• Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pengecilan Payudara

    Beauty / Tips


    Semua Hal yang Perlu Diketahui Tentang Pengecilan Payudara

    Ahli bedah estetika menjelaskan semua yang Anda perlu ketahui tentang operasi pengecilan payudara.


    - Menurut BAAPS (British Association of Aesthetic Plastic Surgeon), ada 26.043 prosedur bedah kosmetik pada tahun 2018 dengan lebih dari 12.000 wanita Inggris memilih beberapa jenis operasi payudara. 

    - Prosedur operasi payudara umumnya dibagi menjadi tiga kategori: pembesaran payudara, pengecilan payudara dan mastopexies (lebih dikenal sebagai breast lift atau pengangkatan payudara). Operasi tersebut masing-masing dirancang untuk mengatasi masalah pribadi serta disesuaikan dengan tubuh dan gaya hidup.

    - Di sini, Profesor Marcos Sforza, ahli bedah estetika dan direktur ilmiah MyBreast Cosmetic Surgery memberi tahu Bazaar segala hal yang perlu Anda ketahui tentang pengecilan payudara. Mulai dari apakah Anda adalah kandidat ideal, pemulihan apa yang diperlukan dan potensi risiko serta komplikasi terkait operasi tersebut.


    Menurut BAAPS, jumlah wanita Inggris yang menjalani prosedur pengecilan payudara meningkat tujuh persen dibanding tahun lalu.

    Pengecilan payudara adalah prosedur untuk menghilangkan kelebihan lemak, jaringan dan kulita payudara untuk mencapai ukuran yang lebih proposional dengan tubuh Anda. Prosedur ini dapat mengurangi rasa tidak nyaman pada fisik yang disebabkan oleh payudara yang berat seperti sakit punggung, bahu atau leher.

    Operasi biasanya memakan waktu sekitar setengah hari untuk diselesaikan dan Anda mungkin memerlukan rawat inap selama satu malam setelah prosedur tersebut.


    Bagaimana cara mengetahui jika Anda adalah kandidat yang cocok?

    Anda adalah kandidat yang cocok untuk pengecilan payudara jika memenuhi kriteria berikut:

    - Ukuran payudara Anda tidak proporsional dengan bagian tubuh yang lain.

    - Ukuran payudara Anda membatasi aktivitas fisik.

    - Anda mengalami sakit punggung, leher, bahu dan sulit menemukan posisi tidur yang nyaman karena payudara besar.

    - Anda mengalami ruam atau infeksi yang memengaruhi kulit di bawah payudara.

    - Anda tidak lagi ingin memiliki lebih banyak anak, karena kehamilan dapat memengaruhi hasil pengecilan payudara.

    - Anda telah selesai menurunkan berat badan atau mempertahankan berat badan stabil selama minimal enam bulan. Kehilangan berat badan setelah pengecilan payudara dapat mengembalikan bentuk yang tidak proporsional.


    Apa perbedaan pengecilan payudara dengan prosedur lainnya?

    Pengecilan payudara adalah prosedur mandiri dan Anda tak perlu implan untuk menjaga payudara tetap 'pada tempatnya' setelah operasi ini. 

    Prosedur ini juga bertindak sebagai pengangkatan payudara, karena dokter bedah harus membentuk kembali payudara Anda setelah jaringan yang berlebihan diambil untuk membuatnya lebih kecil. Operasi ini juga dapat membuat payudara terlihat lebih perky.


    Teknik pengecilan payudara

    Prosedur pengecilan payudara yang paling umum melibatkan sayatan berbentuk lubang kunci yang meliputi areola. Sayatan tersebut memanjang ke bawah dan mengikuti lekukan alami lipatan di bawah payudara.

    Jaringan kelenjar, lemak dan kulit dihilangkan, lalu puting dan areola dipindahkan ke posisi baru. Kulit akan diturunkan dari kedua sisi payudara, membentuk lekukan payudara baru. Biasanya, suplai darah ke puting dan areola dipertahankan pada batang jaringan sehingga dapat dipindahkan ke posisi barunya yang lebih tinggi di dinding dada.

    Kesimpulannya...

    Teknik pengecilan payudara 'lollipop' adalah pendekatan yang kurang invasif dibandingkan dengan prosedur pengecilan payudara standar dan bisa memberikan hasil yang lebih tahan lama. Sayatan 'lollipop' dibuat di sekitar areola juga dada, diikuti dengan pengangkatan lemak berlebih dan jaringan payudara. Sayatan ditutup dengan melipat kulit yang berlebih.


    Apa yang dimaksud dengan prosedur tersebut?

    Dokter bedah Anda akan membuat tanda sebelum operasi untuk membimbing mereka saat mengeluarkan potongan kulit, lemak dan jaringan payudara. 

    Seperti pengangkatan payudara, operasi biasanya akan dimulai dengan sayatan di sekitar areola dan bagian bawah masing-masing payudara. Dokter bedah Anda kemudian akan menghilangkan jaringan payudara berlebih untuk mengurangi ukuran masing-masing payudara.

    Puting dan areola biasanya tetap melekat pada payudara tetapi mungkin perlu diangkat dan dipasang kembali pada posisi yang lebih tinggi jika payudara Anda sangat besar.



    Berapa lama hasilnya akan bertahan?

    Operasi pengurangan payudara hasilnya akan permanen, namun payudara akan terus berubah seiring bertambahnya usia pasien. Penting bagi sang pasien untuk mempertahankan berat badan yang sehat dan stabil untuk hasil jangka panjang terbaik.


    Potensi risiko dan komplikasi

    Operasi pengecilan payudara

    - Dokter bedah Anda akan berusaha mencapai simetri payudara setepat mungkin, tetapi beberapa variasi dalam ukuran dan bentuk mungkin terjadi.

    - Ukuran areola juga mungkin akan berkurang. Bekas luka sayatan Anda mungkin memudar seiring waktu tetapi tidak akan pernah benar-benar hilang.

    - Operasi pengecilan payudara selalu melibatkan perubahan posisi puting Anda, yang berarti sensasi normal pada puting dan areola dapat hilang secara permanen.

    - Dalam kasus yang jarang terjadi, ahli bedah mungkin perlu menggunakan teknik free nipple graft dalam operasi pengurangan payudara. Dengan teknik ini, puting dan areola dikeluarkan lalu disambung kembali. Tutup antara puting dan areola terpotong, membuat proses menyusui tidak memungkinkan.

    - Terkadang ada area jaringan payudara berlebih di bagian luar payudara yang dikenal sebagai 'telinga anjing'. Ini benar-benar tidak berbahaya tetapi mungkin bisa menjadi menjengkelkan karena 'menangkap' ketika menggerakkan lengan Anda. Ini cenderung menetap sekitar enam bulan setelah operasi tetapi dapat dengan mudah direvisi di bawah anastesi lokal jika masih ada setelah jangka waktu ini.


    Semua jenis operasi payudara

    - Efek samping paling umum pada operasi payudara adalah pembengkakan dan memar pada payudara.

    - Semua prosedur payudara dilakukan dengan anestesi dan memungkinkan memicu reaksi alergi (anafilaksis). Gejalanya meliputi kesulitan bernapas, peningkatan denyut jantung, gatal-gatal dan pembengkakan. Namun reaksi serus terhadap anestesi sangat jarang terjadi.

    - Respons fisik yang buruk terhadap anestesi kadang-kadang dapat berkembang menjadi infeksi dada. Ada risiko kecil ini terjadi, tetapi akan meningkat apabila Anda adalah perokok.

    - Akan ada bekas luka dari operasi. Ini akan memudar sekitar selama satu tahun, tetapi tidak mungkin sepenuhnya hilang. Terkadang, bekas luka mungkin menjadi lebih luas, tebal, merah atau menyakitkan, dan Anda mungkin perlu menjalani operasi untuk memperbaikinya.

    - Sebelum operasi, dokter bedah harus mendiskusikan obat apa pun yang Anda gunakan, karena beberapa meningkatkan risiko pendarahan. Penting juga untuk mengontrol tekanan darah,

    - Bisa saja terjadi cairan terkumpul di payudara. Ini mungkin perlu dikeringkan dengan jarum menembus kulit atau operasi lain.

    - Gumpalan darah dapat terbentuk di kaki, yang menyebabkan rasa sakit dan bengkak sehingga perlu diobati menggunakan obat pengencer darah.


    Pemulihan dari prosedur pengecilan payudara

    Proses pemulihan untuk semua prosedur payudara hampir serupa. Ketika Anda bangun dari operasi, sayatan akan tertutup dan dada mungkin terbungkus. Anda harus mempersiapkan setidaknya dua sampai tiga minggu cuti kerja, karena bisa saja mengalami memar, bengkak dan rasa tidak nyaman selama satu hingga dua minggu.

    Setiap jahitan yang tidak dapat larut dihapus setelah satu hingga dua minggu. Anda harus menyempatkan mengunjungi tim bedah secara teratur selama beberapa minggu pertama setelah prosedur, karena mungkin akan membutuhkan pembalut luka secara teratur selama kurun waktu ini.

    Meskipun semua luka sudah sembuh, dokter bedah tetap ingin menemui Anda secara rutin selama sekitar tiga hingga enam bulan setelah operasi.

    Paling tidak selama tiga minggu, Anda tidak dapat mengangkat apa pun lebih dari 10 pound, dan itu termasuk anak-anak. Jika memiliki anak, Anda akan butuh pengasuh utama selama waktu ini dan penggemar olahraga harus menghindari push-up, pull-up atau yoga intens selama sekitar dua bulan. Anda tidak akan bisa mengemudi setidaknya untuk satu atau dua minggu pertama.



    (Penulis: Bridget March dan Profesor Marcos Sforza; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Putri Arifa Malik; Foto: Courtesy of Bazaar UK) 

























- RELATED ARTICLE -