Type Keyword(s) to Search
Harper's BAZAAR Indonesia

20 Makanan Termahal di Dunia

Sajian mewah ini sanggup menggugah lidah Anda dengan menggeluarkan uang hingga jutaan rupiah. Berikut 20 daftar makanan termahal di dunia.

20 Makanan Termahal di Dunia

Nilai suatu makanan diukur dari segi inovasi, presentasi, dan tentu cita rasa. Kualitas tersebutlah yang melahirkan harga-harga bernominal tinggi sehingga suatu hidangan bisa dibilang eksklusif atau mungkin, langka. Bahkan satu cangkir es krim bisa bertaraf hingga puluhan juta rupiah. 

Penasaran seperti apa para sajian itu?
Simak berikut daftar santapan kuliner yang tak hanya menggugah lidah, namun juga berderajat.


1. Chocolate Pudding senilai 518.700.000 rupiah


Ini merupakan dessert termahal di dunia berkat lumuran cokelat Belgia premium, emas, dan kaviar. Diciptakan oleh chef Marc Guilbert untuk Lindeth Howe Country House Hotel, hidangan ini pun pantas disajikan untuk melamar kekasih karena sang manisan juga diperkaya dengan dua karat berlian!


2. Taco dengan harga 375.000.000 rupiah


Tentu jika mendengar nama ini, Anda mungkin langsung teringat akan Taco Bell, si gerai cepat saji atau restoran khas Meksiko yang penuh warna. Namun siapa sangka sebuah makanan ringan ini senilai ratusan juta rupiah?

Cobalah ke Grand Velas Los Cabos Resort dan memesan sajian ini. Anda akan melihat tumpukan daging kobe terbaik yang dicampur bersama black truffle brie cheese dan Almas Beluga caviar, yakni jenis roe termahal.


3. Frozen Haute Chocolate senilai 375.000.000 rupiah


Setelah menyantap savory food, dengan harga yang sama, Anda dapat berlanjut ke menu dessert. Sesuai dengan namanya ‘haute’, es krim ini terbuat dari aneka ragam cokelat dari 14 manca negara. Di bagian atas, ada lumuran krim cokelat dan serutan La Madeline au Truffle yang terlihat mengagumkan. Hidangan penutup yang masuk dalam Guinness World Record pun turut ditampilkan seperti piala yang dilapisi emas dan berlian bersama dengan sendok emas yang bisa Anda simpan!  


Baca juga: Variasi Burger ala Le Burger


4. Fortress Stilt Fisherman Indulgence dengan price tag 217.500.000 rupiah


Pada dasarnya ini adalah kue cassata khas Italia dengan basis champagne dan beberapa racikan segar lainnya. Misalkan pomegranate dan mangga yang dibubuhi dengan Dom Perignon Champagne. Kemudian disampiri bersama cokelat berupa patung nelayan yang dihiasi dengan baik dengan batu aquamarine 80 karat. Rasakan sensasinya di Fortress Resort and Spa, Sri Lanka


5. Pizza seharga 145.650.000 rupiah


Lalu ada koki Renato Viola atau yang dikenal sebagai ‘master pizza’ menyajikan sajian lokal dengan seafood dan topping seperti kaviar dengan kualitas prima. Ia menamakannya Louis XIII pizza. Menu ini juga dipastikan akan worth every penny karena ukurannya seluas 7.8 inch


6. Densuke Black Melon bernilai 90.000.000 rupiah


Ini merupakan jenis melon yang rare dengan casing warna hitam. Buah tersebut hanya bisa bertumbuh di lahan Hokkaido. Selain unik, rasa manis yang ditawarkan pun luar biasa. 


7. European White Truffle senilai 53.400.000 rupiah


Memang truffle sendiri merupakan jenis hidangan yang mewah, namun jenis jamur bawah tanah dengan aroma yang sangat kuat ini hanya ditemukan pada pangkal pohon Ek di Prancis dan Italia.


Baca juga: 5 Restoran Indonesia yang Harus Dicoba


8. Almas Caviar dengan taraf 51.000.000 rupiah


Memang jenis telur ikan satu ini dikenal sebagai topping atau hidangan premium, namun jenis Almas merupakan yang termahal. 

Selain rupanya seperti bola emas, santapan ini hanya ditemukan di Beluga Sturgeon, Laut Kaspia. 


9. Bombay Brassiere’s Samundari Khazana Curry dengan harga 48.000.000 rupiah


Seiiring peluncuran film Slumdog Millionaire, terciptalah sebuah platter luks yang dihias dengan white truffle abalone, hollowed quail eggs, tomat, Scottish lobster dipoles dengan kepiting Devon emas, Beluga caviar, dan gold leaf, tentunya. 


10. Daging steak senilai 47.500.000 rupiah


Di Boucherie Polmard, Paris, Anda akan menemui rib steak dengan usia tertua atau dinamai dengan the 2000 vintage cote de boeuf. Melalui proses pengawetan yang distingtif, tak diragukan lagi daging ini menghasilkan cita rasa yang berkelas.


11. Sushi seharga 29.700.000 rupiah


Anda hanya perlu meminta chef asal Filipino, Angelito Araneta Jr. untuk membuatkan makanan khas Jepang ini. Setiap potongan sushi akan dibungkus dengan daun emas dan bertabur kaviar. Ada pula tiga mutiara Mikimoto yang dapat dimakan dan dipresentasikan bersama berlian. Luar biasa!


Baca juga: 15 Makanan yang Harus Dicoba di Jepang


12. Glamburger seharga 26.550.000 rupiah


Invensi chef Chris Large di restoran Honky Tonk, London menciptakan sebuah menu penuh kemewahaan. Ia menaruh Kobe Wagyu Beef dan daging rusa dari Selandia Baru untuk patty seberat 280 gram yang dibumbui dengan garam Himalaya. Ada juga tumpukkan  lobster, duck egg, dan emas untuk memperkaya cita rasa. 


13. Krispy Kreme Luxe Doughnut 22.500.000 rupiah


Bagaimana caranya gerai donut Krispy Kreme  menawarkan harga donut semahal ini? Berkat campur tangan chef tersohor asal UK, ia merancang sang sajian dengan kilauan yang optimal. Menggarap bahan-bahan berkelas, seperti Dom Perignon 2002 champagne jelly, white chocolate flowers ditaburi emas, berlian yang dapat dimakan, yang dimaksimalkan dengan 24-carat gold leaf


14. Cupcake mewah senilai 15.100.000 rupiah


Anda bisa menemukan Golden Phoenix di dalam butik Bloomsburry pada Dubai Mall. Sebab menggunakan lembaran emas 23 karat, Uganda biji vanili, cokelat Italia, dan stroberi yang lagi-lagi dicelup emas. 


15. Bagel senilai 15.000.000 rupiah


Ini bukan bagel biasa sebab snack ini dilapisi daun emas, truffle Italia, dan sejumlah truffle cream cheese, serta Riesling jelly yang dicampur goji berry. Anda dapat menemukannya di Hotel Westin, New York.  


Baca juga: 8 Makanan Lezat untuk Menambah Energi Utama


16. Frittata dengan harga 15.000.000 rupiah


Sebuah tempat makan bernama Normans yang terletak pada Le Parker Meridian Hotel di kota New York menyuguhkan sajian ini secara prestisius berkat cangkang lobster dan kaviar yang berlimpah. 


17. Ice Cream Sundae dengan nilai 15.000.000 rupiah


Anda hanya bisa merasakan kemewahan sebuah es krim di Serendipity 3, New York. Pada dasarnya dessert bertajuk The Golden Opulence Sundae itu menawarkan lumuran cokelat pada vanilla ice cream, lalu apa yang membuatnya begitu mahal?

Ada lapisan 23-carat gold leaf dan kehadiran coklat Chuao, yakni termasuk jenis kakao asal Venezuala yang sangat jarang ditemukan pada hidangan itu. Ada pula manisan buah khas Paris dan semangkuk kecil kaviar dengan infusi alkohol dari Armagnac brandy turut sedia menyempurnakan palet rasa sang sundae.


18. Burger dengan nilai 7.500.000 rupiah


Pernahkah Anda membayar uang sebanyak itu untuk sebuah burger? Jika belum, mungkin saatnya untuk mengalami kreasi restoran Fluer’s di Mandalay Bay, Las Vegas. Wujudnya menawan, roti dipotong secara sleek dengan tumpukan daging menggoda. Kononnya para tamu menyandang santapan ini dengan anggur 1995 Chateau Petrus 5000, seakan suguhan belum cukup prestisius. 


19. Popcorn seharga 3.750.000 rupiah


Cemilan ini dibuat dengan Nielsen Massey Bourbon Vanilla dan krim mentega terbaik dari label Vermont. Setelah popcorn dimasak, sajian dilapisi dengan serpihan edible gold berkualitas 23 karat dan garam laeso khas Denmark. 


20. Beras dengan harga 1.650.000 rupiah per kilogram


Bahan pokok juga bisa menjadi asupan bergengsi. Cobalah Kinmemai rice hasil produksi Toyo Rice Corporation (Jepang) yang juga dikenal sebagai superfood. Selain kaya akan vitamin dan lebih mudah diserap oleh tubuh, tingkat kekenyalan dan manis pun tengah diukur secara pas sehingga menawarkan rasa yang menakjubkan.


(Foto: Courtesy of Boucherie Polmard, E Online, Elite Readers, Free Press Journal, First We Feast, Food & Wine, India Times, Mexico News Daily,  Westmorland Gazette)