• Langkah Mudah Perawatan Wajah Pria

    Beauty / Tips


    Langkah Mudah Perawatan Wajah Pria

    Memperoleh wajah bersih, sehat, dan cerah dimulai dari rutinitas Anda.


    Pria yang rajin merawat kulitnya tak berarti feminin, sebab kebersihan mencerminkan citra diri yang baik. Dengan merawat wajah, pria dapat tampil lebih atraktif berkat kulit yang sehat. Perawatan wajah pria dapat dimulai lewat langkah simpel dan penjelasan sistematis.


    Memahami prosedur di setiap tahapannya dapat membantu Anda untuk menerapkan pola kebersihan yang paling sesuai. Pilihlah produk perawatan dengan kualitas baik dan tepat guna. Sesuaikan produk dengan jenis kulit wajah Anda sebelum memulai perawatan, kemudian perhatikan perubahan kondisi wajah dalam selang waktu tertentu.

    Secara umum, terdapat lima jenis kulit:


    Kulit Normal

    Kulit ini bebas dari kelebihan minyak sepanjang hari dan tak mudah iritasi. Jerawat biasanya bukan masalah bagi Anda.

    Kulit Berminyak

    Kulit Anda memiliki kilau natural, yang dapat menumpuk (sebum) dan menghasilkan jerawat.

    Kulit Kering

    Mudah mengalami iritasi dan seringkali terasa kering.

    Kulit Kombinasi

    Biasanya terdiri dari daerah T yang cukup berminyak, sementara area sekitarnya memiliki karakter kering atau sensitif terutama di bagian pipi.

    Kulit Menua

    Dapat dikategorikan sebagai kusam, yang ditambah dengan kerutan dan bekas bintik hitam. Hal ini dapat juga terjadi sebab Anda melalaikan perawatan kulit wajah.




    Dengan mengetahui jenis kulit, maka Anda dapat memilah produk perawatan wajah yang sesuai untuk digunakan. Lakukan proses secara teratur ketika pagi saat mandi, dan ketika malam sebelum tidur.


    Baca juga: 10 Pilihan Parfum Pria Terbaik


    Berikut beberapa langkah esensial perawatan wajah.


    Cleanser

    Merupakan salah satu pilar yang paling penting dalam langkah perawatan wajah. Bersihkan wajah Anda dua kali sehari (pagi dan malam) untuk membersihkan dari minyak, kotoran, dan sel kulit mati. Gunakan sabun cuci muka yang lembut dan sesuai dengan jenis kulit Anda.

    Toner

    Jika mempunyai waktu lebih, Anda bisa menggunakan toner berbasis air maupun essence untuk tahap ini. Toner dapat membersihkan sisa kotoran yang tidak mampu dibersihkan oleh sabun. Toner juga berguna untuk menetralkan PH kulit wajah setelah proses cuci muka kemudian mempersiapkan kulit untuk aplikasi perawatan di tahap berikutnya.

    Moisturizer

    Gunakan pelembap setelah toner. Pilihlah produk non-comedogenic agar tidak menyumbat pori-pori wajah. Moisturizer berfungsi menjaga kulit agar tetap terhidrasi dengan baik dan dapat bertindak sebagai proteksi dari kotoran. Anda dapat menggunakannya di pagi dan malam hari.




    Baca juga: Model Rambut Pria dengan Teknik Fade Haircut


    Di samping itu, Anda juga dapat melakukan perawatan bonus di waktu luang sebagai berikut.


    Exfoliator

    Gunakan face scrub selama satu hingga dua kali dalam satu minggu, demi peremajaan kulit dan terbebas dari sel kulit mati sehingga wajah menjadi lebih halus. Hindari pemakaian yang terlalu sering sebab dapat mengakibatkan iritasi.

    Tabir Surya

    Produk ini dapat melindungi kulit dari efek negatif sinar matahari yang menjadikan keriput dan kusam. Agar praktis, gunakan tabir surya yang terintegrasi bersama moisturizer di pagi hari.

    Anti Aging Cream

    Masa penuaan dimulai sejak umur 25 tahun, sehingga tak ada salahnya untuk menunda (memperlambat) tanda-tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus.

    Eye Cream

    Daerah sekitar mata memiliki ketebalan kulit yang tertipis pada tubuh, sehingga sangat rentan terhadap proses penuaan. Menggunakan krim mata sebanyak satu hingga dua kali sehari dapat menjadi solusinya.

    Face Mask

    Jangan menghakimi penggunaan masker wajah sebelum Anda merasakan khasiatnya. Sekarang ini telah banyak tersedia masker dalam bentuk lembaran yang tersedia di pasaran. Diamkan sheet mask selama 15-25 menit pemakaian untuk mendapatkan kulit yang bersinar. Gunakan satu kali dalam seminggu.

    (Foto: George Rudy/Shutterstock/Clickphotos, Torwaistudio/Shutterstock/Clickphotos, 279photo Studio/Shutterstock/Clickphotos)








- RELATED ARTICLE -