• 10 Aplikasi Terbaik untuk Bantu Pantau Kehamilan & Kesuburan

    Beauty / News


    10 Aplikasi Terbaik untuk Bantu Pantau Kehamilan & Kesuburan

    Dari bimbingan menjadi ibu hingga memantau perkembangan bayi, berikut adalah aplikasi yang perlu Anda unduh!


    Teruntuk Anda yang sedang mengandung untuk pertama kali atau menambah keturunan, tidak ada salahnya untuk mendapatkan segala macam bantuan dalam perjalanan menjadi seorang ibu. Dari aplikasi yang menggunakan AI (Artifical Intelligence) untuk menentukan tingkat kesuburan hingga yang memperbanyak teman sesama ibu lainnya, berikut adalah beberapa aplikasi yang didekasikan untuk kehamilan dan parenting rekomendasi Bazaar.


    1. Flo





    Flo adalah salah satu aplikasih yang paling banyak diunduh pada tahun 2019 di bawah kategori Health & Fitness, dan tidak sulit untuk mengetahui apa alasan dibaliknya. Aplikasi kesuburan yang mendukung wanita di setiap tahap siklus reproduksinya, melacak menstruasi, prediksi siklus, persiapan untuk konsepsi, kehamilan, menjadi ibu di usia muda, dan juga menopause.

    Anda dapat melacak perasaan, gejala, sex drive, dan menstruation flow secara keseluruhan. Aplikasi ini akan memberikan Anda wawasan tentang kesehatan yang dipersonalisasi dari data Anda.

    £8,99 (174.620 rupiah), Flo by Flo Health Inc.



    2. Freya


    Dibuat oleh Siobhan Miller, pendiri Positive Birthing Company, Freya adalah aplikasi unutk mengatur waktu kontraksi dan melatih teknik pernapasan hypnobirthing, untuk membantu Anda rileks selama tahap persalinan.

    £2,99 (57.805 rupiah), Freya by The Positive Birth Company




    3. Peanut

    Aplikasi Peanut memiliki tujuan yang mulia, yaitu memastikan tidak ada orang yang harus menjalani kehidupan sebagai ibu seorang diri, terutama di bagian yang sulit. Aplikasi ini memberi Anda akses ke jejaring sosial untuk menjalin hubungan pertemanan sesama wanita lain yang juga sedang mempelajari masa kesuburan dan keibuan. Ini bertujuan untuk memudahkan Anda untuk bertemu, berbincang, dan belajar dari wanita yang sedang dalam perjalanan yang serupa.

    Gratis, Peanut by Peanut App Limited


    4. Elvie Trainer


    Demi mempermudah keseharian Anda, pompa ASI Elvie dan perangkat latihan panggul dapat disambungkan dalam aplikasi di smartphone Anda. Pompa ASI tadi dapat memberi tahu Anda berapa banyak ASI yang sedang Anda produksi dan memiliki mekanisme untuk berhenti secara otomatis saat sudah penuh (fitur ini menandakan tidak adanya kebocoran), sedangkat alat latihan panggul memungkinkan Anda melacak kekuatan dasar panggul dan perkembangan Anda melalui satu aplikasi.

    Gratis, Elvie Trainer by Chiaro Technology Ltd


    5. Pregnancy+


    Aplikasi untuk memantau perkembangan kehamilan yang andal. Unggah foto perut Anda untuk mencari tahu ukuran bayi Anda dalam perbandingan buah, makanan penutup, dan yang paling menggemaskan adalah bayi hewan! Bagaimana lagi Anda tahu jika Anda sedang membawa buah delima atau alpukat dalam kandungan? Lebih dari 25 juta pengguna telah mendaftar.


    6. Natural Cycles

    Memperkenalkan aplikasi kontrasepsi yang cerdas. Natural Cycles bertujuan menjadi metode kontrasepsi bebas hormon yang mempelahari siklus unik Anda. Aplikasi ini mengidentifikasi ovulasi dengan menganalisis suhu tubuh Anda dengan termometer yang disediakan, yang mana harus Anda ukur saat bangun.


    Kemudian aplikasi ini mengumpulkan data sehingga Anda dapat mengetahui masa subur Anda dan hari-hari yang disarankan untuk menggunakan kontrasepsi. Tentu saja perlu dicatat bahwa setiap hubungan seks tanpa kondom yang Anda lakukan selalu menjadi risiko Anda sendiri jika menggunakan aplikasi sebagai bentuk kontrasepsi.

    £6,99 (135.084 rupiah), Natural Cycles by Nordic AB


    7. Baby2Body



    Ini adalah rekomendasi latihan sehari-hari yang dapat Anda lakukan dari rumah hanya dengan beberapa beban di tangan dan pergelangan kaki. Latihan disesuaikan dengan tingkat kebugaran Anda saat itu, dan berapa minggu Anda hamil. Setiap sesi berlangsung sekitar 15-25 menit per hari dan selalu mencakup sesi peregangan sebelum dan sesudah latihan. Sebagai bonus tambahan, aplikasi ini hadir dengan nutrisi yang membantu dan mindfull advice.

    Gratis, Baby2Body by Baby2Body Limited


    8. Squeezy


    Aplikasi Squeezy terbukti telah membantu ribuan wanita mendapatkan kepercayaan dirinya akan pelvic floor mereka kembali, itulah alasan mengapa aplikasi ini direkomendasikan oleh para bidan dan hampir setiap guru yoga. Aplikasi ini dirancang oleh NHS (National Health Service) dengan dua latihan berbeda untuk dilakukan tiga kali sehari. Dengan mudah semua ini menjelaskan setiap latihan dan mengirimkan pengingat harian ke telepon genggam Anda.

    £2,99 (57.770 rupiah), Squeezy NHS Pelvic Floor App by Living With Ltd


    9. The Wonder Weeks


    Aplikasi bayi terlaris ini disebut sebagai sebuah berkah bagi para ibu selama masa-masa belum bisa meraba apa pun sama sekali. The Wonder Weeks memiliki kalender yang menjelaskan perkembangan anak Anda, termasuk mengapa bayi Anda mungkin susah atau tidak tidur, rewel, makan tidak teratur. Apa yang membuatnya sangat populer? Berbagai macam saran dan solusi praktis untuk membantu Anda. 

    £2,99 (57.770 rupiah), The Wonder Weeks by Domus Technica


    10. Mush


    Mengatasi perasaan terisolasi yang sering kali dialami banyak seorang ibu baru, Mush dirancang untuk memberikan persahabatan, dukungan, dan pertemuan dengan ibu lainnya yang memiliki anak dengan usia yang sama dengan Anda. Aplikasi ini dibuat oleh Sarah dan Katie yang awalnya bertemu karena keduanya mengalami kesulitan yang sama, yaitu memiliki dua orang anak yang keduanya berusia di bawah dua tahun, dan menginginkan cara yang mudah dan menyenangkan untuk menemukan sesama ibu yang berpikiran sama.

    Gratis, Mush:the friendliest mum app by Mush Limited


    (Penulis: Natalie Salmon; Alih bahasa: Sabrina Sulaiman; Artikel ini disadur dari BAZAAR US; Foto: courtesy of BAZAAR US)










- RELATED ARTICLE -