• 6 Langkah Mudah untuk “Facial” Sendiri di Rumah

    Beauty / Tips


    6 Langkah Mudah untuk “Facial” Sendiri di Rumah

    Intensif merawat wajah tanpa harus melangkahkan kaki keluar rumah. Berikut adalah cara mudah facial sendiri di rumah.


    Saat Anda tak sempat untuk pergi ke salon atau klinik kecantikan sementara kulit wajah sudah “berteriak” meminta pertolongan, mungkin sudah saatnya untuk menggelar agenda facial Anda secara mandiri di rumah.

    Tenang saja, bahan-bahan yang Anda butuhkan sangat mudah untuk didapatkan. Bahkan, kebanyakan bisa diambil dari dapur Anda sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah menyisihkan sedikit waktu senggang saja! Lalu, apa saja tahap-tahap yang diperlukan?

    Sebelum asyik memanjakan diri, ada baiknya apabila Anda menyimak dulu artikel Bazaar yang berikut ini.





    1. Lakukan eksfoliasi 

    Pertama-tama, aplikasikan scrub guna mengenyahkan sel-sel kulit mati secara lebih cepat sekaligus merangsang produksi kolagen supaya wajah senantiasa halus dan lebih bersinar. Untuk kulit kering, Anda bisa mencampur satu sendok makan gula pasir dengan beberapa tetes minyak zaitun sampai membentuk pasta.

    Kemudian, usap ramuan ini ke seluruh muka sambil memijatnya secara perlahan. Terakhir, bilaslah dengan air bersuhu suam-suam kuku sampai bersih. Jika kulit Anda tergolong berminyak, cobalah membuat scrub dengan tepung maizena yang dikombinasikan dengan jus apel segar.

    Lalu, aduk hingga cukup kental untuk dioleskan ke wajah. Sedangkan untuk kulit sensitif, Anda bisa membuat scrub sendiri dari oat mentah dan madu. Gosokkan dengan lembut ke permukaan wajah, lalu diamkan selama kira-kira 15 sampai 20 menit sebelum membersihkannya. Zat antimikroba yang terkandung di dalam madu juga dapat berfungsi untuk mencegah kemunculan jerawat.


    2. Bersihkan muka secara menyeluruh

    Usahakan untuk mencuci wajah dengan menggunakan metode double cleansing. Setelah memakai cleansing oil untuk mengenyahkan kotoran dan juga sisa riasan yang bersarang di permukaan kulit, lanjutkan ritual Anda dengan busa pembersih seperti biasanya.


    3. Usapkan penyegar wajah

    Sesudah mencuci muka, tuangkan sedikit apple cider vinegar yang telah dicampur air dengan perbandingan 1:4 ke atas kapas untuk diaplikasikan sebagai toner. Sifat asam dari sari cuka apel tersebut tak hanya berkhasiat untuk memicu regenerasi sel-sel kulit, namun juga sanggup menjadikan kompleksinya lebih cerah. 


    4. Aplikasikan masker

    Kulit Anda bermasalah? Penggunaan masker tentu sangat berguna untuk membantu macam-macam masalah yang berkenaan dengan wajah. Untuk kulit yang kering, lumatkan alpukat matang sambil dicampur dengan perasan jeruk nipis.

    Diamkan selama kira-kira setengah jam sebelum dibilas hingga bersih. Bagi pemilik kulit berminyak, Anda bisa menjajal masker dari satu buah telur yang diambil putihnya aja untuk kemudian diteteskan sedikit sari lemon.


    Selain mampu mengencangkan muka, ramuan ini pun bermanfaat guna menyamarkan pori-pori besar yang mengganggu penampilan wajah. Sambil menunggu masker Anda kering, pejamkan mata dan taruh potongan timun dingin di atas masing-masing kelopaknya.

    Buah satu ini sangat mujarab untuk menenangkan kulit di sekitar mata yang tampak lelah sekaligus menyejukkannya apabila terasa sembap. Selain ketimun, Anda juga bisa menaruh kantung teh hijau celup yang telah didinginkan di dalam lemari es sebelumnya.


    5. Bubuhkan serum dan face oil

    Untuk kelembapan maksimal, Anda bisa mengaplikasikan serum atau minyak wajah kesayangan tepat setelah aplikasi masker. 


    6. Oleskan moisturizer

    Agar kekenyalan wajah tetap terjaga, Anda membutuhkan pelembap yang dapat meningkatkan elastisitas kulit. Sebagai moisturizer alami, Anda bisa memakai VCO (Virgin Coconut Oil) yang berlabel unrefined

    Kapan pun memungkinkan, setiap step di atas sebaiknya dipraktikkan sembari memijat wajah perlahan-lahan dengan cara menekan-nekan muka hingga ujung jari Anda dapat merasakan struktur tulang yang ada di balik kulit.

    Massage wajah mulai dari area rahang hingga dahi secara lembut. Pijatan tersebut ditujukan guna meningkatkan sirkulasi darah ke permukaan kulit. Hasilnya, wajah pun terlihat lebih segar!

    Untuk menambah efek relaksasi, facial tersebut bisa dilakukan sambil mendengarkan musik klasik ataupun lagu favorit Anda.


    (Foto: undrey©123RF.com) 









- RELATED ARTICLE -