• Tempat-tempat Terbengkalai Paling Indah di Dunia

    Culture / News


    Tempat-tempat Terbengkalai Paling Indah di Dunia

    Ketika kesan angker dan memesona menyatu dalam sebuah panorama.


    Tempat-tempat yang ditinggalkan terbengkalai dapat menimbulkan kesan menyeramkan namun sekaligus menakjubkan. Ada rasa kepuasan tersendiri yang timbul ketika melihat tempat-tempat yang sebenarnya menyimpan keindahan ini.

    Meskipun lambat laun makin tampak usang dimakan waktu, beberapa situs berikut memiliki pemandangan luar biasa yang sayang untuk dilewatkan.



    1. Temple of Santiago

    Temple of Santiago

    Kekeringan yang melanda wilayah selatan Meksiko menyebabkan air yang menggenangi area Kuil Santiago surut hingga mencapai 80 kaki. Kita memang tidak sepatutnya bergembira dengan adanya bencana tersebut, namun di sisi lain peristiwa ini membuat sisa-sisa bangunan gereja yang berusia 450 tahun itu muncul ke permukaan setelah sebelumnya berada tersembunyi di bawah air.

    Sebuah bangunan dengan keindahan yang mengagumkan disertai dengan suasana yang cukup menakutkan, menjadi pengingat bahwa sesuatu tidak selalu tampak seperti apa yang terlihat.


    2. Pulau Ross

    Pulau Ross

    Pulau Ross terletak di kepulauan Andaman Selatan, India. Dulunya, pulau ini merupakan pusat pengasingan tahanan India di bawah pengawasan badan administrasi Inggris. Setelah bertahun-tahun ditinggalkan, Pulau Ross kini dipenuhi oleh pohon-pohon beringin yang tumbuh liar di sana, membuatnya tampak mirip seperti keindahan hutan di Jungle Book.


    3. Six Flags di New Orleans

    Six Flags di New Orleans

    Taman bermain Six Flags yang berada di New Orleans telah rusak akibat badai Katrina pada tahun 2005 silam. Tempat ini digenangi air kotor setinggi 60 kaki dan sekitar 80 persen wahana rusak terkena air laut.

    Biaya untuk perbaikan sangat tinggi sehingga akhirnya taman bermain ini ditinggalkan dan terbengkalai. Yang tersisa hanyalah sebuah funhouse, masih berdiri bagai sebuah monumen di kota besar yang pernah hancur diterpa tragedi.


    4. Hirta, Skotlandia

     Hirta, Skotlandia

    Di masa lampau Pulau Hirta merupakan tanah subur yang berpenghuni. Sayangnya, pada tahun 1930 pulau ini harus dievakuasi karena penduduknya terancam kelaparan serta terpaan cuaca ekstrim.

    Pulau yang menjadi bagian dari jajaran Kepulauan St. Kirda tersebut sekarang terabaikan dan hanya menyisakan tumpukan bebatuan sisa rumah-rumah yang tersebar memenuhi datarannya.


    5. Berlin, Nevada

    Berlin, Nevada

    The Berlin Historic District dibentuk pada tahun 1897 sebagai bagian dari pusat pertambangan Union Mining District di Nevada, Amerika Serikat. Usaha tambang di sini ternyata tidak sesukses kota-kota besar lainnya sehingga pada tahun 1911 orang beramai-ramai meninggalkan Berlin. Tempat ini sekarang menjadi bagian dari Nevada State Park.

    6. Kolmanskop, Namibia

    Kolmanskop, Namibia

    Kota Kolmanskop didirikan di padang gurun Namib pada tahun 1908 ketika seorang pria menemukan berlian di wilayah tersebut, namun kemudian ditinggalkan di tahun 1954 karena sumber daya alamnya telah habis. Rumah-rumah yang tersisa saat ini diselimuti pasir, menyajikan sebuah pemandangan yang tak biasa.

    7. Kilchurn Castle

     Kilchurn Castle

    Kastil Kilchurn teletak di Skotlandia, dibangun pada pertengahan tahun 1400-an dan menjadi tempat tinggal bagi keluarga yang paling berpengaruh di negara tersebut yakni The Campbells of Glenorchy.

    Pada tahun 1700 kastil ini dibiarkan kosong begitu saja dan sekarang menjadi salah satu tempat yang paling sering dijadikan obyek fotografi. Alasannya tentu karena bangunan dan lokasinya yang amat menarik perhatian.


    8. Kayakoy, Turkey

    Kayakoy, Turkey

    Berlokasi di Pegunungan Taurus di selatan Turki, Kayakov menjadi kota tak berpenghuni pada tahun 1920-an sebab adanya pertukaran penduduk antara Turki dan Yunani di masa itu.

    Saat ini, terdapat sekitar 350 rumah yang terbengkalai di sana, kebanyakan berupa dinding-dinding tanpa atap. UNESCO menamainya sebagai World Friendship and Peace Village.

    9. The Floating Forest

     The Floating Forest

    Sebuah kapal bernama SS Ayrfield dibuat di tahun 1911 dan sudah tidak digunakan lagi sejak tahun 1972. Bangkai kapal ini kemudian diasingkan ke Homebush Bay, tempat yang dikenal sebagai ‘kuburan’ kapal di wilayah barat Sydney, Australia.

    Yang unik di sini adalah bangkai kapal tersebut ditumbuhi oleh hutan bakau dan berbagai tumbuhan hijau yang lebat sehingga terlihat seperti hutan terapung.


    10. Biara Allerheiligen

    Biara Allerheiligen

    Reruntuhan biara Allerheiligen masih berdiri di wilayah Baden-Württemberg tepatnya di Black Forrest, Jerman. Gereja ini dibangun pada tahun 1192 dan pernah tersambar petir hingga terbakar sampai tiga kali. Upaya renovasi terhenti sejak saat itu dan sisa-sisa bangunannya dibiarkan begitu saja sampai sekarang.

    11. Ta Prohm Temple

    Ta Prohm Temple

    Ta Prohm menjadi salah satu obyek peninggalan yang terkenal sebagai bagian dari kuil Angkor Wat di Kamboja. Kuil ini tak terurus sejak jatuhnya dinasti Khmer pada abad ke-17 hingga akhirnya tertutup hutan setelah ratusan tahun terbengkalai. Sisa-sisa reruntuhan Ta Prohm kini sudah kembali dipelihara guna menjaga keberadaan kuil ini.

    12. Bodiam Castle

     Bodiam Castle

    Seorang ksatria bernama  Sir Edward Dalyngrigge membangun Kastil Bodiam pada abad ke-14 dengan tujuan sebagai benteng perlindungan terhadap serangan Prancis selama Perang Seratus Tahun berlangsung. Berlokasi di Sussex Timur, kastil kosong yang dikelilingi kanal tersebut saat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis yang berkunjung ke Inggris.



    (Penulis: Lauren Smith dan Sienna Fantozzi, Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Erlissa Florencia; Foto: Dok. Bazaar UK)

    -->






- RELATED ARTICLE -