• 13 Destinasi di Jakarta Untuk Akhir Pekan Anti Mainstream!

    Culture / Tips


    13 Destinasi di Jakarta Untuk Akhir Pekan Anti Mainstream!

    Tentunya mall tidak termasuk.


    Saat menikmati akhir pekan, tentu kita ingin memaksimalkan waktu bersantai setelah disibukkan oleh urusan pekerjaan selama seminggu penuh. Ketika waktu itu tiba, mari kembali merefleksi sekaligus mengisi diri dengan hal-hal bermakna dalam hidup. Seperti kata pepatah: Bahagia itu sederhana.

    Tidak perlu segala kemewahan atau hal kompleks untuk menorehkan rasa bahagia dalam diri, cukup hal sederhana yang sungguh bermakna. Apa saja hal yang dapat mengisi hidup tersebut? Tentunya diri kita sendiri lebih tahu.

    Untuk bersantai di akhir minggu dan memberi rasa bahagia serta relaksasi, berikut Bazaar jabarkan rekomendasi tempat serta aktivitas akhir pekan yang anti mainstream.


    1. Post Santa


    Bagi para penggemar literatur, berakhir pekan dengan mengunjungi toko buku Post Santa di bilangan Jakarta Selatan dijamin menginspirasi. Tempat ini tidak terlalu ramai seperti di pusat perbelanjaan. Selain buku berkualitas, Post Santa kerap menggelar diskusi literatur dengan pembicara .


    2. Erasmus Huis


    Rangkaian program pertunjukan sarat seni dan budaya kerap hadir di Erasmus Huis di kawasan Kuningan. Salah satunya pertunjukan musik dari musisi internasional berkualitas seperti yang terlihat di atas. Akhir pekan dijamin berkesan.


    3. Perpustakaan Nasional Indonesia


    Perkaya ilmu melalui koleksi literatur lengkap yang tersedia di Perpustakaan Nasional, Jakarta Pusat. Tidak hanya buku-buku berkualitas, di perpustakaan yang masih tergolong baru didirikan ini tersedia pula koleksi koran lama yang menyuarakan protes politik di eranya.


    5. RUCI Art Space


    Jika bicara tentang seni, Anda dapat juga mengisi akhir pekan di RUCI Art Space di bilangan Jakarta Selatan. Sejumlah karya seni dari seniman muda hingga senior yang berasal dari dalam dan luar negeri siap memuaskan naluri seni dan visual Anda.


    4. Kinosaurus


    Kegiatan akhir pekan lainnya yang tidak kalah menarik dapat dilakukan di Kinosaurus Jakarta, terutama bagi Anda para penikmat film indie. Di tempat ini, diputar kurasi judul film indie lokal dan internasional. Tidak jarang juga setelahnya digelar diksusi berbobot.


    6. Kota Tua


    Jangan terlebih dulu memandang sebelah mata kawasan Kota Tua di ibu kota. Tidak kalah dengan pusat perbelanjaan ternama, Anda justru dapat belajar banyak mengenai kota sendiri di kawasan bersejarah ini. Akhir pekan menjadi salah satu waktu terbaik untuk menjelajahinya.


    7. Stasiun MRT


    Antusiasme warga Jakarta belum berakhir dengan kehadiran stasiun MRT di ibu kota. Bagi Anda yang belum sempat mencobanya, luangkan waktu di akhir pekan untuk mencoba sarana transportasi terbaru ini ketimbang menambah kemacetan kota dengan membawa kendaraan pribadi.


    8. Petak Sembilan


    Tidak ada salahnya lebih mengenal keragaman budaya di kota sendiri. Bagi Anda yang tertarik dengan kultur kebudayaan warga keturunan Tionghoa yang berdomisili di Jakarta, Petak Sembilan menjadi tujuan sempurna.


    9. Museum Wayang


    Masih sarat akan budaya, kali ini mari selami makna dari setiap tokoh karakter wayang. Di akhir pekan, Anda dapat mengunjungi Museum Wayang untuk memperkaya ilmu akan dunia perwayangan.


    10. Kalijodo Skate Park


    Usai renovasi, Kalijodo menjadi wajah baru yang membanggakan bagi warga Jakarta Utara. Keberadaannya langsung melejit dengan tampilan baru yang lebih modern. Ini semua tentunya dipengaruhi oleh peralihan status dan fungsi.


    11. Monas


    Jangan terkejut jika mendengar bahwa sebagian besar warga Jakarta belum pernah menginjakkan kaki ke Monumen Nasional alias Monas. Padahal di tempat ini kita dapat mempelajari lebih lanjut mengenai kisah politik dan budaya negeri sendiri.


    12. Jalan Sabang


    Jangan sampai melewatkan kuliner nikmat ibu kota! Rasa autentik Indonesia dengan keramahan para penjualnya menjadi ciri khas dari jajanan serta kuliner lokal yang tersedia di sepanjang Jalan Sabang, Menteng.


    13. Gelora Bung Karno


    Usai berkuliner ria, saatnya menutup akhir pekan sekaligus membakar kalori di area Gelora Bung Karno, Senayan. Sejak direnovasi, GBK menjadi tujuan favorit para pencinta olahraga di ibu kota. Akhir pekan tentu menjadi waktu terbaik untuk mengunjunginya!



    (Foto Courtesy of Instagram @post_santa, @erasmushuis_jakarta, @indargairi, @ruci.art, @kinosaurusjakarta, @wisatakotatua, @jkrmrt, @shansavero, @felixius_ogu, @tapsiyun, @annisabrinay, @sonnygwibisono)














- RELATED ARTICLE -