kegiatan yang harus dihindari oleh seseorang dengan penderita eczema?

    "Berkeringat yang disebabkan oleh olahraga, kain dan udara panas adalah penyebab memburuknya eczema yang paling umum, karena pakaian olahraga sering terbuat dari bahan sintetis yang menjadikan kulit lebih berkeringat. Namun, ini tidak berarti Anda harus menghindari olahraga karena ini dapat memengaruhi kesehatan dan kesejahteraan Anda secara keseluruhan. Sebaliknya, pilihlah pakaian katun yang longgar dan serat alami serta cuci dengan emolien yang "shower friendly" atau mandi segera setelah berolahraga."


    Produk perawatan kulit apa yang sebaiknya digunakan seseorang dengan eczema?

    "Sebisa mungkin, Anda harus menghindari iritasi kulit yang meradang, jadi cobalah menukar sabun Anda dengan emolien atau minyak mandi. Batasi penggunaan gel mandi yang berbusa di bagian ketiak, lipatan kulit, tangan dan kaki Anda untuk membantu membatasi gangguan pada kulit Anda." Dalam hal produk wajah, cobalah pembersih lembut yang bebas pewangi seperti La Roche Posay Toleriane Dermo-Cleanser."



    Bagaimana dengan pelindung matahari?

    "Eczema disebabkan oleh kombinasi yang secara genetik memang lebih rentan terhadap alergi serta memiliki kulit yang lebih permeabel sehingga bahan kimia dalam produk meresap hingga menyebabkan iritasi. Ini berarti bahwa kulit yang rentan eczema cenderung bereaksi lebih sedikit terhadap krim tabir surya, yang menggunakan partikel kecil dari oksida logam yang berada di atas kulit, seperti titanium dioksida. Formulasi ini harus emolien, karena kulit keropos cenderung akan lebih mudah untuk kehilangan kelembaban. Seperti dengan emolien dan produk perawatan kulit lainnya, hindari aroma dan bahan-bahan iritasi lainnya. Paparan sinar matahari akan mengeringkan kulit, jadi coba oleskan emolien Anda setengah jam sebelum mengoleskan tabir surya. Ini akan mencegah tabir surya menjadi encer oleh emolien dan akan memastikan tabir surya dapat mempertahankan sifat pelindungnya."


    Apa kesalahan terbesar orang yang memiliki eczema dengan kulit mereka?

    "Menggaruk ketika eczema terasa gatal adalah kesalahan besar, ketika kulit mungkin mulai berdarah dan menyebabkan infeksi, ini akan semakin memperburuknya. Selain itu, saat mencuci dengan air panas dapat meredam sementara gatal yang dirasakan, suhu tinggi dapat membuat kulit menjadi kering. Bahkan pemilihan bahan pakaian juga sangat penting, wol dan kain sintetis dapat menjadi biang kerok, menggaruk kulit dan menggunakan pewangi pakaian juga dapat menyebabkan iritasi berkepanjangan."



    Medik8 Physical Sunscreen SPF30

    skincity.co.uk

    £31.00


    Apa perawatan eczema yang terbaik?

    “Ada berbagai perawatan berbeda yang tersedia dan dapat diterapkan sebagai perawatan mandiri atau dikombinasikan satu sama lain. Perawatan tersebut antara lain: penggunaan emolien untuk digunakan di bak mandi atau pancuran, pelembap obat untuk menghilangkan rasa gatal akut dan topikal steroid yang lemah atau imunosupresan untuk kasus yang lebih berat. Steroid ini digunakan secara eksternal pada kulit dan mengurangi peradangan dan gatal-gatal tanpa menyebabkan penipisan kulit, steroid ini juga memungkinkan kulit untuk sembuh lebih efektif. Kunjungi dokter spesialis kulit untuk pengobatan individu yang lebih tepat dan perawatan mana yang terbaik untuk Anda."



    (Penulis: Bridget March; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Janice Mae; Foto: Courtesy of Bazaar US)








- RELATED ARTICLE -