Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

10 Fakta Unik Tentang Desainer Ikonis Karl Lagerfeld

Pencinta fashion mana yang tak mengenal sosok Karl Lagerfeld? Bazaar mengupas sejumlah fakta tentang desainer legendaris satu ini.

10 Fakta Unik Tentang Desainer Ikonis Karl Lagerfeld

Bila Anda mengaku sebagai pengikut setia dunia fashion, Anda pasti mengenali sosok pria dengan rambut putih dikuncir yang konsisten mengenakan setelan jas berwarna hitam dan kemeja putih, lengkap dengan dasi, sarung tangan kulit, dan kacamata hitam.

Desainer itu bernama Karl Lagerfeld, dan pada hari ini tepatnya tanggal 10 September 2018, ia telah genap berusia 85 tahun dan masih terus aktif berkarya dan eksis di panggung mode berskala global.

Sebagai bentuk perayaan hari ulang tahun Karl Lagerfeld, Bazaar telah merangkum sedikitnya 10 fakta unik tentang desainer kelahiran kota Hamburg, Jerman. Apa saja fakta-fakta menarik tersebut?


1. Karl Lagerfeld mengawali kariernya di industri fashion pada usia yang sangat muda. Ketika ia berumur 14 tahun ia hijrah dari Hamburg ke Paris untuk belajar sejarah dan menggambar.

Pada usianya yang ke-17 tahun, ia bekerja sebagai asisten desainer papan atas Pierre Balmain dan tiga tahun kemudian, karier Karl Lagerfeld melesat dengan diterimanya jabatan sebagai art director di rumah mode Jean Patou.

2. Di era '60-an, Karl Lagerfeld mulai mendesain untuk label-label fashion ternama seperti Chloé dan Fendi. Di tahun 1983, rumah mode legendaris asal Prancis, Chanel, juga mendaulat Karl Lagerfeld sebagai direktur kreatif. Karl Lagerfeld masih mengepalai Fendi dan Chanel hingga saat ini.

3. Satu tahun setelah mulai menjabat di Chanel, Karl Lagerfeld memutuskan untuk meluncurkan label fashion atas namanya sendiri. Ia merupakan sosok kreatif yang mampu menciptakan begitu banyak karya untuk label-label fashion yang berbeda, dengan estetika yang sangat berbeda pula.

4. Karl Lagerfeld sempat mengalami penurunan berat badan yang drastis di awal tahun 2000-an. Ia mengaku terinspirasi oleh rancangan skinny fit karya Hedi Slimane dan berhasil membuatnya menurunkan berat badan hingga 42 kilogram dalam 13 bulan saja.

Bila Anda penasaran dengan cerita desainer yang sebelumnya mengenakan pakaian berukuran extra large ini, ia telah menjabarkan program diet rendah kalori yang dijalaninya ke dalam sebuah buku berjudul The Karl Lagerfeld Diet.

5. Sejak tahun '80-an, Karl Lagerfeld telah konsisten memproduksi sendiri kampanye iklan untuk label-label yang dikepalainya. Ia merangkap sebagai fotografer, stylist, dan art director. Bahkan ia juga beberapa kali telah menyutradari karya film. Salah satunya diperankan oleh selebriti dan model kesayangannya yakni Pharell Williams dan Cara Delevingne.


6. Karl Lagerfeld adalah desainer fashion pertama di dunia yang digandeng oleh perusahaan ritel raksasa H&M untuk berkolaborasi dan melahirkan 30 items untuk koleksi H&M x Karl Lagerfeld. Kolaborasi ini dicetuskan pada tahun 2004 dan telah terus berlangsung hingga kini (serta diikuti oleh banyak label-label dan desainer lainnya).

7. Seolah tak mampu membendung kreativitas yang dimilikinya, pada tahun 2010 Karl Lagerfeld juga sempat mendesain koleksi alas kaki untuk label asal Italia, Hogan.

8. Mengaku sebagai kutu buku yang sangat menguasai seni visual, Karl Lagerfeld telah merilis lebih dari 25 buku sepanjang kariernya. Selain itu, terlepas dari sejumlah film buatannya, Karl Lagerfeld juga tampil di beberapa judul film layar lebar seperti film Prancis The Valet dan Lolo, maupun film dokumenter The First Monday in May.

9. Karl Lagerfeld memiliki seekor kucing kesayangan yang diberi nama Choupette. Kucing ini merupakan "hadiah" dari muse sang desainer, yakni model Baptiste Giabiconi, yang meminta Karl Lagerfeld untuk menjaga si kucing kecil sepanjang libur natal.

Namun rupanya kucing berbulu putih coklat ini berhasil mencuri hati Karl Lagerfeld hingga ia menolak untuk mengembalikannya. "Saya tidak mau melepas Choupette, kucing ini terlalu lucu!"

Dan kini, Choupette sukses menjadi salah satu ikon fashion ternama di dunia. Ia memiliki koleksi fashion sendiri dan sempat berkolaborasi dengan merek kecantikan terkenal, Shu Uemura!

10. Meskipun terlihat modern untuk usianya, namun nyatanya Karl Lagerfeld lebih memilih hidup secara konvensional tanpa telepon genggam. "Saya tidak menggunakan telepon seluler. Saya masih senang membaca, menulis, mencatat, dan menggambar. Saya tidak suka berbicara di telepon, bagi saya itu mengganggu sekali. I don't want to be interrupted," ujar Karl Lagerfeld pada sebuah wawancara.

"Bagi saya media sosial juga cukup menyedihkan. Karena ia membuat orang terlihat seperti sedang berbicara sendiri di depan kaca," ungkap desainer yang sangat membenci aktivitas selfie ini.


(Foto: Harper's Bazaar US, courtesy of Karl Lagerfeld)