• 10 Cara Sukses Berhenti Merokok

    Culture / News


    10 Cara Sukses Berhenti Merokok

    Seiring dengan isu kenaikan harga rokok baru-baru ini, mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk sekalian menghentikan kebiasaan tersebut.


     Jangan takut gagal, karena Bazaar sudah menyusun siasat jitu untuk Anda yang benar-benar ingin berhenti merokok!

    1. Tentukan tujuan
    Tuliskan visi dan misi Anda, misalnya “Saya tak merokok lagi karena ingin hidup sehat lebih lama dan dapat terus berkeliling dunia” dan pasang motivasi Anda tersebut di dinding kamar, meja kerja, hingga layar smartphone sebagai pengingat.

    2. Pilih metode
    Entah itu berhenti sekaligus atau mengurangi frekuensi merokok secara perlahan-lahan, sesuaikan proses yang akan dihadapi dengan karakter Anda.

    3. Jauhi diet untuk sementara waktu
    Ketika Anda merasakan refleks untuk memasukkan sesuatu ke dalam mulut, waktunya untuk mengganti wujud rokok dengan penganan yang Anda sukai.

    4. Gunakan alternatif nikotin
    Saat ini, terdapat berbagai produk yang dapat berperan sebagai terapi penggantian nikotin dalam bentuk permen karet, koyo, tablet hisap sampai semprotan hidung yang mudah dibawa ke mana pun juga.

    5. Tekuni hobi dan kegiatan baru
    Jajal berbagai macam aktivitas yang dapat memperbaiki mood Anda untuk menghindari tekanan mental saat berusaha menjauhkan rokok. Olahraga air bisa jadi salah satu contoh.

    6. Pertimbangkan resep dokter
    Efek berkurangnya nikotin yang terpompa ke dalam tubuh Anda bisa berupa depresi dan susah berkonsentrasi, namun tenang saja karena terdapat berbagai ragam obat untuk mengatasi masalah tersebut.

    7. Hindari segala macam pemicunya
    Misalnya saja, Anda biasa merokok sambil minum kopi. Untuk mengalihkannya, cobalah untuk mengganti secangkir espresso dengan teh atau jus segar.

    8. Operasi semut
    Inspeksi kebersihan pun dibutuhkan demi terciptanya lingkungan bebas rokok. Cuci semua baju dan seprai kasur yang biasanya terpapar asap serta singkirkan asbak dan korek api dari pandangan. Semprotkan pewangi ruangan maupun mobil guna menyingkirkan baunya supaya Anda tak tergoda untuk merokok.

    9. Carilah bantuan dari orang-orang
    Mintalah kepada keluarga dan teman-teman agar mendukung Anda sepenuhnya. Jika mau, Anda pun bisa mengikuti bimbingan konseling hingga sesi hipnosis untuk memperbesar peluang berhenti.

    10. Hadiahkan diri Anda sendiri
    Last but not least, kumpulkan uang yang berhasil Anda hemat kala berhasil mengurangi pembelian rokok. Belilah apa pun yang Anda mau dari hasil tabungan tersebut!

     

    (Foto: Tomertu/Shutterstock/Click Photos)








- RELATED ARTICLE -