• Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang iPhone 11

    Culture / News


    Semua Hal Yang Perlu Anda Ketahui Tentang iPhone 11

    Ponsel pintar ini dilengkapi dengan fitur triple camera yang akan memuaskan Anda.


    Steve Jobs biasa berdiri di atas panggung di Cupertino, Los Angeles, untuk mengumumkan teknologi terbaru dari Apple. Setelah ia tiada, tugasnya kini diambil alih oleh Tim Cook. Pada hari Selasa lalu, pria yang kini menjabat sebagai CEO Apple tersebut memperkenalkan The Next Big Thing berupa gawai terbaru yakni iPhone 11. Ponsel pintar ini bukanlah seri lanjutan dari seri iPhone X yang diluncurkan dua tahun lalu, namun diciptakan sebagai penerus iPhone XR dengan tambahan fitur dual camera. Bagi Anda yang ingin mendapatkannya, iPhone 11 dijual dengan harga 699 dolar Amerika atau kurang lebih setara dengan 9,8 juta rupiah.

    Tidak hanya itu, dalam kesempatan ini Apple turut mengumumkan dua teknologi baru lainnya yaitu iPhone 11 Pro dengan layar OLED sebesar 5,8 inci dan iPhone 11 Pro Max dengan layar serupa sebesar 6,5 inci. Keduanya dilengkapi dengan triple camera yang menjadi fitur unggulan. Dengan demikian, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max memiliki tiga kamera di belakang yang terdiri dari kamera telephoto, ultra-wide, dan kamera wide. Tentunya, kedua ponsel tersebut dibanderol dengan harga yang berbeda. iPhone 11 Pro dihargai sebesar 999 dolar Amerika (kurang lebih senilai 14 juta rupiah) sementara iPhone 11 Pro Max dijual seharga 1.099 dolar Amerika atau sekitar 15 juta rupiah. Semua seri iPhone ini akan dirilis pada tanggal 20 September 2019.

    Walaupun terus mengumumkan gawai terbarunya, iPhone sebenarnya masih perlu banyak berbenah. Seperti yang sudah banyak diketahui, harga iPhone tidaklah terjangkau. Rata-rata orang harus mengeluarkan biaya mencapai atau bahkan lebih dari 1000 dolar Amerika untuk ponsel keluaran barunya, kecuali iPhone XR yang dihargai mulai dari 749 dolar Amerika. Kendati demikian, Apple masih tertinggal dengan beberapa gawai Android terutama di bagian fitur kameranya. Apple memang pernah memperkenalkan Portrait Mode yang dibuat untuk iPhone 7 pada tahun 2016 lalu, namun sejak saat itu belum ada lagi pembaruan. Bahkan, kamera yang diciptakan untuk iPhone Xs, Xs Max, dan XR pun masih kalah dengan kemampuan Google Pixel 3 milik Samsung Galaxy S10+.




    Apple kini sudah tidak memegang monopoli di pasar produk ponsel pintar. Meskipun masih meraih pendapatan besar, penjualan iPhone sekarang sudah tidak sebanyak dulu sebab banyak orang yang tidak mampu membelinya atau bahkan tidak tertarik untuk menggelontorkan uang dalam jumlah besar demi teknologi baru yang kerap muncul setiap satu atau dua tahun sekali.




    Namun hebatnya, pengumuman iPhone teranyar selalu mampu mencuri perhatian. Perubahan lantas tetap berlangsung dan tahun depan iPhone akan merombak desainnya serta meningkatkannya agar mampu bekerja di jaringan 5G yang masih tergolong sangat baru.

    Apabila Anda berencana ingin mengganti smartphone, simak ulasan kami berikut tentang iPhone 11 dan iPhone 11 Pro.




    Tentang iPhone 11

    Sejauh ini, iPhone 11 adalah gawai termurah yang dirilis oleh Apple dengan harga mulai dari 699 dolar Amerika (sekitar 9,7 juta rupiah). Spesifikasi yang melengkapinya terdiri dari display retina dan warna-warna baru yaitu ungu kehijauan, merah, hitam, putih dan kuning. Kamera dual yang dimilikinya yakni wide dan ultra-wide telah melalui pembaruan yang memungkinkan Anda untuk mengubah modenya tanpa mengurangi kualitas gambar. Hal serupa juga diterapkan pada kamera video yang mendukung 4K hingga 60 frame per second. Selain itu, Apple juga menambahkan fitur Night Mode guna mengatasi apa yang telah menjadi masalah mereka sebelumnya, yakni pengambilan gambar dalam kondisi minim cahaya. Kemudian bagi Anda yang gemar berswafoto, iPhone 11 kini juga memiliki mode slow motion.

    Di dalamnya, Apple menanamkan chip terbarunya demi meningkatkan performa dan kecepatannya yakni A13 Bionic yang disebut-sebut sebagai chip tercepat yang pernah ada pada smartphone. Daya tahannya sendiri lebih lama satu jam dari iPhone XR. Gawai iPhone 11 akan diluncurkan di pasaran pada tanggal 20 September mendatang.




    Tentang iPhone 11 dan iPhone 11 Max

    Fokus keunggulan iPhone 11 Pro terletak pada triple camera yang dimilikinya yakni Pro Camera. Anda bisa memotret dengan menggunakan tiga kamera sekaligus yang terdiri dari kamera wide, ultra-wide, serta telephoto. Tidak sampai di situ, kamera ini juga memiliki fitur Night Mode dan mampu merekam video dengan kualitas yang impresif.

    iPhone 11 berlayar 5,8 inci dijual mulai dari 999 dolar Amerika (sekitar 14 juta rupiah). Sementara itu, harga iPhone 11 Pro Max dengan layar 6,5 inci jauh lebih mahal dan bisa Anda dapatkan mulai 1.099 dolar Amerika (sekitar 15 juta rupiah). Apple menawarkan fitur layar beresolusi tertinggi yang pernah dimiliki oleh iPhone melalui layar OLED di kedua gawai ini dan dinamai sebagai tampilan Super Retina XDR.  

    Model iPhone 11 Pro dilengkapi dengan chip A13 Bionic yang berfungsi pada segi kecepatan dan efisiensi. Daya baterainya pun mampu bertahan lebih lama dari model iPhone Xs. Ada beberapa pilihan warna yang ditawarkan, yakni abu-abu, silver, emas dan midnight green. Jika ingin membelinya, Anda harus cukup bersabar menunggu hingga 20 September 2019.


    Teknologi baru lainnya yang diumumkan oleh Apple

    Panggung tempat Tim Cook berdiri tentu tidak digunakan untuk pengumuman gawai semata. Dalam kesempatan yang sama, Apple juga meluncurkan Apple Arcade, sebuah seri video game terbaru dengan konten eksklusif dari pengembang game besar dan indie yang bisa Anda dapatkan dengan cara berlangganan. Apple Arcade akan mulai masuk ke App Store pada tanggal 19 September nanti. 

    Kemudian, perusahaan teknologi multinasional tersebut turut mengumumkan Apple TV+. Anda bisa menyaksikan debut para selebriti ternama seperti Jason Momoa, Oprah, Jennifer Anniston dan Steve Carrell pada tanggal 1 November 2019. Biaya yang diperlukan untuk berlangganan Apple Arcade dan Apple TV+ adalah 4,99 dolar Amerika atau sekitar 700 ribu rupiah per bulan.

    Peranti lain adalah iPad generasi ketujuh dengan layar Retina 10,2 inci dengan pelindung yang dibuat dari bahan daur ulang. Kecepatannya telah ditingkatkan dan mampu berkompetisi dengan laptop PC. iPad terbaru ini dijual mulai dari harga 329 dolar Amerika atau sekitar 4,5 juta rupiah.

    Satu teknologi terakhir dipersembahkan bagi Anda penggila olahraga. Apple Watch Series 5 telah hadir dengan fitur-fitur yang tentunya sudah mengalami peningkatan. Produk ini dijual mulai dari harga 399 dolar Amerika (sekitar 5,5 juta rupiah)



    (Penulis: Sarah Rense; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Courtesy of Bazaar US) 


    Tags : iphone






- RELATED ARTICLE -