• Bertambah Pintar Lewat 6 Perpustakaan Terbaik di Dunia

    Culture / Tips


    Bertambah Pintar Lewat 6 Perpustakaan Terbaik di Dunia

    Perkaya masa liburan Anda dengan mengunjungi sejumlah perpustakaan berikut untuk kekayaan literatur tanpa batas.


    Walaupun saat ini kita hidup di era serba digital, tidak dapat dipungkiri jika ada kepuasan tersendiri saat menghirup aroma khas lembaran buku tua. Membaca literatur di gadget canggih keluaran terkini jelas memiliki efek berbeda dengan memegang langsung buku bacaan. Membalik lembar per lembar sembari mencium aroma khas kertas buku menjadi sensasi berharga yang tidak dapat diberikan oleh kecanggihan teknologi. 

    Apabila Anda setuju dengan Bazaar mengenai pernyataan barusan, maka bahasan berikut memang ditujukan bagi Anda. Menyimak bahasa ringan dan bermanfaat tentu tidak akan hanya memperoleh kesenangan semata dari masa liburan Anda. Namun, Anda akan bertambah pintar!

    Rekomendasi eksklusif akan destinasi perpustakaan berikut dijamin memperluas wawasan serta cara berpikir. Tidak hanya kesenangan, namun inspirasi serta ilmu baru sudah ada di genggaman Anda. Mulai dari Portugal hingga negeri sendiri, simak lebih lanjut suguhan rangkuman Bazaar seputar perpustakaan terbaik di dunia.


    1. Palace de Mafra, Mafra, Portugal


    Sebagai tujuan pertama, Bazaar mengajak Anda berpelesir menuju Mafra, Portugal. Keistimewaan gedung perpustakaan yang satu ini jelas terlihat dari tergolongnya pusat sastra ini sebagai salah satu dari tujuh keajaiban yang dimiliki Portugal. Mengunjungi Palace de Mafra, tidak hanya Anda akan terpukau dengan kekayaan koleksi bukunya. Kesan agung arsitektur khas Baroque juga akan membuat Anda berdecak kagum. 

    Johann Friedrich Ludwig merupakan arsitek berkebangsaan Jerman yang berjasa di balik kemegahan gedung perpustakaan seluas 40.000 meter persegi berikut. Berdiri di tahun 1755, perpustakaan ini boleh tua secara umur, namun inspirasi yang ditawarkan mencakup lintas generasi.

    Berlibur bukan berarti hanya sekadar bersenang-senang semata. Jadikan perjalanan Anda lebih bermakna dengan mengunjungi perpustakaan berikut ini. 


    2. Perpustakaan Sainte-Genevieve, Paris, Prancis


    Apabila selama ini hanya Menara Eiffel dan Museum Louvre yang ada di benak saat bicara mengenai kota Paris, simak yang berikut ini. Saat Anda bertandang ke Kota Mode ini, tidak ada salahnya menyambangi perpustakaan Sainte-Genevieve. Bazaar yakin seratus persen, Anda tidak akan menyesal. Memiliki koleksi buku lebih dari dua juta eksemplar, sumber ilmu tanpa batas akan Anda dapatkan. 

    Diresmikan di tahun 1850, perpustakaan legendaris karya arsitek Henri Labrouste ini jelas menjadi salah satu destinasi wajib kala berlibur ke Paris. Jangan lupa untuk mengabadikan keelokan perpustakaan ini dengan kamera smartphone Anda. Tetapi pastikan dahulu smartphone Anda dalam keadaan mode silent. Pastinya Anda tidak mau para pengunjung perpustakaan menjadi terganggu akibat suara bising dari kamera Anda bukan?


    3. Perpustakaan George Peabody, Baltimore, Amerika Serikat


    Ketika hasrat sastra masih belum terpuaskan, saatnya melangkahkan kaki menuju perpustakaan George Peabody di kota Baltimore, Amerika Serikat. Merupakan bagian dari Universitas John Hopkins, perpustakaan bernuansa klasik ini terletak berseberangan dengan Monumen Washington.

    Kelengkapan koleksi literaturnya tidak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari informasi umum hingga buku-buku dengan kategori khusus, semuanya tersedia di perpustakaan yang satu ini.

    Koleksi buku di destinasi perpustakaan ini sebenarnya adalah koleksi pribadi dari seorang filantropis yang bernama George Peabody. Sedari dulu, pria ini memiliki mimpi untuk menciptakan perpustakaan di mana semua orang dapat bebas membaca koleksi buku miliknya. Apabila Anda ingin turut merasakan realisasi mimpi mulia dari George, jangan lupa kunjungi perpustakaan ini saat Anda berlibur ke kota Baltimore. 


    4. Stadtbibliothek Stuttgart, Stuttgart, Jerman


    Selanjutnya giliran kota Stuttgart di Jerman. Identik dengan kemahiran teknologinya, Jerman jelas merupakan salah satu destinasi terbaik untuk mendapatkan ilmu. Salah satu destinasi ideal untuk terinspirasi kala berlibur adalah dengan mendatangi perpustakaan Statdtbibliothek Stuttgart. 

    Pernah dianugerahi gelar Library of The Year di tahun 2013, kekayaan literatur perpustakaan ini memang di atas rata-rata. Dulunya perpustakaan ini berada di Wilhemspalais, sebelum akhirnya pindah ke lokasinya saat ini di tahun 2011. Bagi Anda para traveler sekaligus pecinta literatur, Bazaar merekomendasikan Anda jangan sampai kelupaan untuk mendatangi perpustakaan sekaligus ikon kota yang satu ini.


    5. Perpustakaan Alexandria, Alexandria, Mesir


    Selain kecantikan Ratu Cleopatra dan keunikan patung Sphinx, Mesir turut menyimpan pesona lain yang tidak kalah atraktif. Khusus bagi para traveler dengan hobi membaca, perpustakaan Alexandria wajib dituju saat berlibur ke Mesir. Didirikan pada awal abad ketiga sebelum Masehi, perpustakaan ini menyimpan kekayaan sastra mencengangkan. Lebih dari ratusan ribu naskah bersejarah tersimpan rapih di perpustakaan ini.

    Kabar baiknya, Anda dapat memperluas wawasan mengenai Mesir dan latar belakang sejarahnya di tempat ini. Jadi tidak hanya kesenangan atau magnet lemari pendingin berbentuk piramida semata, namun Anda mendapatkan ilmu sebagai cinderamata berharga yang tidak akan dapat dibeli dengan uang. 


    6. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Jakarta, Indonesia


    Berpelesir ke negeri orang, jangan sampai melupakan negeri sendiri. Terletak strategis di kawasan Pusat kota Jakarta, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia menjadi rekomendasi terakhir sekaligus teratas Bazaar. Kita harus bangga dengan eksistensi pusat ilmu yang satu ini.

    Selain kelengkapan koleksi buku, perpustakaan ini hadir dengan berbagai keunggulan fasilitas. Mulai dari area pelayanan keanggotaan, ruang promosi budaya baca, pusat data, teater hingga area khusus untuk anak-anak, lansia hingga penderita disabilitas semuanya tersedia di PNRI, demikian perpustakaan ini kerap disebut. 

    Satu lagi fakta membanggakan mengenai PNRI. Terdiri dari 24 lantai, perpustakaan ini resmi menjadi gedung perpustakaan tertinggi di dunia! Jadi daripada menghamburkan uang di pusat perbelanjaan tenama, akhir minggu ini cobalah kunjungi perpustakaan berikut. Tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun, wawasan Anda akan bertambah luas berkat sumber sastra tanpa batas yang tersedia di perpustakaan ini. Mari menjadi pintar bersama.


    (Foto: Courtesy of www.bibalex.org, Instagram @visitportugal, @andrea.boullosa, @juanfsala, @kevinmu, @deutschland_greatshots, @taqy_malik, @perpusnas.go.id)








- RELATED ARTICLE -