• 7 Fakta tentang Venice Film Festival

    Culture / News


    7 Fakta tentang Venice Film Festival

    Venice Film Festival yang ke-73 baru saja dimulai akhir bulan lalu. Apa saja yang Anda ketahui tentangnya?


     Mari mencocokkan wawasan Anda dengan poin-poin yang telah Bazaar rangkum berikut.

    1. Venice Film Festival merupakan ajang film tertua di dunia dan disebut-sebut sebagai pelopor dari Cannes Film Festival.

    2. Layar lebar pertama yang ditayangkan di festival ini adalah Dr. Jekyll and Mr. Hyde, sebuah film horor legendaris, pada tanggal 6 Agustus 1932.

    3. Festival film ini sebetulnya dibuka juga untuk masyarakat umum. Harga tiketnya bervariasi, mulai dari 160 euro hingga 1600 euro untuk menyaksikan screening.

    4. Tidak pernah ada penggarap film yang berhasil memenangkan tiga penghargaan sekaligus. Adapun empat sutradara yang pernah menyabet gelar juara sebanyak dua kali sepanjang hidupnya ialah Andre Cayatté, Louis Malle, Zhang Yimou, dan Ang Lee.

    5. Salah satu hadiah yang diperebutkan di Venice Film Festival adalah sebuah arloji mewah buatan Swiss yakni Jaeger-LeCoultre yang juga bertindak sebagai sponsor dari acara ini.

    6. Tahun ini, sebuah pesta pembukaan yang meriah seharusnya dihelat di awal penyelenggaraannya. Akan tetapi, hajatan tersebut dibatalkan sebagai tanda keprihatinan untuk para korban gempa bumi di sentra Italia yang setidaknya menewaskan kurang lebih 300 orang sepekan sebelumnya.

    7. Tak ada yang tahu alasannya, tetapi angka 7 seperti dianggap 'keramat' dalam festival ini. Selain terdapat tujuh macam penghargaan, program-program yang digelar pun ada tujuh buah. Tidak hanya itu, minimum anggota juri yang dibutuhkan untuk menilai kompetisi filmnya pun berjumlah tujuh orang!

     

    (Foto: Bakounine/ShutterStock/ClickPhotos)








- RELATED ARTICLE -