• Simak Fakta Seputar Clay Mask yang Perlu Diketahui

    Beauty / News


    Simak Fakta Seputar Clay Mask yang Perlu Diketahui

    Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya untuk Anda mengetahui segala hal yang perlu diketahui tentang clay mask.


    Masker wajah memang bukanlah produk baru dalam dunia kecantikan, tetapi dalam beberapa tahun terakhir ini masker wajah telah mendapat popularitas yang tinggi. Sekarang ini, ada berbagai jenis masker wajah yang dapat Anda coba dan salah satunya adalah masker yang terbuat dari bahan tanah liat atau yang dikenal juga dengan nama clay mask.

    Masker yang dikenal mampu mengatasi masalah minyak berlebih pada wajah ini rupanya memiliki segudang fakta menarik lain yang mungkin tidak Anda ketahui sebelumnya. Mulai dari jenis, fungsi, hingga teknik pengaplikasiannya, mari simak 10 fakta yang perlu Anda ketahui mengenai clay mask sebelum Anda memasukkannya ke dalam rutinitas kecantikan Anda!

    1. Menjadi salah satu produk yang paling banyak digemari oleh kaum hawa, clay mask terbuat dari abu vulkanik yang kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, besi, silika, dan potasium. 




    2. Clay mask sendiri memiliki segudang fungsi yang baik untuk wajah antara lain mengangkat minyak, kotoran, serta sel kulit mati, mampu detoksifikasi pada kulit, dan mengatasi masalah jerawat yang membandel.

    3. Karena fungsinya yang bekerja untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah, dianjurkan sebaiknya clay mask tidak digunakan lebih dari 1-2 minggu sekali untuk menghindari kekeringan pada kulit.

    4. Tidak hanya dikenal karena kemampuannya mengatasi masalah produksi sebum yang berlebih, ditemukan juga bahwa clay mask secara ampuh dapat mengencangkan kulit yang kendur dan menghaluskan pori-pori.

    5. Dalam memilih produk clay mask, Anda juga perlu teliti memilih mana produk clay mask yang memiliki kandungan tepat untuk kulit Anda. Clay mask sendiri terbagi menjadi lima jenis dengan manfaat yang berbeda-beda. Simak lima jenis clay mask di bawah ini:

    Bentonite Clay

    Dengan kemampuannya menyerap yang luar biasa, ini adalah jenis tanah liat yang sangat cocok bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak karena dapat menyerap semua kelebihan sebum dengan mudah. Tidak hanya itu saja, tipe tanah liat bentonit ini memiliki sifat listrik yang apabila dicampur dengan air dapat membentuk molekul-molekul bermuatan yang mampu menarik racun keluar dari wajah Anda. Dengan kemampuannya untuk mengencangkan, membersihkan jerawat, dan menyerap kotoran, menjadikan bentonit adalah pilihan tepat untuk semua masalah kulit.


    Fuller’s Earth Clay

    Ini adalah jenis tanah liat lain dengan kemampuan menyerap minyak dan kotoran yang sangat kuat. Tidak hanya bekerja secara efektif menyerap minyak berlebih, jenis tanah liat ini juga mampu mengatasi hiperpigmentasi, karena memiliki sifat memutihkan wajah.

    Ketika dikombinasikan dengan air dan digunakan sebagai masker, ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengurangi kemerahan. Fuller’s Earth Clay sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak karena dapat sangat mengeringkan wajah. Namun bagi Anda dengan tipe kulit normal tidak ada salahnya juga bagi Anda jika ingin mencoba Fuller’s Earth Clay namun dianjurkan bagi Anda untuk tidak menggunakannya lebih dari sekali seminggu.


    Kaolin Clay

    Kaolin Clay sendiri terbagi menjadi empat jenis berbeda mulai dari warna putih, kuning, merah, dan merah muda dengan kemampuan yang berbeda-beda pula. Kaolin putih misalnya, adalah jenis kaolin yang paling lembut dan bagus untuk kulit kering yang sensitif karena tidak menyerap begitu banyak minyak.

    Sedangkan kaolin kuning, tipe ini sedikit lebih berat dan tajam dibandingkan kaolin putih karena bekerja lebih efektif menyerap minyak berlebih.

    Kemudian untuk kaolin merah, tipe ini memiliki daya serap paling banyak ketimbang kaolin jenis lain. Oleh sebab itu kaolin merah adalah kaolin paling baik untuk kulit berminyak.

    Dan yang terakhir, kaolin merah muda adalah campuran dari tanah liat kaolin putih dan merah, menjadikannya produk paling cocok bagi mereka yang memiliki kulit sensitif yang membutuhkan sedikit penyerapan minyak dan eksfoliasi yang lembut.


    French Green Clay


    Pertama kali ditemukan di Prancis, french green clay adalah produk yang sempurna jika Anda sedang mencari produk yang dapat bekerja untuk eksfoliasi dan pengencangan pori-pori. Disebut juga sebagai Illite Clay atau Sea Clay, warna hijau pada french green clay adalah hasil dekomposisi bahan tanaman dan besi oksida.

    French green clay bekerja sangat efektif menyerap minyak berlebih serta memperlancar sirkulasi darah pada wajah sehingga memberi Anda sedikit sensasi dingin saat pengaplikasian.


    Rhassoul Clay

    Tidak hanya baik untuk wajah, rhassoul clay juga dapat digunakan untuk bagian rambut Anda. Berasal dari tambang Maroko dan sangat kaya akan mineral, rhassoul clay adalah magnet yang sempurna untuk menyedot semua kotoran sebum, komedo, dan minyak yang tersumbat di bagian wajah maupun rambut sehingga dapat membuat kulit wajah dan rambut lebih bersinar dan sehat.


    6. Kemudian untuk teknis pengaplikasiannya, yang pertama dan terpenting adalah selalu bersihkan kulit Anda sebelum menggunakan masker wajah untuk mendapatkan hasil yang maksimal! Jika tidak, masker wajah hanya akan bekerja untuk membersihkan riasan serta produk wajah.


    7.Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan petunjuk durasi waktu penggunaan clay mask sesuai dengan produk yang dipilih. Biasanya produk masker dengan tipe tanah liat memerlukan waktu hingga 40 menit untuk benar-benar kering dan menyerap ke dalam pori-pori wajah Anda. Jadi tetap ikuti anjuran waktu yang direkomendasikan produk, atau ketika Anda mulai merasa sesak dan jangan gunakan masker jenis tanah liat pada hari sibuk! 

    8. Jika sudah selesai, gunakan air hangat dan waslap untuk membersihkan sisa masker. Dianjurkan untuk menggunakan air hangat karena Ini dapat membantu pori-pori terbuka sehingga jika Anda produk yang tertinggal dapat dibersihkan secara sempurna.

    Setelah selesai membersihkan masker dengan waslap, banyak individu kemudian melanjutkan dengan membilas wajah mereka sekali lagi dengan air dingin. Karena air dingin dipercaya akan menutup pori-pori kembali, membantu menjaga agar kotoran tidak masuk.

    9. Setelah selesai menggunakan clay mask, jangan lupa untuk menggunakan produk pelembap. Tak sedikit orang melupakan langkah ini. Padahal ini merupakan langkah yang tak kalah penting karena setelah menggunakan produk masker, wajah akan cenderung mengering, oleh sebab itu menggunakan pelembap adalah langkah penting untuk menyeimbangkan kandungan air pada wajah. 


    10. Perhatikan juga umur produk clay mask terutama jika Anda telah membuka dan menggunakannya. Clay mask cenderung lebih mudah mengering terutama setelah dibuka, jadi biasanya produk clay mask hanya dapat bertahan selama enam bulan setelah dibuka.


    Setelah membaca 10 fakta seputar clay mask, apakah Anda sudah siap memlih produk clay mask sesuai kebutuhan Anda?


    (Foto: [email protected]; Courtesy of Instagram @klaudia.owczarek, @body_blendz, @zinnieesorganics, @beautiacademy, @duchydesignshomespa)










- RELATED ARTICLE -