• Apakah Tidur Menggunakan Makeup Berbahaya?

    Beauty / News


    Apakah Tidur Menggunakan Makeup Berbahaya?

    Seorang dokter kulit menjelaskan bahaya dari tidur mengenakan makeup.


    Apa yang dapat terjadi ketika Anda tidur sambil mengenakan makeup? Apa yang akan terjadi dengan kulit Anda? Hal ini adalah hal yang pernah terjadi pada siapa pun, namun apakah ini hal kecil yang tak perlu dikhawatirkan? 

    Berikut adalah pendapat para ahli tentang apa yang akan terjadi jika Anda tidur mengenakan makeup.

    1. Bagaimana hal ini akan memengaruhi kulit?

    "Ketika makeup dibiarkan semalaman, zat yang terkandung di dalamnya akan menyerap ke dalam beberapa lapisan kulit," ujar dr. Anne Wetter, yang berprofesi sebagai dokter kulit dalam nada serius. Dan pori-pori wajah yang tertutup oleh makeup akan menghalangi proses rehidrasi.

    Hindari hal tersebut dengan melakukan double cleansing di esok harinya. "Awali proses membersihkan wajah dengan oil-based cleanser untuk menghancurkan partikel makeup, debu dan minyak," dr Wetter menambahkan. "Lalu, gunakan cleanser biasa untuk membersihkan segala zat yang tertinggal."


    2. Dan bagaimana dengan bulu mata Anda?

    Kecuali Anda akan mengenakan kacamata hitam di dalam ruangan, jangan pernah tidak membersihkan maskara yang Anda pakai.

    "Jika Anda selalu membiarkan maskara dan eyeliner semalaman, rambut kecil dan bagian lapisan mata dapat tertutup, sehingga menimbulkan infeksi dan inflamasi," jelas dr. Wetter.

    Apakah Anda akhirnya menemukan sebuah produk maskara yang membuat tampilan bulu mata menjadi lebih panjang dari kaki Kendal Jenner? Jangan membuat produk tersebut membahayakan Anda dengan tidak membersihkan sisa produk dari mata Anda.

    "Tidur dengan maskara akan membuat bulu mata menjadi kering, rusak dan mudah patah," dr. Wetter berkata.


    3. Bagaimana cara mengatasi komedo?

    Anda terbangun dari tidur dan melihat beberapa komdeo bermunculan di wajah? "Sebum adalah bentuk pelicin natural yang akan melembapkan kulit dan menghindari iritasi, seperti sel kulit mati," jelas dr. Wetter.


    "Namun kosmetik yang dibiarkan tertinggal akan menutupi proses munculnya sebum, sehingga sel kulit mati akan memperbesar pori-pori wajah yang membuat munculnya jerawat di wajah." Hindari hal tersebut dibandingkan mengobatinya, dan teruskan rutinitas membersihkan wajah menggunakan produk retinoid yang akan mengatasi sumbatan di pori-pori.


    4. Dapatkah hal ini merusak segala usaha Anda untuk menghindari penuaan?

    Jika Anda selama ini sudah melakukan rutinitas kecantikan dengan berbagai produk anti-aging, tidur dengan menggunakan makeup akan menggagalkan segala usaha Anda.

    "Di siang hari, kulit Anda berada di bawah banyak tekanan dari oxidative stress, seperti zat radikal bebas yang membuat unsur kolagen di dalam kulit berantakan," jelas dr. Wetter.

    "Hal tersebut akan berlanjut jika Anda membiarkan makeup semalaman, yang membuat kulit kehilangan elastisitasnya dan menimbulkan kerutan serta penuaan dini." Jadi, untuk menjaga kulit Anda tetap muda, berikan kulit waktu untuk beristirahat semalaman.


    5. Bagaimana ini akan mempengaruhi kulit bibir Anda?

    Apakah Anda berpikir bahwa meninggalkan sisa lipstik di bibir tak akan berpengaruh apa-apa? Coba pikirkan kembali.

    "Lipstik mengandung zat kimia yang akan membuat bibir menjadi kering," jelas dr. Wetter. "Ketika Anda makan, minum dan berbicara, lipstik tidak akan tahan seharian, tetapi ketika malam hari, zat kimia tersebut akan menyerap ke dalam lapisan kulit bibir dan menghabiskan kelembapan bibir Anda." 


    Ditambah, zat wax di lipstik akan menyebabkan pori-pori di sekitar bibir tersumbat, yang menyebabkan bertambahnya komedo. 

    Anda mengenakan lipstik yang memiliki ketahanan yang lama? Cukup bersihkan dengan sikat gigi secara perlahan dan pembersih berbahan minyak untuk menghapusnya.



    (Penulis: Gemma Yates; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Astrid Bestari; Foto: Courtesy of Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -