• 7 Hal yang Tidak Boleh Anda Lewatkan di Queensland

    Culture / Tips


    7 Hal yang Tidak Boleh Anda Lewatkan di Queensland

    Jadikan perjalanan Anda ke rumah dari Great Barrier Reef tidak terlupakan.


    Cairns adalah tempat yang dikenal sebagai pintu gerbang menuju Great Barrier Reef,  tempat di mana batu koral yang cantik berjajar sejauh 2,300 km di garis pantai Queensland. Banyak hal yang ditawarkan oleh tempat ini untuk para petualang yang ingin mengunjungi dunia alam penuh dengan keajaiban. Pengunjung juga dapat mengenal lebih dalam bagian tropis utara Queensland, satu-satunya tempat rainforest (hutan hujan) bertemu dengan terumbu karang, dan selanjutnya.

    Inilah saran Bazaar agar liburan anda di Queensland tidak terlupakan.


    1. Cairns lebih dari sekedar tempat untuk stopover

    Zaman di mana Cairns hanya dikenal sebagai tempat istirahat setelah 20+ jam penerbangan dari UK sudah lewat. Beberapa tahun terakhir, Cairns melakukan banyak perubahan. Dimulai dengan masuknya brand ternama seperti Louis Vuitton dan Gucci, Cairns Esplanade dikembangkan sampai adanya pembangunan hotel bintang lima dan rooftop bar dalam bentuk Riley milik Crystal Collection yang akan hadir pada bulan November ini.


    Untuk merasakan apa yang Cairns sediakan, kamar hotel di Pullman Cairns International menunjukan pemandangan pelabuhan dan pegunungan sekitar yang menakjubkan, ada pula restoran Coco yang menyajikan seafood terbaik di kota, Bazaar sarankan untuk memesan  pan-seared Queensland scallops jika Anda ingin mencicipi sesuatu yang lokal.

    Kami juga merekomendasikan Anda untuk menikmati suasana di Cairns Esplanade dengan sunflower cocktail di Salt House, dilanjutkan oleh makan malam di restoran Ochre, salah satu tempat terbaik di kota untuk memakan makanan lokal, termasuk kanguru dan hidangan buaya.

    (Kamar di Pullman Cairns International dimulai  dari £109 atau 1.866.000 rupiah per malam, kunjungi pullmancairnsinternational.com.au )


    2. Tidur menatap bintang di Great Barrier Reef

    Jika Anda seorang thrill-seekers, seseorang yang mencari kesempatan sekali dalam seumur hidup, Sunlover by Starlight menawarkan para pengunjung kesempatan untuk camp-out semalam di atas ponton mengapung di Great Barrier Reef.

    Sejauh 2 jam menggunakan kapal feri dan 46 km dari Cairns, aktivitas ini hanya bisa dilakukan oleh maksimum 8 orang ( termasuk dengan private host yang bertugas untuk memberi makan bersama dengan guided glass-bottom-boat dan wisata snorkel dari reef tersebut) membuat pengalaman ini sangat spesial.


    Untuk Anda yang lebih bold, Nautilus Aviation juga menawarkan jasa naik helikopter selama 10 menit mengelilingi Moore Reef dari ponton, ini akan membuat Anda merasakan betapa besar bentang koral sebenarnya.

    (Sunlover by Starlight,  menginap semalam di Moore Reef dengan harga £285 atau 4.929.000 rupiah per orang. Jasa naik helikopter dimulai dari £208 atau 3.596.800 rupiah untuk 10 menit scenic flight, kunjungi sunlover.co.au )


    3. Eksplorasi dunia karang bawah laut yang spektakuler

    Dari berenang bersama ikan hiu dan kura kura sampai menemukan Nemo dan Dory (sebenarnya ikan clownfish dan blue tang) dan juga melihat Queensland Great Eight, snorkeling yang dipandu adalah aktivitas yang harus dilakukan.

    Banyak sekali pilihan agen yang baik yang bisa pilih, namun Sunlover (lihat di atas) mempunyai program snorkeling eksklusif di Moore Reef, ketika Anda berada di  tengah laut dan air pasang di titik paling tinggi berarti karang di sana tidak terganggu dan penuh dengan kehidupan.


    4. Kunjungi pantai terbaik di Australia yang dikelilingi oleh tropis di Pulau Fitzroy

    Selama 45 menit dengan kapal feri yang hanya ada tiga kali dalam sehari dan dengan satu hotel, Pulau Fitzroy menjadi tempat tropical escape yang ideal. Nudey Beach yang berlokasi di pulau tersebut baru saja dinominasikan sebagai pantai terbaik di negaranya.

    Meskipun tempatnya cantik namun tertutup karena area yang tidak terlalu dikenal, jaraknya dari pantai Cairns kira kira 30 km. Pulau ini juga terkenal sebagai taman nasional dan rumah untuk Rehabilitasi Pusat kura-kura -kesempatan Anda untuk menemukan seseorang menyelamatkan kura-kura sangatlah tinggi dan bisa menjadi highlight pada waktu Anda berkunjung.

    (Perjalanan pulang pergi, Fitzroy Flyer dari Cairns dimulai dari harga £45 atau 778.000 rupiah. Kunjungi fitzroyisland.com)


    5. Spa getaway di Teluk Palm

    Setelah berhari-hari menelusuri Pantai Queensland, ketenangan di Teluk Cove adalah lokasi yang sangat sempurna untuk bersantai dan recharge. Resort pantai yang berpasir putih berlokasi 25 menit dengan menggunakan mobil dari Cairns.

    Tetapi tak sedikit yang merasa bahwa mereka berada di area yang terpencil karena suasana yang tenang dan pemandangan yang memukau. The Reef House and Spa menawarkan berbagai macam treatment kulit dengan menggunakan bahan organik dan marine-based product, dan sang direktur Isabelle Neil ( ang sebelumnya margin direktur dari spa privat yang pertama Christian Dior di Saint Maarten, Pulau Caribbean) mahir dalam merawat segala tipe kulit, mulai dari deep relaxation sampai antiaging.

    (Brigadier King Rooms di The Reef House mulai dari £142 atau 2.465.000 rupiah. Kunjungi reefhouse.com.au).


    6. Pergi ke pulau yang (hampir) tidak berpenghuni, Low Isles

    Adanya spesies bawah laut dan koral yang beragam yang tinggal di dalam air Queensland menjadi alasan yang penting untuk mengunjungi lebih dari satu muara karang.

    Low Isles terdiri dari pulau Woody yang tidak berpenghuni, dan Low Isle yang lebih kecil, ditinggali oleh satu lighthouse keeper dan dikelilingi oleh karang seluas 55 hektar, inilah atraksi bintang pulau tersebut. Buatlah one day trip dari Cairns atau Port Douglas bersama Sailaway, dengan champagne lunch dan glass-bottom boat tour.

    (Sailaway Afternoon Sunset tour, £150 atau 2.603.000 rupiah termasuk hotel transportasi gratis dari Port Douglas ke pelabuhan)


    7. Kunjungi butik di Port Douglas, rencanakan petualangan Anda ke hutan hujan

    Berjalan tanpa arah di Macrossan Street di Port Douglas,di sanalah Anda bisa membeli oleh-oleh. Jika Anda datang pada hari libur, kami sarankan untuk pergi ke Sunday Morning Markets.

    Berhadapan dengan Laut Coral, tempat tersebut penuh dengan banyak hal. Dari oleh-oleh sampai barang yang one-of-a-kind, bahkan buah segar dan sweets pun tidak terlupakan. Inilah cara terbaik untuk mengalami lifestyle yang santai di Queensland.

    Tak hanya sebagai pusat belanja, Port Douglas juga terkenal sebagai titik mula untuk memulai petualang anda di hutan hujan Daintree. Menginap di Sheraton Grand Mirage, hotel yang mempunyai pintu gerbang langsung ke pantai Four Miles di Port Douglas. Pantai ini menjadi fondasi yang baik untuk day trip ke taman nasional Daintree. Akhiri petualangan Anda dengan luxury dinner di Flames at the Forest, sambil menikmati alam.

    (Kamar di Sheraton Grand Mirage mulai dari £160 atau 2.733.000 rupiah per malam.)


    Bagaimana cara ke Queensland?

    Berawal dari London ke Cairns via Singapore, harga dimulai dari £760++  atau sekitar 13.144.377 rupiah sekali jalan dengan menggunakan Singapore Airlines. Mereka juga menawarkan city tour gratis dari Singapore Changi, memungkinkan pelanggan untuk berhenti lebih lama dan melihat-lihat sebelum melanjutkan perjalanan mereka ke Queensland (Kunjungilah singaporeair.com untuk informasi lebih lanjut)


    (Penulis: Kiara Keane; Artikel ini disadur dari Bazaar UK; Alih Bahasa: Ruby Ishak; Foto: Dok. Bazaar US)










- RELATED ARTICLE -