• Cari Tahu! Seberapa Lama Hasil Operasi Plastik Bertahan?

    Beauty / News


    Cari Tahu! Seberapa Lama Hasil Operasi Plastik Bertahan?

    Jika Anda sedang berencana untuk melakukan operasi plastik, ini yang perlu Anda ketahui mengenai seberapa lama hasilnya akan bertahan.


    JIka Anda sedang memikirkan untuk melakukan operasi kosmetik, sedikit hal yang akan Anda cari tahu tentu tentang berapa lama proses penyembuhannya dan apa hasil yang akan Anda dapatkan. Tetapi, seharusnya seberapa lama hasilnya akan bertahan juga dijadikan sebagai pertimbangan.

    Dengan begitu, Anda dapat memilih prosedur yang diinginkan, yang tidak hanya memenuhi harapan namun juga sesuai dengan budget keuangan dan gaya hidup Anda. Hal penting lainnya yang juga harus diperhatikan adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan prosedur tertentu.

    Kali ini, Profesor Marcos Sforza di MyBreast Cosmetic Surgery mendiskusikan apapun yang perlu Anda ketahui tentang berapa lama operasi yang berbeda-beda akan bertahan dan di usia berapakah prosedur tersebut sebaiknya dilakukan.

    Akankah hasil operasi Anda bisa kedaluwarsa?

    Jika Anda memikirkan untuk melakukan operasi kosmetik, coba tanyakan kepada diri Anda, kira-kira dalam beberapa tahun ke depan akan seperti apa penampilan Anda? Beberapa keputusan yang mungkin baik untuk sekarang, belum tentu akan menjadi baik juga di masa depan. 

    Jika Anda memilih prosedur kosmetik yang tidak memiliki hasil permanen, ingatlah Anda juga akan membutuhkan biaya untuk terus memperbarui operasi tersebut di masa depan, termasuk seberapa besar biaya yang akan termakan dengan melakukan prosedur tersebut.

    Terkadang, prosedur kedua dapat menghabiskan biaya yang sama besarnya seperti yang pertama, yang mana sangat penting untuk mengetahui seberapa sering dan setelah berapa tahun Anda diwajibkan untuk kembali ke meja operasi.

    Tidak semua praktik kosmetik mengizinkan Anda membayar dengan cicilan, jadi Anda harus tahu bahwa Anda dapat membiayai prosedur yang akan dijalani secara penuh di depan.

    Operasi kosmetik akan membutuhkan proses perencanaan yang panjang, investasi keuangan dan perubahan gaya hidup yang signifikan dibandingkan solusi yang tidak melibatkan prosedur operasi. Namun jika Anda melakukan riset lebih dalam dan membuat keputusan yang dipenuhi informasi akurat, hasilnya akan dapat menjadi lebih panjang.

    Ini salah satu faktor kunci yang perlu diketahui: implan perlu diganti setelah beberapa lama. Contohnya, beberapa wanita di usianya yang masih 20 tahun ke atas ingin memiliki dada yang lebih besar dengan menggunakan implan di konsultasi pertama mereka. Bagaimanapun, sebagai seorang dokter bedah yang bertanggung jawab, merupakan tugasnya untuk memberi tahu kepada pasien jika pilihan mereka tidak cocok untuk bentuk tubuh mereka.

    Saya akan selalu berkata, "Ini adalah bentuk implan yang Anda inginkan. Coba rasakan betapa beratnya ini, implan ini dapat memberikan efek panjang dan merenggangkan kulit dada Anda."

    Walaupun implan dada tidak ada kata 'expire', nyatanya tidak ada garansi implan tersebut akan awet seumur hidup. Rata-rata produk implan yang mengandung silikon dan saline akan bertahan lama sampai 10 hingga 20 tahun, jadi untuk Anda yang berencana untuk menggunakannya dapat memikirkan biaya yang dibutuhkan sedari dini.


    Gaya hidup sehat adalah kunci

    Tidak peduli berapa usia Anda saat memilih untuk melakukan prosedur kosmetik, beberapa operasi membutuhkan perubahan gaya hidup yang permanen jika ingin hasilnya tahan lama. Liposuction dan tummy tuck mesti dipadankan dengan diet sehat dan gaya hidup yang aktif untuk menjaga hasil terbaik. Jika Anda tidak berkomitmen untuk menjaga berat badan, maka ia akan kembali naik.

    Sementara itu, operasi payudara dengan memindahkan lemak ke bagian dada atau operasi pengecilan payudara bersifat permanen, namun ukuran buah dada Anda tetap dapat berubah ketika berat badan bertambah atau menurun, jadi Anda harus tetap menjaga kesehatan dan berat badan yang stabil setelah operasi.

    Operasi juga tidak akan menghindarkan Anda dari penuaan. Gravitasi tidak akan menghindari Anda setelah melakukan prosedur. Gravitasi akan tetap menembus kulit Anda dan sel tisu yang lembut di bawah permukaan kulit yang sangat sensitif terhadap pressure. Sebuah facelift tidak akan terlihat sesegar ketika Anda baru saja melakukannya.

    Saya rasa sekitar 20 persen pasien prosedur facelift kembali ke saya setelah 7 tahun, dan meminta agar saya merevisi atau melakukan prosedur pengencangan. Mata adalah salah satu area pertama di wajah yang akan menampilkan efek penuaan dan bahkan ketika Anda sudah melakukan eye lift, mereka akan tetap menua. Meski begitu, bagian kelopak atas mata membutuhkan prosedur pengulangan setelah 5 sampai 7 tahun.

    Anda dapat menolong hasil facial rejuvenation menjadi tahan lama dengan menghindari dehidrasi dan menggunakan SPF setiap hari. Anda juga perlu menghindari alkohol dan rokok yang akan menyebabkan penuaan prematur. 




    Kapan Usia Paling Muda untuk Prosedur Kosmetik?

    Di bawah hukum di Inggris, siapapun yang berusia lebih dari 16 tahun dapat melakukan operasi kosmetik, yang dapat mengizinkan para dokter bedah plastik untuk melakukan prosedur dan izin dari orang tua pihak pasien. 

    Tetapi ada banyak alasan agar siapapun lebih baik melakukan prosedur operasi setelah mencapai usia yang jauh lebih dari 16 tahun. Pertama, sangat penting untuk memastikan keseluruhan anatomi di tubuh pasien tersebut sudah terbangun dengan baik sebelum memutuskan untuk melakukan operasi demi alasan estetika. 

    Contohnya, buah dada akan terus bertumbuh sampai usia 18 tahun, sehingga operasi payudara hanya dapat dilakukan ketika proses pembentukan yang natural tersebut sudah selesai. Operasi seperti rhinoplasties (atau nose job) hanya dapat dilakukan ketika tulang wajah sudah berhenti bertumbuh. Yang normalnya terjadi pada usia 18 tahun untuk wanita dan 19 tahun untuk pria.

    Mental setiap invidivu juga kunci yang penting untuk dipikirkan, terutama operasi yang perlu diperhatikan untuk pasien berumur terlalu muda. Sangatlah penting setiap individu sudah cukup dewasa untuk membuat keputusan besar, yang harus dievaluasi sepanjang waktu konsultasi dan dengan selalu berkomunikasi kepada dokter.


    Kapan Anda terlalu tua untuk prosedur kosmetik?

    Saya melihat ada penambahan pasien yang berumur lebih tua ingin melakukan operasi kosmetik. Namun, ada stigma yang sering beredar dalam mengasosiasikan operasi kosmetik sehingga menyebabkan banyak pasien ingin hasil yang sangat natural.

    Sering kali saya mendengar pernyataan dari pasien berusia lanjut yang mengatakan: "Saya melihat diri saya di cermin dan saya tidak mengenali sosok di situ. Saya ingin sekali terlihat seperti diri saya." atau "ketika saya melihat ke belakang dalam 10 tahun, saya tidak melihat perbedaan apapun di dalam pikiran saya, hanya diri saya yang berbeda."

    Ini bukan hanya masalah seorang individu tidak ingin menerima kenyataan. Namun, generasi saat ini lebih memiliki ekspetasi hidup yang panjang, tetap sehat dan ingin fisik mereka juga sejalan dengan jalan pikiran mereka.

    Sayangnya, ada beberapa risiko yang dapat Anda hadapi ketika melakukan operasi kosmetik semakin umur Anda bertambah. Contohnya, orang dewasa yang berumur lebih dari 75 tahun dapat mengalami resiko 1,5 kali lebih tinggi mendapatkan komplikasi selama prosedur yang menggunakan general anaesthesia.

    Bukan cuma usia yang menjadi faktor utama. JIka Anda sehat dan tidak memiliki kondisi kesehatan seperti osteoporosis, diabetes atau darah tinggi, Anda tetap dapat menjadi kandidat yang baik untuk menerima sebuah prosedur. 

    Ketahuilah ada beberapa prosedur yang apabila tidak dilakukan sebelum usia tertentu, akan memiliki hasil yang kurang baik. Contohnya, semakin lama Anda melakukan face lift, elastisitas kulit Anda akan menurun, sehingga hasil operasi tersebut tidak akan terlalu baik dibandingkan ketika Anda masih berusia 40 atau 50-an.


    Usia paling optimal untuk melakukan operasi

    Di usia 20-an

    Seperti yang dijelaskan di atas, sebaiknya menunggu hingga seluruh anatomi tubuh sudah dipastikan tidak lagi bertumbuh sebelum melakukan pembesaran atau pengecilan payudara. 

    Banyak orang melakukan prosedur ini di usia 20-an sehingga mereka bisa menikmati hasil prosedur selama mungkin sebelum dilakukan pengulangan prosedur. Di rentang usia ini, para pasien juga mudah melakukan recovery setelah prosedur dilakukan, dan tidak akan terlalu terpengaruh oleh obat bius. 

    Operasi hidung perlu dilakukan hanya ketika tulang di wajah sudah berhenti bertumbuh, yakni di usia 18-19 tahun. Umumnya, memang sebaiknya lakukan operasi hidung lebih awal jika Anda menginginkannya, dikarenakan kulit akan membungkus bagian hidung lebih baik dibandingkan ketika kulit sudah semakin menua dan sulit untuk beradaptasi.

    Di usia 30-an

    Untuk Anda yang ingin melakukan liposuction, usia 30-an ke atas adalah waktu yang optimal dikarenakan kulit yang masih elastis sehingga akan memberikan hasil yang baik. Kulit yang lebih muda lebih cepat terbentuk menjadi rapi. Anda juga dapat memperbaiki bentuk tubuh secara efisien melalui diet dan olahraga di usia 20-an. 

    Di usia 40-an

    Jika Anda berencana untuk membangun sebuah keluarga, tetapi belum memiliki anak, sangat penting untuk menunda waktu melakukan breast lift. Hal itu dikarenakan kehamilan merubah bentuk payudara dan dapat merusak hasil breast lift Anda.

    Sangat direkomendasikan juga untuk menunggu sampai Anda melahirkan anak terakhir sebelum melakukan prosedur tummy tuck, dikarenakan kehamilan akan merenggangkan kulit perut Anda.

    Di usia 50 keatas 

    Face lift dan operasi kelopak mata sangatlah efektif di rentang usia ini. Bagaimanapun, lebih baik melakukan face lift sejak usia 40-an dan memperbaikinya kemudian di usia 50-an.  Langkah ini akan menciptakan hasil lebih baik dan membantu menjaga tampilan muda lebih lama.


    Bagaimana cara mengetahui bahwa operasi Anda berjalan lancar? Segala prosedur memiliki risiko, tetapi dengan terus menjaga kesehatan sebelumnya, akan membantu penyembuhan Anda dan mengurangi risiko komplikasi dan mempercepat penyembuhan.

    Hal ini termasuk dengan berat badan yang sehat, berhenti merokok dan menghindari alkohol untuk beberapa saat sebelum dan setelah prosedur. Sangatlah vital agar pasien selalu bisa untuk berbincang tentang apapun dengan dokter bedah mereka untuk meyakinkan ekspektasi mereka adalah hal yang realistis dan hasil optimal dapat dimiliki. 

    Dokter bedah Anda juga harus memiliki standar yang menyatakan mereka sebagai dokter bedah terakreditasi. 

    Anda juga harus rajin melakukan riset dan membaca review untuk meyakinkan diri bahwa Anda sudah memilih dokter terbaik. Dokter terbaik tidak akan memaksa Anda untuk melakukan prosedur di luar kehendak atau menawarkan paket tertentu yang akan mempengaruhi keputusan Anda. 

    Terkadang Anda mendengar sebuah keputusan terdengar terlalu baik, dan biasanya hal seperti itu memang too good to be true.



    (Penulis:  Bridget March dan Professor Marcos Sforza; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih bahasa: Astrid Bestari; Foto: Courtesy of Bazaar UK)








- RELATED ARTICLE -