• 10 Restoran dan Coffee Shop Vegan di Jakarta

    Culture / Tips


    10 Restoran dan Coffee Shop Vegan di Jakarta

    Simak daftar restoran di Ibukota yang menyajikan menu vegan-friendly.


    Gaya hidup vegan atau vegetarian telah hadir dan mulai banyak dikenal oleh masyarakat luas. Tak hanya makanan, benda seperti pakaian hingga produk kecantikan pun banyak yang mulai memperhatikan kandungannya di setiap produk yang mereka gunakan. Ramah lingkungan, berbahan dasar yang didapatkan dari tumbuh-tumbuhan, dan tidak mengandung kandungan hewani.

    Namun, semua ini berawal dari makanan serta minuman yang dikonsumsi setiap harinya. Susu alternatif berbahan kacang-kacangan maupun daging burger yang terbuat jamur portobello adalah beberapa jenis makanan yang ramah untuk para vegan. Dengan berkembangnya jumlah orang yang menganut gaya hidup ini, semakin banyak juga restoran dan kedai kopi yang menyajikan santapan yang dapat dinikmati mereka.

    Bagi Anda, para vegan, yang penasaran ingin menikmati sajian berbahan dasar tumbuh-tumbuhan, Bazaar telah mengumpulkan daftar restoran dan kedai kopi yang menyajikan rangkaian menu khusus untuk Anda nikmati dari makanan pembuka hingga makanan penutup.





    1. Fedwell

     


    Restoran yang berlokasi di daerah Senopati, Jakarta Selatan ini siap menyajikan menu sehat bagi Anda. Saat masuk, Anda disodorkan dua pilihan, antara memilih makanan dengan do-it-yourself bowl yang tentunya juga terdiri dari pilihan bahann makanan ramah vegan atau dengan memilih menu yang sudah dirangkai untuk Anda. Dengan kisaran harga dari 75.000 rupiah hingga 95.000 rupiah, Anda dapat menikmati makanan sehat dan plant-based di restoran ini.


    2. Blue Zone Center


    Blue Zone Center menyajikan beragam menu, baik makanan Barat seperti burger maupun makanan khas tanah air seperti bakso kuah. Triknya terletak pada pembuatan daging vegan yang terasa seperti daging hewani. Selain itu, Anda juga dapat menikmati sejumlah pilihan acai bowl atau smoothies bowl serta berbagai bahan makanan lainnya yang bisa Anda padukan dalam menu salad.


    3. Kisaku


    Kedai kopi yang salah satunya berlokasi di Pasaraya, Jakarta Selatan ini menjadi tempat yang cocok bagi Anda untuk menikmati secangkir kopi di sela aktivitas dengan keunikan cita rasa susu alternatif terbuat dari gandum dan kacang almond yang dapat Anda tambahkan ke minuman favorit Anda sebagai gantinya susu murni. 


    4. Snctry


    Jika Anda ingin menikmati smoothie bowl yang juga ramah bagi vegan, Snctry yang terletak di daerah Dharmawangsa, Jakarta Selatan, menyajikan beragam menu smoothie bowl yang dapat Anda nikmati.

    Selain smoothie bowl, Snctry juga menyajikan menu-menu makanan utama seperti salad, poke bowl, dan wrap yang dapat Anda nikmati.


    5. The Roots

    Di sudut Como Park, Kemang, menjadi tempat berkumpulnya khalayak Ibukota untuk hangout dan menikmati makanan dengan sedikit sentuhan Timur Tengah. The Roots juga menyajikan menu khusus Anda yang beraliran vegan dan vegetarian, dilengkapi berbagai topping untuk makanan Anda.



    6. Déj 


    Kehadiran makanan Barat dengan bahan baku dari tumbuh-tumbuhan yang dihadirkan di restoran ini. Dalam menu makanan di restoran ini terdapat empat kategori yang membahas kandungan di dalam setiap makanan: egg free, gluten free, onion free, dan vegan. Anda dapat memesan sesuai dengan gaya hidup yang Anda jalani.


    7. Rumah Juliet

    Bagi Anda yang menyukai dessert tetapi sulit untuk mencari yang ramah vegan, Rumah Juliet menyajikan berbagai macam makanan manis yang dibuat tanpa produk hewani seperti susu, mentega, dan telur. Selain itu, bagi Anda yang memiliki penyakit gula juga tetap dapat menikmati berbagai macam sajian hidangan pencuci mulut tanpa rasa khawatir akan kadar gula yang berlebihan.


    8. Waytuki


    Restoran yang terletak di Pasar Baru, Jakarta Pusat, menawarkan cita rasa khas Negara Anak Benua, India. Namun, Waytuki menyajikan seluruh makanannya berbahan dasar nabati dan sayur-sayuran sehingga Anda tetap dapat menikmati kari khas India yang kaya rasa, tetapi ramah bagi para vegan.


    9. Gaya Gelato

    Kedai es krim yang populer di Pulau Dewata telah hadir di ibukota. Dengan menu sorbet dan gelato, Gaya Gelato menyajikan makanan penutup favorit untuk mendinginkan pikiran dan hati Anda. Menariknya, kedai satu ini mempunyai rangkaian menu yang dapat dikonsumsi oleh para vegan atau juga teruntuk Anda yang ingin mengurangi konsumsi susu segar, serta bagi Anda yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.


    10. Dharma Kitchen


    Makanan Indonesia atau masakan khas Tiongkok dapat Anda rasakan kenikmatannya meski menggunakan plant-based sebagai bahan baku pembuatan setiap makanannya. Mulai dari Nasi Langgi hingga Smoked “Chicken” Salad, Anda dapat menikmati makanan sehat tanpa merasakan perbedaannya dengan versi berbahan baku hewani.


    Selamat mencoba!


    (Penulis: Vanessa Masli; Foto: Courtesy of Instagram)










- RELATED ARTICLE -