• Cara Alami Menunda Penuaan Dini

    Beauty / Tips


    Cara Alami Menunda Penuaan Dini

    Tanpa injeksi apalagi prosedur bedah sekalipun, sebetulnya ada banyak cara untuk mempertahankan kulit agar tetap awet muda.


    Meski teknologi abad ini telah banyak menyediakan “jalan pintas” untuk menyiasati tampilan wajah yang tak lagi belia, namun semua itu bukanlah tanpa efek samping. Misalnya saja, prosedur invasif untuk rejuvenasi kulit yang memiliki kemungkinan infeksi ataupun risiko pendarahan.

    Anda ragu dengan tindakan ekstrem seperti operasi namun enggan pula mendapati keriput yang hinggap di permukaan wajah? Mari siasati gejala penuaan dini dengan metode sesimpel dan sesederhana seperti yang berikut ini!


    1. Melakukan eksfoliasi dengan teratur

    Membersihkan wajah dengan facial scrub andalan Anda secara berkala merupakan salah satu trik untuk memicu produksi kolagen yang membuat wajah terasa lembut jadinya. Di samping itu, proses ini bisa membantu meluruhkan sel-sel kulit mati sekaligus memicu regenerasi sel-sel baru. Hasilnya, wajah pun tampak lebih kenyal dan terangkat!


    2. Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan

    Menurut Nicholas V. Perricone, MD, selaku profesor di Michigan State University sekaligus pelopor salah satu merek perawatan skin care global yang terdepan dalam hal peremajaan kulit, buah-buahan seperti blueberry, stroberi, cranberry, serta raspberry merupakan asupan berzat antioksidan paling melimpah yang sanggup menyelamatkan wajah dari gejala penuaan dini bahkan jika dibandingkan dengan buah dan sayur-mayur lainnya.


    3. Memastikan kualitas istirahat yang baik

    Never underestimate the power of beauty sleep! Siklus tidur Anda setiap malamnya adalah kesempatan bagi tubuh untuk memproduksi HGH (Human Growth Hormone) yang mampu menjadikan permukaan wajah terasa lebih halus dan elastis.

    Hormon ini sebagian besarnya diproduksi pada saat tahapan tidur yang paling lelap. Jadi, pastikan Anda bisa terlelap dengan pulas selama tujuh jam berturut-turut secara rutin setiap harinya! Selain itu, istirahat yang berkualitas tentu dapat mengembalikan vitalitas kulit agar tak lagi terlihat kuyu sekaligus mengembalikan rona sehatnya. 


    4. Memilih sunscreen yang ideal

    Ekspos cahaya matahari secara berlebih tentu bisa memicu radikal bebas sehingga dapat berujung pada kerusakan kulit seperti hiperpigmentasi, keriput, garis-garis halus, serta tekstur wajah yang mengendur dan berkurang elastisitasnya.

    Untuk menghindari problem tersebut, peran tabir surya sebagai perlindungan utama terhadap penuaan dini tentu tak boleh terlupakan dari kegiatan sehari-hari Anda. Namun, pastikan pula produk sunblock yang Anda kenakan mengandung SPF (Sun Protection Factor) minimal 30 serta menjanjikan perlindungan menyeluruh terhadap sinar UVA maupun UVB.


    5. Menghindari makanan atau minuman bergula serta karbohidrat olahan

    Seperti halnya paparan matahari, karbohidrat dan gula olahan alias refined sugar rupa-rupanya dapat berakibat pada melemahnya jaringan kulit! Akibatnya, wajah pun mudah berkeriput dan tampak lebih tua daripada yang seharusnya.

    Mulai sekarang juga, gantilah karbohidrat seperti roti dan pasta yang berbentuk olahan (refined grains) dengan whole grains atau sering disebut pula gandum utuh.


    (Foto: Irina Bogolapova© 123rf.com)








- RELATED ARTICLE -