• 15 Lagu untuk Bangkitkan Rasa Percaya Dalam Diri Anda

    Culture / Tips


    15 Lagu untuk Bangkitkan Rasa Percaya Dalam Diri Anda

    Kompilasi lirik, nada, hingga irama lagu yang dijamin membuat Anda lebih cinta pada diri sendiri.


    Dekade baru telah memasuki bulan kedelapan, dan masa pandemi ini telah mengubah banyak hal dalam hidup. Mulai dari ruang aktivitas yang terbatas di dalam rumah hingga merasakan cemas akan ketidakpastian hidup di hari esok. Jika di masa-masa ini Anda mulai merasa tidak percaya diri atau bahkan mulai sering overthinking, pasang earphone, headphone Anda dan kumpulan lagu-lagu pilihan Bazaar untuk menenangkan suasana hati Anda.

    Value – Tori Kelly


    Masa karantina tidak menghentikan penyanyi bersuara emas, Tori Kelly yang merilis extended play EP terbarunya bulan ini, bertajuk Solitude. Dengan nuansa rock-and-blues serta akustik, ia membawakan lagu berjudul Value yang mengisahkan pentingnya untuk mengenal diri sendiri dan tahu betapa pentingnya diri kita. Ketika ada sesuatu atau seseorang yang membuat Anda tersakiti, Anda memiliki semangat untuk bangkit dan terus melangkah.





    HooLaLa – Yura Yunita


    Yura Yunita juga menyemangati pendengarnya untuk lebih percaya pada kemampuan diri sendiri dan belajar untuk mencintai diri lebih baik. Dengan lantunan nada yang membuat Anda ikut bergoyang (di rumah masing-masing, tentunya). Lagu yang diciptakannya ini juga menjadi mantra sang penyanyi kelahiran Kota Kembang dan juga pengingat bagi semua yang mendengarkan. HooLaLa adalah kata dari bahasa Hawaii yang berarti menyelamatkan, sehingga lagu ini dapat menjadi penyelamat Anda yang sedang tidak percaya pada diri.


    Si Lemah – RAN ft. Hindia


    Petikan gitar yang mendominasi lagu ini mengajak para pendengarnya untuk melihat kembali perjalanan hidup yang telah mereka lalui. Kolaborasi perdana RAN dan Hindia ini mengajak pendengar untuk membiarkan diri tampil apa adanya dan tidak membenci diri sendiri karena tidak mampu memenuhi ekspektasi orang lain.

    Lirik yang berbunyi:

    Hai, si lemah

    Buatlah semesta menerima

    Dirimu apa adanya

    Relakanlah

    Masih banyak senyum di dunia

    Yang bisa terima semua indah kurangmu


    Rangkaian kata dikutip dari lagi Si Lemah menjadi pesan utama yang membantu Anda untuk menilik siapa diri Anda sesungguhnya.


    Little Bit Of Love – JP Cooper


    JP Cooper mengawali tahun 2020 dengan mengingatkan Anda bahwa setiap orang membutuhkan cinta dalam menjalani hari. Lagu pop ini seolah mengizinkan untuk menangis, marah, dan meluapkan perasaan Anda serta memberi cinta teruntuk diri sendiri. Di tengah masa seperti ini, Little Bit Of Love dapat menjadi alasan Anda untuk lebih memperhatikan diri. 


    Original – Sia


    Bioskop dunia kembali dihiasi dengan kehadiran tokoh ikonis Dr. Dolittle, yang kali ini diperankan oleh Robert Downey Jr. pada awal tahun 2020. Namun, soundtrack film yang dibawakan oleh Sia, dapat menjadi penyemangat untuk berani menunjukkan siapa diri Anda sebenarnya, menerima diri sendiri, dan menunjukkan kepada dunia bahwa Anda adalah seseorang yang berbeda. Sebab, setiap orang pastinya dilahirkan dengan keunikan masing-masing. 


    God’s Plan – Drake


    Rapper asal Kanada, Drake merilis albumnya Scorpion pada 2018 lalu dan menghadirkan lagu bertajuk God’s Plan yang dapat menjadi pengingat tentang pandangan negatif orang lain terhadap Anda tidak perlu menjadi penghalang Anda dalam menjalani hidup. Melalui lagu ini, Drake mengingatkan bahwa semua orang memiliki jalan hidupnya masing-masing, baik hari yang menyenangkan maupun yang menyedihkan. Lagu ini mengajak Anda untuk feel good about yourself


    Money Honey (Count Me In) – Dipha Barus ft. Monica Karina

    Kolaborasi disc jockey (DJ) tanah air, Dipha Barus dan Monica Karina menggambarkan perjuangan setiap orang untuk mencari nafkah setiap hari. Dengan rutinitas yang beragam, setiap orang butuh proses dan waktu yang cukup lama untuk memenuhi kebutuhan mereka setiap hari. Lagu yang kental dengan nuansa electronic dance ini menjadi penyemangat Anda yang tengah bekerja di rumah atau sedang memulai lembaran karier baru.



    One Day At A Time – Sam Smith



    Jika hari ini membuat Anda sangat tertekan, segelas air hangat dan lagu ini dapat menenangkan hati Anda. Lagu yang dirilis pada tahun 2017 lalu membiarkan Anda untuk melepaskan keresahan dan kepenatan hari ini. Dengan berpegang pada lirik dengan bunyi Let’s grab a bottle - and take one day at a time, Anda dapat menjadikan ini sebuah mantra untuk menenangkan hati, pikiran, dan membiarkan diri Anda menikmati momen saat ini tanpa bayangan masa depan.

    Brand New Eyes – Bea Miller


    Lagu Brand New Eyes yang dibawakan penyanyi Bea Miller ini cocok bagi Anda yang membuka lembaran hidup yang baru. Pekerjaan baru, jenjang pendidikan baru, dan berbagai kebiasaan baru yang dapat Anda jalani dengan penuh keyakinan dan percaya diri. Semua pencapaian dan kegagalan yang Anda alami dapat membantu melihat setiap hari dengan perspektif baru.


    Manusia Kuat – Tulus


    Manusia Kuat dapat menjadi penyemangat Anda yang tengah dikecewakan hidup dan dipandang rendah oleh orang-orang di sekitar Anda. Tulus membawakan lagu ini untuk meyakinkan Anda adalah manusia-manusia yang mampu mencapai mimpi serta kebahagiaan yang Anda inginkan dengan berbagai rintangan yang dapat Anda lewati. Lagu ini mengingatkan pentingnya daya juang dan mendorong Anda untuk bangkit dari keterpurukan.


    B.O.M.O -Tatiana Manaois


    Dengan dua alat musik sederhana, gitar dan tamborin mendominasi telinga pendengar, B.O.M.O yang berarti Better On My Own karya Tatiana Manaois, cocok bagi Anda yang disakiti oleh pasangan Anda dan perlahan bangkit menjadi sosok perempuan yang kuat serta mandiri. Lagu ini menjadi pendorong rasa percaya diri Anda untuk mulai melangkah dan meraih mimpi-mimpi Anda yang sempat terabaikan.


    Incredible – Celine Dion ft. Ne-Yo


    Penyanyi ikonis, Celine Dion merilis album pada 2013 lalu dengan Incredible sebagai singel utama dari album ini. Dengan kolaborasinya bersama Ne-Yo, Celine menghadirkan sebuah lantunan yang memotivasi Anda untuk memulai hari dengan semangat terbaik dan siap memberikan dedikasi tertinggi Anda dalam setiap karya yang tengah dikerjakan. Lagu ini seolah-olah memberi pujian atas usaha yang Anda berikan setiap harinya dan juga pengingat bahwa Anda adalah sosok yang kuat serta akan mencatat sejarah dengan siapa diri Anda.


    Rise Up – Andra Day


    Lagu yang rilis pada tahun 2015 ini membawakan pesan bagi Anda untuk selalu bangkit dari kesulitan hidup yang terjadi. Rise Up tidak hanya menjadi penyemangat tetapi seolah memberikan tangan bagi pendengar untuk melangkah maju bersama-sama. Nilai percaya diri dan kebersamaan menjadi esensi dari lagu ini sehingga dapat Anda jadikan anthem setiap saat.


    My Power – Beyoncé ft. Nija, Busiswa, Yemi Alade, Tierra Whack, Moonchild Sanelly, DJ Lag


    Tahun 2019 menjadi tahun perilisan film The Lion King versi live-action yang melibatkan penyanyi Beyoncé sebagai pengisi suara karakter Nala. Penyanyi 39 tahun ini menghadirkan nuansa baru dengan album The Lion King: The Gift sebagai bentuk penghormatannya kepada Afrika. Namun, lagu dengan judul My Power menjadi motivasi yang berlaku di setiap sepasang telinga yang mendengar dan membangkitkan semangat juang bagi Anda yang mengalami masa-masa sulit. Lagu ini menyuarakan keberanian dan kekuatan yang dimiliki setiap orang yang patut dihargai dan dirayakan.


    Try Everything – Shakira


    Lagu yang menjadi soundtrack film Zootopia ini tidak hanya menggerakkan tubuh Anda tetapi juga hati Anda untuk berani mencoba. Saat ini, banyak hal yang terasa tidak pasti dan terkadang menimbulkan rasa takut dalam diri, Anda didorong untuk berani mencoba hal yang baru. Mungkin membuka usaha baru hingga memberanikan diri untuk mengenal diri dengan cara baru. Seperti judulnya, Try Everything juga mengajak Anda untuk tidak hanya sekadar mencoba hal itu, namun juga menikmati proses di baliknya.


    (Layout: Tevia Andri; Penulis: Vanessa Masli; Foto & Video: Courtesy of Instagram, Spotify & YouTube)










- RELATED ARTICLE -