• Tiffany & Co. Kini Transparan Tentang Asal Berlian Mereka

    Fashion / News


    Tiffany & Co. Kini Transparan Tentang Asal Berlian Mereka

    Lini perhiasan Tiffany & Co. mengusung sistem penelusuran yang transparan untuk setiap produk berlian yang mereka jual ke para konsumennya.


    Ketika akan membeli perhiasan dengan taburan berlian, ada banyak pertimbangan yang perlu dipikirkan dan diketahui konsumen sebelum membeli.

    Hal-hal yang patut diperhatikan biasanya adalah kejernihan batu berlian, karat berlian, sekaligus keaslian batu berlian yang akan dibeli, namun kini transparansi dari mana asal usul berlian tersebut diambil dan proses apa saja yang sudah dilalui oleh batu tersebut menjadi perhatian.

    Menanggapi hal tersebut, lini perhiasan mewah Tiffany & Co. kemudian menginisiasi program yang membolehkan para konsumen untuk menelusuri asal usul batu berlian yang akan mereka beli dengan sertifikat yang menjelaskan asal berlian sekaligus proses yang telah dilalui berlian tersebut kepada para pembeli.




    Sertifikat tersebut dikabarkan akan dipersembahkan kepada setiap konsumen yang akan membeli perhiasan berlian dengan berat lebih dari 0.18 karat lansiran Tiffany & Co. dan akan dimulai pada bulan Oktober tahun ini.


    Langkah Tiffany & Co. tersebut menjadikan lini perhiasan ini sebagai yang pertama dalam mengusulkan komitmen berintegritas tinggi demi memberikan kenyamanan kepada para konsumennya.

    "Hari ini, kami menyempurnakan komitmen kami untuk menyediakan program penelusuran batu berlian yang kami gunakan," ungkap Anisa Kamadoli Costa, chief sustainability officer, Tiffany & Co. "Para pelanggan kami berhak tahu dari mana berlian lansiran Tiffany & Co. diambil dengan standar yang tinggi, tidak hanya di aspek kualitas tetap juga di aspek sosial dan pertanggung jawaban terhadap lingkungan. Dengan adanya sertifikat diamond traceability maka kami harap ini dapat menjadi solusi terbaik untuk para konsumen sekaligus sebagai pertanggung jawaban kepada lingkungan hidup yang menjadi sumber diambilnya batu berlian yang kami gunakan," tambahnya.




    Tiffany sendiri memiliki 5 polishing workshops yang tersebar di berbagai belahan dunia, setiap workshop dengan total 1,500 pengrajin berlian untuk Tiffany tersebut memastikan setiap batu berlian yang akan disematkan di perhiasan lansiran Tiffany & Co. menemui standar tertinggi yang dijadikan landasan sang lini perhiasan.

    Terletak di Belgia, Mauritius, Botswana, Vietnam, dan Kamboja ditambah dengan laboratorium Tiffany Gemological Laboratory di New York, sekaligus 5 pabrik tempat memproduksi perhiasan yang terletak di Amerika Utara, seluruh tim yang tergabung akan memerhatikan bukan hanya lapisan karat namun juga setiap detail terkecil di perhiasan lansiran Tiffany & Co.

    Karena proses panjang dan melalui berbagai negara di dunia tersebut, Tiffany pun akan membagikan setiap proses pemotongan, polesan, tingkat, dan kualitas berlian yang disematkan di perhiasan lansirannya kepada para konsumen yang membelinya lewat Tiffany Diamond Certificate yang juga dilengkapi dengan nomor registrasi setiap batu berlian secara individual.


    (FOTO: Courtesy of Tiffany & Co.)










- RELATED ARTICLE -