• 10 Lagu Indie Lokal untuk Didengar di Bulan Ini

    Culture / News


    10 Lagu Indie Lokal untuk Didengar di Bulan Ini

    Tidak kalah dengan versi internasional.


    Seiring berjalannya waktu, dunia musik Tanah Air terus mengalami perkembangan. Tidak hanya dari segi genre yang semakin beragam, tetapi juga dari segi kreativitas dan inovasi sejumlah musisi lokal. Patut diakui musik dari negeri sendiri kini semakin berkualitas.

    Bahkan tidak sedikit musisi serta grup band indie yang mendapat panggilan untuk menyelenggarakan konser di luar negeri. Beberapa di antaranya juga menerima tawaran untuk menggubah ulang lirik lagu mereka dalam bahasa asing.

    Hal ini membuktikan eksistensi musik lokal, termasuk komunitas musik indie di Indonesia. Apresiasi patut diberikan kepada para musisi indie ini, idealisme dalam menyuarakan musik versi mereka sendiri wajib dihargai.

    Ketika tidak banyak aturan yang berlaku, seni pun semakin bebas diekspresikan. Seperti halnya berlaku bagi para musisi indie ternama asal Indonesia. Sebagai bentuk dukungan dan apresiasi, Bazaar suguhkan 10 pilihan lagu dari para musisi indie ternama asal Indonesia.

    Mari nikmati dan hargai setiap karya.


    1. Dialog Hujan - Senar Senja


    Musik akustik menjadi identitas tersendiri dari grup musik indie lokal, Senar Senja. Beranggotakan Febry Rufiandhy dan Aditya Sidhi, lagu berjudul Dialog Hujan menjadi salah satu unggulan dari keduanya.


    2. On The Night Like This – Mocca


    Sering diundang pentas ke luar negeri, para penggemar grup musik indie asal Bandung, Mocca, memang telah mendunia. Terdiri dari Arina Aphipania di vokal dan flute, Riko Prayitno di gitar, Achmad Pratama di bass dan Indra Massad di drum, On The Night Like This menjadi salah satu lagu andalan Mocca.


    3. True Love – Elephant Kind


    Selanjutnya terdapat grup musik indie Elephant Kind dengan Bam Mastro sebagai vokalis. Sekilas saat mendengarkan lagu berjudul True Love dari Elephant Kind, Anda tidak akan menyangka grup band ini berasal dari negeri sendiri. Setiap nada dan lirik dilantunkan begitu fasih.


    4. Think of Love - Risin Black Hole


    Masih dalam bahasa Inggris yang tidak kalah fasih dibawakan oleh grup musisi indie asal Indonesia. Berikutnya ada grup musik bernama Risin Black Hole dengan lagu mereka yang berjudul Think of Love. Eksplorasi permaninan nada ringan dalam wujud konsep akustik dan lirik romantis membuat lagu ini serasa ingin diputar terus-menerus!


    5. Senja Di Ambang Pilu – Danila Riyadi


    Vokalis muda Danila Riyadi juga merupakan salah satu musisi indie dengan karya musik jazz berkualitas. Salah satu lagu andalannya berjudul Senja Di Ambang Pilu. Setiap nada dan not balok dibawakan tanpa cela melalui vokal adiktif khas Danila Riyadi. 


    6. A Song of Us – MarcoMarche


    Diambil dari nama gitar kesayangan kedua personelnya, MarcoMarche merukapan grup musik indie beraliran akustik asal Jakarta. Grup musik indie ini selalu tampil khas dengan membawakan musik genre folk-pop, seperti lagunya yang berjudul A Song of Us.


    7. Soon Finland – Heidi (The Girl with The Hair)


    Suara khas Heidi Nasution, vokalis indie dengan nama panggung The Girl with The Hair dijamin menyihir. Melalui lagunya yang berjudul Soon Finland, Heidi membuktikan kualitas para musisi indie lokal.


    8. Matahari Pagi – Banda Neira


    Selanjutnya, mari kita dengan sebuah lagu berjudul Matahari Pagi dari Banda Neira. Band yang dibentuk pada tahun 2012 silam dikenal para penikmat musik indie dengan nuansa musik folk-nya.


    9. Wait a Minute – Pamungkas


    Dapat dikatakan sebagai salah satu vokalis lokal bersuara lembut yang piawai membawakan lagu dengan nuansa melankolis, Pamungkas menjadi solois muda yang patut diapresiasi. Ia juga memberikan warna baru dalam dunia musik Indonesia.


    10. Hitam Putih – Fourtwnty


    Kita tutup dengan lagu berlirik dalam yang dibawakan oleh Fourtwnty. Ari Lesmana, Nuwi dan Root merupakan tiga personel dari grup musik indie yang pertama kali dibentuk pada tahun 2010 silam ini.



    (Foto & Video Courtesy of Instagram @elephantkind & www.youtube.com)









- RELATED ARTICLE -