• Apakah Eyelash Extension Merusak Bulu Mata Asli Anda?

    Beauty / News


    Apakah Eyelash Extension Merusak Bulu Mata Asli Anda?

    Ketika akan melakukan eyelash extension, ada baiknya Anda baca paparan berikut terlebih dahulu.


    Eyelash extension tengah populer di kalangan para pencinta dunia kecantikan. Bagaimana tidak, dengan menggunakan eyelash extension, Anda bisa menghemat waktu merias wajah. Selain itu, Anda juga bisa tampil memesona sepanjang waktu tanpa harus repot menggunakan maskara. Tentu akan menghemat waktu bersiap ke kantor, bukan?

    Tapi tunggu dulu, meskipun tengah digandrungi dan banyak sekali eyelash parlor yang bermunculan, Anda sebaiknya tak terburu-buru mengikuti satu ini. Pasalnya, tak semua orang cocok menggunakan bulu mata palsu yang ditempelkan secara semi permanen ini. 

    Sebelum Anda memutuskan untuk membuat perjanjian eyelash extension, sebaiknya simak dulu paparan Bazaar seputar tren tersebut berikut ini.

    Tanyakan Hal Berikut Pada Diri Anda

    Ada beberapa hal yang harus disadari tentang kebiasaan Anda sebelum mulai berkomitmen pada eyelash extension. Coba tanyakan diri Anda pertanyaan berikut dan pastikan Anda adalah kandidat yang tepat untuk memiliki bulu mata palsu semi permanen.

    1. Apakah saya sering tidur dengan posisi menempelkan wajah di bantal atau kasur?
    2. Apakah saya sering menggosok mata?
    3. Apakah saya punya tendensi menarik atau memegang bulu mata?
    4. Apakah saya pernah mengalami iritasi mata yang bisa menjadikan mata lebih sensitif terhadap bulu mata palsu?
    5. Apakah saya baru menjalani sebuah prosedur medis pada area mata?


    Jika "Ya" mendominasi jawaban dari pertanyaan di atas, maka sebaiknya Anda menunda perjanjian eyelash extension. Beberapa kebiasaan seperti tidur dengan menempelkan wajah di kasur atau bantal, menggosok mata dan menyentuh bulu mata dapat menyebabkan mata dengan eyelash extension lebih mudah iritasi serta membuat bulunya lebih cepat rontok. Kenali kebiasaan-kebiasaan tersebut dan coba untuk merubahnya sebelum Anda menanam bulu mata palsu.


    Kenali Material Bulu Mata Palsu yang Anda Gunakan

    Dulu, mink lashes merupakan material paling populer untuk eyelash extension. Namun seiring berkembangnya teknologi, perbedaan bulu mata sintetis dan mink lashes semakin tidak terlihat atau terasa. Ditambah lagi, silk lashes adalah jenis bulu mata palsu sintetis yang hypoallergenic. Sehingga jika Anda punya alergi terhadap bulu hewan, maka jenis bulu mata palsu ini menjadi pilihan paling tepat. Selain itu, pemilihan bulu mata sintetis juga lebih ramah terhadap hewan dan lingkungan.


    Bulu Mata Ekstra Panjang dan Tebal Rentan Terhadap Kerontokan

    Mungkin Anda merasa sudah tahu banyak tentang eyelash extension, namun tak ada salahnya untuk konsultasi bersama terapis sebelum memilih tingkat ketebalan dan panjang bulu mata palsu yang tepat untuk mata Anda. Memakai bulu mata palsu semi permanen yang terlalu panjang dan tebal bisa merusak bulu mata asli Anda.

    Hal tersebut disebabkan bulu mata palsu ekstra panjang dan tebal lebih berat dibanding jenis bulu mata palsu yang biasa. Kelebihan berat ini yang membuat kerontokan dini pada bulu mata asli dan jika terjadi secara terus menerus akan menyebabkan kerusakan permanen. Sebaiknya pilih bulu mata yang panjangnya tidak lebih dari dua milimeter dibanding bulu mata asli Anda. 


    Utamakan Kesehatan Mata

    Pastikan tempat yang Anda datangi memiliki alat pasang bulu mata palsu yang bersih. Meski eyelash extension hampir bebas risiko, namun Anda tetap harus berhati-hati. Bulu mata palsu bisa meningkatkan risiko infeksi pada mata jika tidak dilakukan secara benar. Bakteri bisa menumpuk di bawah lem dan bulu mata palsu jika dikenakan dalam jangka waktu yang lama.

    Hal lain yang mungkin bisa menjadi perhatian Anda adalah reaksi alergi terhadap lem bulu mata. Jika Anda memiliki mata yang cukup sensitif, sebaiknya informasikan kepada terapis sehingga bisa melakukan pemilihan lem yang tidak terlalu keras.

    Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya lakukan servis eyelash extension secara berkala. Jika Anda sudah melakukan servis lebih dari empat atau lima kali, segera ganti bulu mata palsu semi permanen dengan yang baru.


    Cara Merawat Bulu Mata Palsu

    DO!

      1. Sikat bulu mata menggunakan brush khusus secara perlahan setiap hari.
      2. Bersihkan eyelash extension Anda secara teratur menggunakan pembersih bebas minyak. Anda juga bisa mencoba perawatan lash wash yang tersedia di beberapa gerai eyelash extension.
      3. Sehabis mandi atau mencuci wajah, keringkan bulu mata palsu dengan handuk bebas serat atau paper towel.

    DON'T!

      1. Menggosok mata terlalu lama. Hindari juga menyentuh atau menarik bulu mata palsu Anda.
      2. Hindari aplikasi produk berbahan dasar minyak di area mata.
      3. Hindari menggunakan produk kosmetik tahan air atau riasan mata dengan klaim tahan lama.
      4. Jangan menggunakan eyelash curlers.


    Tidak Banyak yang Dapat Anda Lakukan untuk Menjaga Agar Eyelash Extension Tidak Rontok

    Jika Anda bertanya-tanya apakah ada produk ajaib yang dapat mempertahankan eyelash extension, sayangnya tidak ada. Bulu mata alami tumbuh dan rontok mengikuti siklus tertentu (seperti rambut di kepala Anda). Biasanya siklus tersebut tejadi setiap 60 hingga 90 hari. Ketika bulu mata mencapai kematangan dan siap untuk diganti dengan yang baru, maka ia akan rontok dengan sendirinya, begitu pula dengan bulu mata palsu Anda. Satu orang bisa merontokkan antara satu hingga lima bulu mata alami setiap hari.


    (Foto: Courtesy of Puhhha©123RF.com)



















- RELATED ARTICLE -