• 8 Rahasia Kecantikan Kulit Ala Korea Selatan

    Beauty / Tips


    8 Rahasia Kecantikan Kulit Ala Korea Selatan

    Araceli Elchami, ahli estetika di Sulwhasoo, membuka rahasia perawatan kulit.


    Produk perawatan kecantikan kulit asal Korea Selatan telah menjadi kian populer dan rutinitasnya terus berkembang untuk mengakomodir penemuan besar di industri K-Beauty. Namun kenyataannya, kita masih jauh tertinggal dalam inovasi terbaru dan tidak ada yang memiliki pengetahuan terbaik tentang perawatan kulit melainkan ahli kecantikan yang sudah terlatih.

    Berikut delapan rahasia yang mampu mengubah kulit Anda dari Araceli Elchami, ahli estetika di Sulwhasoo.


    1. Satu pembersih tak akan pernah cukup.

    Mamonde Petal Spa Oil to Foam Cleansing Oil

    Para ahli di dunia perawatan kulit cukup tegas menyatakan hal tersebut. "Ritual perawatan kulit ala Korea Selatan dimulai dengan pembersihan ganda. Gunakan pembersih berbahan dasar minyak untuk menghilangkan makeup, tabir surya dan kotoran berbasis minyak lainnya. Kemudian lanjutkan dengan busa pembersih atau sabun untuk membersihkan pori-pori," kata Elchami. 

    Jika Anda terburu-buru dan memiliki waktu sekitar 60 detik sebelum pilates dimulai, gabungkan keduanya dengan formula oil-in-micellar untuk membersihkan maskara yang membandel dan menghapus jejak setiap riasan.


    2. Air, Emulsion dan Refiner memiliki manfaat masing-masing.

    Masing-masing memiliki konsistensi spesifik dan manfaat yang berbeda. Air, yang paling ringan, mengisi kembali nutrisi dan hidrasi setelah pembersihan. Sementara refiner mengatasi masalah tekstur untuk menghaluskan pori-pori, meningkatkan kejernihan kulit dan menghaluskannya. 

    Emulsion, yang paling berat dari ketiganya, memiliki tekstur lebih dekat ke susu daripada krim. Langkah hidrasi ini menyeimbangkan minyak dan kelembapan untuk memastikan kulit Anda benar-benar menyerap produk perawatan yang mengikutinya.


    3. Langkah aplikasi produk kecantikan adalah segalanya.

    AMOREPACIFIC Vintage Single Extract Essence

    Layering adalah kunci kebersihan maksimal. Jika kulit siap untuk menyerap produk kecantikan yang Anda gunakan, maka mereka akan bekerja lebih baik. Cara termudah untuk mengingat langkah-langkahnya? Mulai dari tekstur yang paling ringan hingga yang paling berat. Satu langkah yang mungkin sering dilewatkan menurut Elchami adalah menyeimbangkan. 

    "Pada langkah ini, Anda harus menggunakan air diikuti oleh emulsion untuk menyeimbangkan kadar minyak dan kelembapan yang diperlukan untuk memaksimalkan potensi kulit menyerap nutrisi. Kemudian Anda dapat beralih ke perawatan aktif terkonsentrasi dalam bentuk serum, essence dan ampul yang dirancang untuk mengatasi masalah tertentu. Untuk menyegel semua kelembapan tersebut, oleskan krim mata, krim wajah dan face oil yang akan menciptakan perisai demi mengunci serta melindungi bahan aktif dari lingkungan luar."


    4. Suplemen adalah tren selanjutnya di dunia kecantikan.

    "Salah satu hal yang saya perhatikan menjadi sangat populer di Korea Selatan adalah mengonsumsi vitamin atau suplemen perawatan kulit," kata Elchami. Ia tak terkejut ketika pelatihan mengajarinya bahwa penyakit kulit berasal dari usus yang tidak sehat. 

    "Kulit indah benar-benar dimulai dari dalam ke luar," tutur Elchami. Jika diet Anda kekurangan zat gizi mikro, suplemen kulit dapat membantu mengisi kekurangan tersebut.


    5. Eksfoliasi secara hati-hati.

    AMOREPACIFIC Treatment Enzyme Peel Cleansing Powder

    "Wanita Korea Selatan sangat berhati-hati mengenai eksfoliasi untuk memastikan keseimbangan kulit. Mereka sadar bahwa hal tersebut penting dilakukan untuk menghilangkan sel kulit mati, tetapi juga tahu mereka harus melakukannya secara lembut," kata Elchami. Ini berarti memiliki banyak kesadaran tentang kondisi kulit sehari-hari.

    Alih-alih mengikuti satu rutinitas yang diterapkan, wanita Korea Selatan memilih dan menyesuaikan produk eksfoliasi mereka (seperti bubuk, masker, dan retinol) berdasarkan masalah serta kebutuhan kulit pada hari, minggu, atau bulan tertentu. Perawatan kulit Korea Selatan juga telah mengembangkan inovasi untuk memasukkan exfoliator enzyme yang diaktifkan dengan air. Hal tersebut menjadi populer karena mampu mengangkat sel kulit mati tanpa merusak kulit sehat di bawahnya.


    6. Pijatan yang tepat adalah rahasia kontur wajah dan Anda bisa melakukannya di rumah.

    Bukan hanya untuk relaksasi. "Pijat memiliki banyak manfaat dan menjadi salah satu bagian terpenting dari sertifikasi perawatan kulit di Korea Selatan. Mereka memiliki teknik canggih yang dapat membuat Anda terlihat jauh lebih muda tanpa filler dan botox," kata Elchami.

    Selain memanipulasi tampilan wajah, pijatan yang tepat mampu meningkatkan kesehatan kulit dengan menerapkan stimulasi fisik pada otot, melancarkan sirkulasi darah dan getah bening serta pembuluh darah, sekaligus memperkuat kapiler kulit untuk mempromosikan pengiriman oksigen dan nutrisi aktif ke sel. Pijatan tepat juga menjadi trik anti-penuaan karena dapat menjaga kekencangan dan elastisitas jaringan ikat serta mencegah keriput.

    "Berikan tekanan lembut dari dagu ke atas, ketuk lembut area di sekitar mata dan selalu ingat untuk memijat ke arah berlawanan dari garis kerutan," kata Elchami. Sementara pijatan sendiri sangat bagus untuk perawatan sehari-hari, ia sangat merekomendasikan mencari ahli kecantikan terlatih untuk efek contouring dan detoksifikasi yang lebih dalam. Keahlian mereka memastikan jumlah tekanan yang tepat diterapkan selama perawatan, sehingga kulit Anda tidak bekerja terlalu keras.


    7. Jade Rollers sudah ketinggalan zaman.

    Sulwhasoo First Care Activating Serum - Inner Fullness

    Elchami mengatakan telah terjadi pergeseran alat paling populer untuk menyempurnakan warna kulit dan drainase limfatik. "Roller contouring selalu populer di kalangan wanita Korea Selatan, tetapi saya perhatikan bahwa masker wajah LED sangat digemari sekarang," tuturnya. Topeng yang terlihat seperti robot tersebut membantu menyempurnakan warna kulit, merangsang produksi kolagen dan membunuh bakteri penyebab jerawat dengan menggunakan lampu berwarna merah atau biru.


    8. Kesehatan kulit berkaitan dengan kesehatan tubuh.

    Lebih dari sekadar tips atau trik, pria dan wanita asal Korea Selatan memandang perawatan kulit dengan cara yang lebih simbolis. Menurut Elchami, mereka mendekatinya dari perspektif kesehatan holistik, bukan hanya estetika. 

    "Menjadi organ terbesar, masalah kulit terhubung dengan masalah kesehatan internal. Perawatan kulit adalah perpanjangan dari gaya hidup holistik, seimbang dan diet. Sementara kebanyakan orang cenderung melihat perawatan kulit secara estetika, ritual Korea Selatan sangat penting untuk mengembalikan semua energi yang kita berikan," katanya. 

    Langkah yang mudah: memperlambat rutinitas Anda dan menggunakannya sebagai momen untuk recharge secara mental.


    (Penulis: Taylore Glynn; Artikel ini disadur dari Bazaar US; Alih bahasa: Putri Arifa Malik; Foto: Courtesy of Bazaar US)











- RELATED ARTICLE -