• 8 Cara Menciptakan Rambut Lebih Panjang dan Sehat

    Beauty / Tips


    8 Cara Menciptakan Rambut Lebih Panjang dan Sehat

    Inilah langkah-langkah memanjangkan rambut dan membuatnya lebih sehat berkilau!


    Banyak wanita menganggap bahwa rambut panjang adalah salah satu elemen yang meningkatkan rasa percaya diri. Begitu diidamkannya rambut panjang, sehingga kerontokan rambut menjadi salah satu musuh para wanita, dan rambut patah adalah hal yang perlu diatasi sesegera mungkin. Begitupun ketika hair stylist memotong rambut Anda terlampau pendek. Rasanya pasti ingin ada keajaiban yang datang saat itu juga. Bagaimana mengatasinya? Jangan khawatir, berikut langkah-langkah menuju rambut yang lebih panjang dan sehat!


    1. Rambut Pasti Tumbuh

    Selama ada kehidupan, rambut manusia pasti akan tetap tumbuh. Namun, tentu saja semuanya butuh waktu. Jadi, perlu diingat bahwa memanjangkan rambut tidak bisa terjadi dalam semalam. Biasanya pertumbuhan rambut adalah sekitar ¼ inci hingga 1 inci dalam sebulan. Rambut yang sangat sehat dan tidak mempunyai ujung bercabang biasanya lebih cepat tumbuh dibandingkan yang rusak. Latih kesabaran Anda dan alihkan ke hal-hal positif misalnya membelikan diri sendiri beragam aksesori baru atau makeup baru sehingga Anda (dan orang lain) tidak hanya fokus kepada tampilan rambut Anda. 

    2. Rutin Memangkasnya

    Lucunya, semakin akrab dengan gunting, rambut justru akan lebih cepat panjang. Karena, rambut yang rutin di-trim artinya selalu diperbarui dan lebih sehat, sehingga pertumbuhan akan berlangsung baik. Bila Anda sangat menginginkan rambut panjang namun tak pernah melakukan trim, ujung rambut biasanya lebih kusam dan bercabang, bagian batang rambut pun jadi rapuh dan mudah patah. Maka, mulai saat ini, biasakan ke salon favorit Anda untuk melakukan trim 1-2 bulan sekali untuk mencegah ujung rambut yang rusak.


    Baca juga: 30 Inspirasi Gaya Rambut Pendek


    3. Gunakan Air Dingin

    Memakai air dingin saat membilas sampo dan kondisioner dapat membuat rambut tumbuh lebih sehat sehingga lebih cepat panjang. Sebab, memakai air hangat saat keramas mampu menyebabkan rambut kering dan kusam. Sebaliknya, air dingin akan membuat bagian terluar batang rambut lebih halus dan berkilau. 

    4. Hindari Membungkus dengan Handuk

    Ternyata, salah satu penyebab rambut mudah rontok dan patah adalah membungkusnya terlalu lama dengan handuk yang dililit di kepala. Rambut Anda jadi tergulung dan terjebak di antara serat-serat handuk dan lilitan handuk yang kencang dan berat mampu menarik rambut dari akarnya. Pilih handuk berbahan microfiber yang sangat halus dan tipis dan keringkan dengan lembut tanpa perlu melilitkannya di kepala terlalu lama.

    5. Biarkan Rambut Beristirahat Sejenak

    Jeda sangat baik bagi hal-hal dalam hidup, termasuk bagi rambut Anda! Bila Anda gemar mencoba tren gaya rambut terkini seperti mewarnai rambut, perming dan smoothing serta menggunakan hot tools untuk menata rambut sehari-hari seperti hair dryer dan catok rambut, maka saatnya Anda beristirahat. Tidak melakukannya selama 2-3 bulan sudah cukup membiarkan rambut bernapas lega. Ingat bahwa semakin sehat rambut Anda, maka pertumbuhannya akan semakin baik pula.

    6. Perawatan di Rumah

    Keramas dua kali sehari saja tidak cukup. Gunakan kondisioner dari bagian tengah hingga ujung rambut setiap kali selesai keramas, lalu bilas hingga bersih. Setelahnya, bubuhkan hair tonic atau hair growth serum pada kulit kepala, pijat-pijat hingga meresap dengan baik. Gunakan juga hair oil atau hair mask setiap seminggu sekali agar rambut mendapat kelembapan dan nutrisi ekstra. Kini, rangkaian perawatan rambut yang diciptakan khusus untuk membuat rambut tumbuh lebih panjang dan sehat juga telah tersedia, seperti Kerastase Resistance Extentioniste. Rangkaian ini terdiri dari sampo, kondisioner, masker dan serum yang mampu merawat rambut rusak secara intensif sehingga struktur rambut lebih kuat dan bercahaya lebih lama. 


    7. Perawatan di Salon

    Lakukan perawatan di salon setiap satu atau dua kali sebulan dan pilih jenis perawatan yang sesuai dengan kondisi rambut Anda, misalnya untuk rambut berminyak, berketombe atau rambut rontok. Melakukan creambath atau hair spa di salon juga melancarkan aliran darah, membebaskan stres dan membuat rileks kulit kepala sehingga pertumbuhannya akan semakin baik.


    Baca juga: 10 Salon Terbaik di Luar Jakarta


    8. Suplemen Rambut

    Banyaknya suplemen rambut yang kini tersedia di pasaran semakin memudahkan Anda untuk mencapai hair goal. Sebab, tubuh membutuhkan banyak sekali nutrisi yang digunakan untuk membentuk rambut baru, mulai dari protein hingga mineral. Ouai Thin Hair Supplement, Viviscal Hair Growth Program atau Sugarbear Hair Vitamins dapat Anda konsumsi secara teratur untuk memancing rambut tumbuh lebih lebat dan indah. Seimbangkan pula pola makan Anda dan hindari diet yang terlalu keras, karena diet yang salah akan membuat tubuh kehilangan nutrisi sehingga memengaruhi kesehatan kulit dan rambut.




    Foto: Dok. Bazaar, puhhha©123RF.com.








- RELATED ARTICLE -