• Mendapat 5 Predikat, Ini Alasan Anda Harus Ke Malang

    Culture / News


    Mendapat 5 Predikat, Ini Alasan Anda Harus Ke Malang

    Tidak ingin pulang. Demikian rasa yang ditorehkan kota Malang di hati para petualang.


    Mungkin saat membaca artikel ini, Anda baru saja tiba di cubicle ruang kerja kantor Anda. Tubuh dan mental pun masih terasa lelah seusai menerjang kemacetan barusan. Anda tidak salah membuka kolom artikel. Bazaar akan menghibur Anda dengan ulasan seputar pesona kota Malang.

    Belum ada waktu untuk berlibur karena kerjaan menumpuk. Tidak ada salahnya membekali diri dengan informasi terlebih dahulu sebelum memesan tiket penerbangan menuju Malang. Satu hal yang pasti, kota ini akan menjauhkan Anda dari kemacetan yang selalu membuat stress.

    Udara sejuk, alam memukau, dan kuliner lokal sederhana serta berkesan menjadi sejumlah kelebihan kota ini. Oh, jangan sampai ketinggalan soal murahnya tiket transportasi. Masih terletak di pulau Jawa, menuju kota ini dari Ibukota tidak perlu banyak usaha. Kereta atau pesawat, silahkan pilih yang sesuai budget.




    Hari jadi kota ini yang jatuh tepat di tanggal 1 April lantas tidak membuat kota ini menjadi bahan candaan. Karena nyatanya kota ini sungguh serius memesona. Sangking memesonanya, banyak julukan yang disandangkan kepada Malang. Kota Sejarah, Kota Bunga, Kota Pendidikan, Kota Pariwisata hingga Kota Seni menjadi beberapa di antaranya.

    Selanjutnya, Bazaar akan menjabarkan satu per satu mengapa julukan tersebut diberikan kepada kota cantik di Jawa Timur ini. Anda dapat menyesap seduhan kopi pagi hari secara perlahan sembari menyimak informasi berharga berikut.

    1. Kota Sejarah

    Menyimpan kekayaan peninggalan bersejarah, Malang memang salah satu destinasi unggulan di Tanah Air. Tidak perlu menjadi seorang arsitek handal atau pun sejarawan untuk dapat menikmatinya. Bangunan gereja bergaya gothic hingga kemeriahan suasana malam Tugu Malang nyatanya menjadi pusat hiburan semua khalayak.

    Dari warga lokal hingga turis asing, semuanya terhibur dengan keberadaan peninggalan bersejarah ini. Ada yang menikmati dengan sekadar mengamati dan merekam keindahannya di memori. Ada pula yang memilih sibuk berpose di berbagai sudut dan segera mengunggahnya di Instagram. Semuanya sah-sah saja, asalkan sama-sama senang.



    2. Kota Bunga

    Puas mempelajari sejarah dan mendalami makna keberadaan sebuah arsitektur, saatnya mengalami petualangan lebih berwarna. Warna yang tidak terlepas dari keindahan bunga yang menghiasi berbagai sudut kota.

    Bukan tanpa alasan Malang disebut sebagai Kota Bunga. Entah karena iklim sejuknya atau kelihaian penduduk lokalnya mengurus kota. Yang pasti, bukan hanya manusia, bahkan bunga pun betah berada di kota ini.

    Jangan takut kulit wajah bersemu merah saat menikmati indahnya bunga bersemi. Berbeda dengan kemacetan dan teriknya matahari khas Jakarta, Malang akan memanjakan Anda dengan kesegaran udaranya.



    3. Kota Pendidikan

    Kota lokasi tempat berdirinya sejumlah pusat edukasi lokal ternama ini membuatnya dicap sebagai Kota Pendidikan. Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang menjadi dua di antaranya.

    Tidak perlu jauh-jauh menuntut ilmu sampai ke negeri China, karena Tanah Air sendiri memiliki pusat pendidikan yang tidak kalah saing. Selain mendapatkan tambahan ilmu, mengenal lebih dalam budaya di kota ini pun akan membuat Anda semakin jatuh cinta terhadap negeri sendiri.




    4. Kota Pariwisata

    Julukan yang satu ini jelas tidak terlepas dari kekayaan ragam tempat wisata yang berada di kota ini. Mulai dari wisata alam hingga warna-warni Kampung Jodipan jangan sampai terlewatkan saat berlibur ke Malang.

    Usai puas menghibur diri di destinasi penuh warna tersebut, jangan lupa cicipi kenikmatan kuliner khas Malang. Nasi pecel hingga semangkuk bakso Malang hangat akan mengusir rasa lapar Anda.



    5. Kota Seni

    Kembali lagi. Tidak perlu menjadi seorang seniman handal atau kolektor seni kaya raya untuk menikmati kekayaan seni di kota Malang. Satu hal yang seni ajarkan kepada setiap dari kita. Untuk selalu mengingatkan akan keberadaan kita sebagai manusia yang terbatas.

    Kekayaan seni yang ada di kota ini pun sangat beragam. Ada yang lekat dengan nuansa historikal, ada pula yang bergaya modern kontemporer. Apapun alirannya, intinya Malang kaya akan seni. Maka, tidak heran jika Kota Seni menjadi julukan selanjutnya yang disandang oleh Malang.




    Saat ini apakah berbagai julukan tersebut telah berhasil meyakinkan Anda untuk segera berlibur menuju Malang?

    (Foto:  Aswin Rizky Wardhana©123rf.com, Instagram @yoda_permana, @dnlkrnw, @akbarirwansyah, @achmadanjarwicaksono, @universitasnegerimalang, @yoga_primanda, @misscarolinebong, @dsherlyta, @bimaramdhanb)










- RELATED ARTICLE -