• Rekomendasi Tempat wisata Terbaik saat Liburan di Dubai

    Culture / Tips


    Rekomendasi Tempat wisata Terbaik saat Liburan di Dubai

    Punya rencana liburan ke Dubai? Bazaar punya rekomendasi lokasi terbaik untuk menikmati kota modern ini bersama sahabat maupun keluarga.


    Banyak orang masih mengira kota Dubai sebagai destinasi untuk transit semata. Atau mungkin bagi beberapa orang, berlibur ke sana membutuhkan biaya yang besar, atau masih bingung dengan tempat-tempat wisata yang dapat dikunjungi? Jangan khawatir, Bazaar punya panduan lengkap berlibur ke Dubai yang dapat Anda baca di bawah ini.



    Namun sebelum itu, perhatikan dulu beberapa info di bawah ini:

    BAHASA

    Walaupun bahasa resmi Uni Emirat Arab adalah bahasa Arab, namun sebagian besar warga di sana dapat berbahasa Inggris.

    ALKOHOL

    Alkohol masih diizinkan di Dubai, tetapi hanya dapat ditemukan di tempat-tempat yang berlisensi seperti hotel, resort, dan restauran. Tetapi perbuatan tidak menyenangkan baik dipengaruhi alkohol atau tidak, tak dapat diterima, apalagi mengendarai kendaraan di bawah pengaruh alkohol (sangat tidak ada toleransi).

    CARA BERBUSANA

    Ada baiknya Anda berbusana dengan sopan selama di Dubai. Baju berenang atau bikini atau beach wear tetap dapat digunakan di area pantai dan kolam renang. Khusus di tempat pemerintahan, Anda disarankan untuk menutupi area bahu dan lutut. 

    Anda tidak perlu mengenakan kerudung, kecuali jika ingin mengunjungi masjid. 

    MATA UANG DUBAI

    Dubai atau Uni Emirat Arab menggunakan mata uang dirham (AED atau Arab Emirate Dirham). Pecahannya terdiri dari 5, 10, 20, 50, 200, 500, 1000. Mata uang tukar rupiah untuk 1 dirham adalah 3,854.52 rupiah (per tanggal 5 September 2019).

    Sebagian besar kartu kredit dapat diterima di mal, hotel, dan restauran, sedangkan ATM dengan logo Cirrus, Maestro atau Plus tersedia untuk tarik tunai.

    SUHU ATAU CUACA

    Bagi Anda yang tidak bermasalah dengan temperatur saat liburan, mungkin boleh mengabaikan bagian ini. Namun jika Anda ingin mengetahuinya, musim panas di sana adalah sekitar bulan Juni - September. Saat siang hari suhunya dapat mencapai 45 derajat Celcius. Sedangkan musim dingin di bulan Desember - Februari, suhunya dapat mencapai 10 derajat Celcius di malam hari.

    Jadi kapan waktu terbaik untuk mengunjungi Dubai? Jawabannya adalah sekitar bulan November-Maret. Namun tak perlu khawatir jika Anda takut merasa panas, Dubai memiliki banyak sekali tempat hiburan di dalam ruangan! Penasaran? Simak!

    TEMPAT WISATA DI DUBAI

    BUAT ANDA YANG SUKA BERSANTAI

    Madinat Jumeirah


    Sebuah resor besar yang memadukan konsep tradisional dan luksuri secara bersamaan. Tempat ini memiliki dua hotel mewah, teritori privat yang dibangun dengan gaya tradisional, spa berkelas dunia Talise, souk (dalam bahasa Arab berarti pasar atau tempat berbelanja), dan 44 restoran serta bar.



    Tempat ini juga memiliki “danau” buatan agar dapat mencoba atraksi Abra, sebuah kapal kayu tradisional yang dijadikan sebagai transportasi air di Dubai.


    La Mer


    Bagi Anda yang gemar relaksasi di tepi pantai, La Mer adalah destinasi yang tepat. Letaknya berada di antara Pearl Jumeira dan Jumeira Bay, tempat ini memiliki banyak butik, restoran, bar, dan kafe. Kalau di Bali, Anda dapat membayangkan tempat ini seperti area Seminyak. Banyak sudut-sudut Intagrammable yang dapat Anda telusuri.



    Salah satu restoran yang boleh dicoba adalah Slab dengan hidangan seasonal kasual dan kontemporer hasil pengaruh kuliner global semisal dari Korea, China, Jepang, dan lain-lain. Hidangan yang Bazaar coba di antaranya chicken wings a la Korea.



    Spicy tuna toast dengan roti yang renyah



    Mie dengan bumbu seperti chicken kungpao sampai roast beef.



    WISATA BELANJA

    The Dubai Mall


    Siapa yang tidak tertarik untuk berbelanja saat liburan? Dubai punya segalanya di The Dubai Mall, sebut saja dari label fashion premium ternama dari penjuru dunia, sampai zona wewangian dari berbagai brand kecantikan tersohor, termasuk parfum lokal khas Arab yang sangat digemari warga lokal.

    Jika Anda ingin menyantap hidangan sembari menikmati atrasi Dubai Fountain, ada beberapa restoran dibangun menghadap ke area itu. Salah satunya adalah Tribes, sebuah restoran berkonsep safari Afrika yang menyajikan hidangan western dengan porsi dan rasa yang menggugah selera.



    Contohnya adalah hamburger ini



    Atau minuman mocktail dengan gelas-gelas unik seperti di bawah ini:




    Old Dubai



    Berbanding terbalik dengan area glamor di dalam mal, Dubai juga memiliki kultur kental di sisi Old Dubai (Dubai Lama). Anda wajib mampir ke Dubai Souk untuk menyicipi ragam camilan khas Emirati (sebutan untuk warga asli Uni Emirat Arab), mencoba bumbu-bumbu terbaik Timur Tengah, atau sekadar berbelanja suvenir. Bangunan pasar tradisional ini masih orisinil, sehingga Anda dapat merasakan esensi histori di sana.


    Global Village


    Salah satu event menarik yang harus Anda kunjungi di Dubai adalah Global Village. Sebuah ekshibisi outdoor kultural musiman yang menggabungkan festival, tempat belanja, pasar kuliner, dan tempat hiburan menjadi satu. Partisipan yang hadir biasanya lebih dari 78 negara di seluruh dunia, dan ditampilkan lewat 27 paviliun megah.



    Tempat ini biasa hanya dibuka dari bulan Oktober sampai April saja, dengan alasan suhu pada musim panas dirasa akan membuat pengunjungnya tidak nyaman. Tahun ini, Global Village akan dibuka pada tanggal 29 Oktober 2019. 




    HAPPIEST PLACE

    IMG Worlds of Adventure


    Rencana liburan bersama keluarga? Dubai memiliki sederet wisata bermain yang ramah bagi anak-anak. Pertama adalah IMG Worlds of Adventure yang memiliki zona bermain tematik seperti Avengers, Cartoon Network, sampai The Lost Valley (tentang dinosaurus).

    Kelebihan dari tempat ini adalah indoor theme park sehingga Anda tidak perlu merasa panas atau berkeringat layaknya taman bermain pada umumnya. Wajib coba: wahana roller coaster The Velociraptor yang sangat mendebarkan!




    Dubai Parks and Resort



    Tempat bermain lainnya adalah Dubai Parks and Resort yang tak hanya memiliki theme park, namun juga menyediakan hotel luks bertema Polinesia bernama Hotel Lapita™. Di sisi lain, wahana yang ditawarkan antara lain Motiongate™ (bersiap bagi para penggemar film Hunger Games, Madagaskar, Kungfu Panda hingga How to Train Your Dragon), Legoland®, dan yang paling unik, Bollywood Parks™.




    Dubai Aquarium and Underwater Zoo


    Opsi lainnya adalah mengunjungi Dubai Aquarium and Underwater Zoo yang letaknya berada di level ground The Dubai Mall. Aquarium besar ini memili lebih dari 140 spesies, 300 jenis ikan hiu (termasuk hiu harimau pasir terbesar), serta ikan pari. Pada Underwater Zoo juga terdapat buaya King Croc yang panjangnya 5.1 meter!


    MENIKMATI PEMANDANGAN TERBAIK

    Burj Khalifa


    Tak lengkap rasanya jika Anda tidak menginjakkan kaki pada gedung paling ikonis di Dubai, yaitu Burj Khalifa. Dengan tinggi mencapai 555 meter, Anda dapat memilih ke area At The Top di lantai 148, dengan area yang lebih privat dan eksklusif. 



    Fasilitas dan layanan yang diberikan di lantai tersebut di antaranya welcome drink dan canape, melihat tata kota Dubai dari outdoor observation deck, sampai personalized tour oleh Guest Ambassador. Sedangkan di pemberhentian standar di lantai 125, fasilitasnya juga tak kalah seru. 




    Dubai Frame


    Gedung terbaru yang tak kalah ikonis di area New Dubai adalah Dubai Frame. Gedung distingtif berbentuk bingkai pigura ini mempunyai tinggi 150 meter dan lebar 93 meter. Pada kedua sisi gedung merupakan menara elevator, untuk Anda dapat naik dan turun ke atas bagian gedung yang berbentuk layaknya jembatan.



    Hal unik yang dapat dilihat dari sana adalah, menyaksikan sisi berbeda Dubai secara bersamaan, yakni sisi lama dan sisi baru. Anda dapat langsung melihat elemen modern yang seolah berseberangan dengan esensi tradisional, namun nyatanya keduanya dapat berjalan beriringan sehingga sukses memajukan kota Dubai.




    Desert Safari


    Pengalaman terakhir yang tak kalah cantik adalah mengeksplorasi gurun pasir emas melalui Desert Safari. Ada banyak provider yang menawarkan tur untuk mengunjungi area yang masih dilindungi dan dibiarkan hidup sesuai ekosistemnya tersebut, salah satunya adalah Arabian Adventures milik Emirates.



    Biasanya waktu tur ini diadakan sore hari, saat paling indah untuk merasakan romansa matahari terbenam di gurun pasir. Setelah itu Anda akan dibawa menuju satu tempat terpencil dan menikmati malam istimewa bersama atraksi dan kuliner khas Arab. 


    PETUALANGAN KULINER YANG UNIK

    Di hari terakhir, agenda Bazaar bisa dikatakan cukup unik. Kami didaftarkan oleh Dubai Tourism untuk mengikuti tur kuliner bertajuk Frying Pan Adventure. Tur ini dikatakan unik kenapa? Sebab kami harus menghabiskan waktu selama 4 jam untuk mengelilingi Old Dubai, sembari mencicipi aneka kuliner dan mendengarkan sejarah kota Dubai.

    Perjalanan kami diawali dari sebuah pasar tradisional untuk mengenak beragam bumbu-bumbu dapur khas Timur Tengah dan Asia, menelusuri gang-gang kecil, sampai menyebrangi sungai seolah kembali ke era Dubai Lama yang akrab menggunakan kapal Abra.


    Tak hanya seputar mencicipi makanan saja, selama tur kami juga diberi beberapa permainan menarik sehingga 4 jam sungguh tak terasa.



    Beberapa santapan khas masyarakat Dubai yang dapat Anda coba antara lain sandwich telur, Arabian Tea House, sampai dengan daging kebab menggiurkan.


    Jadi, sudah bersiap untuk merencanakan liburan Anda ke Dubai?


    (Foto: Courtesy of Dubai & Instagram @VisitDubai, @imgworlds, @globalvillageuae, @atthetopburjkhalifa, @thedubaimall, @tribesgrill, @bollywoodparksdubai, @lamerdubai, @slab.dxb, @dubaiframe, @fryingpanadventure)


    Tags : dubai






- RELATED ARTICLE -