• Plandid, Tren Foto Terbaru di Instagram

    Culture / News


    Plandid, Tren Foto Terbaru di Instagram

    Jangan ketinggalan mengikuti tren Instagram satu ini.


    Mari cek Instagram Anda, mungkin beberapa dari Anda pernah mengunggah plandid, salah satu tren foto yang kini membanjiri Instagram.

    Lantas apa itu plandid? Berdasarkan Urban Dictionary, istilah ini pernah disebutkan pada tahun 2010, yang merupakan singkatan dari kata planned dan candid. Ya, plandid merupakan jenis foto di mana subyek harus terlihat natural, tak menatap kamera, dan tampak spontan. Sehingga Anda terlihat tak sadar jika kamera tengah membidik Anda.





    Namun aslinya, plandid merupakan foto yang telah diatur, di mana Anda membutuhkan banyak sekali percobaan pengambilan gambar untuk mendapatkan satu foto yang paling natural.

    Tren ini sebenarnya bukanlah sesuatu yang baru, karena para model dan selebriti telah banyak mengunggah plandid di Instagram. Namun kemudian para influencer-lah yang pada akhirnya berperan membesarkan tren plandid.

    Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat melakukan plandid.

    Ambil foto sebanyak-banyaknya. Jika kamera smartphone Anda memiliki fitur burst, gunakan. Ini untuk memastikan Anda memiliki pilihan sebanyak mungkin.

    Pasang wajah natural dan jangan melihat ke kamera. Kebanyakan dari plandid merupakan solo shots di mana subyek tidak menatap kamera. Beberapa pilihan pose yang mungkin Anda tiru adalah berjalan di pantai sembari menunduk, keluar dari kolam renang tampil dengan wajah yang fierce, menatap horizon di puncak bukit, atau bersandar di sebuah dinding yang penuh mural.





    Pose lain yang mungkin bisa Anda coba adalah, seakan tengah memberhentikan taksi, menyebrang jalan (please, be careful), atau seakan tengah membenarkan tampilan Anda.





    Namun jika Anda memilih mengunggah plandid yang menatap kamera, pastikan ekspresi Anda terlihat seperti tak sengaja tertangkap kamera.

    Pastikan Anda memiliki teman atau asisten untuk mengambil foto. Tentunya akan lebih mudah jika ada orang yang Anda percaya untuk mengambil potret Anda dan memahami plandid seperti apa yang Anda inginkan.




    Terakhir, jangan terlalu menganggapnya sebagai sesuatu yang serius. Jika Anda 'berpose' untuk plandid, Anda harus tampak santai dan kasual, agar plandid yang dihasilkan benar-benar tampak alamiah.


    (Foto: Courtesy of Instagram @badgalriri)









- RELATED ARTICLE -